Pengertian Etnis, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Etnis Adalah

Dalam suatu keberagaman yang berkembang, keberadaan etnis tentunya menjadi salah satu aspek penting, dan menjadi yang tidak terpisahkan dari suatu keberagaman. Secara umum, Etnis atau suku dimaknai sebagai suatu kesatuan sosial yang dapat membedakan kesatuan berdasarkan persamaan asal-usul wilayah seseorang sehingga dapat diklasifikasikan sesuai dengan arti kelompok sosial yang serupa berdasarkan pada status kelompok maupun golongan. Oleh karena itulah dalam artikel ini akan dikaji secara jelas dan terperinci tentang pengertian etnis, jenis, dan contohnya.

Etnis

Etnis atau suku bangsa merupakan suatu kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan yang berlainan berdasarkan identitas unsur kebudayaan yang mengakar kuat, terutama dengan bahasa yang merupakan salah satu aspek penting dalam budaya.

Perspektif lain memandang etnis merupakan sekumpulan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas kolektif yang dipertegas dengan pemahaman akan kesatuan bangsa (Koentjaraningrat, 2007). Dalam hal ini keberadaan etnis ditentukan oleh pentingnya kesadaran kelompok, pemahaman yang luas akan kesatuan kebudayaan dan juga persamaan asal-usul yang melekat erat.

Etnis merupakan sistem penggolongan manusia yang didasarkan pada sistem kepercayaan yang diyakini, pengimplementasian nilai- nilai di masyarakat, pemahaman akan beragam kebiasaan, penguatan adat istiadat yang terkonstruksikan, penegasan norma- norma, penggunaan bahasa, penjelasan latar belakang sejarah manusia, wilayah geografis serta hubungan kekerabatan yang tak terpisahkan.

Didefinisikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa istilah etnis atau etnik memiliki makna sebagai suatu kelompok sosial masyarakat yang berada dalam sebuah sistem sosial atau kebudayaan yang menjadi pedoman. Kelompok sosial ini memiliki peran dan kedudukan tertentu berdasar pada faktor genetik, adat maupun tradisi, agama dan kepercayaan, sistem bahasa dan lain sebagainya.

Pengertian Etnis

Etnis adalah serangkaian persamaan asal-usul yang merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong ketertautan dalam suatu ikatan.  Jenis- jenis etnis yang tersebar di berbagai penjuru dunia antara lain sebagai berikut: Suku Bangsa Maya, Suku Bangsa Persia, Suku Bangsa Amazon, Suku Bangsa Aborigin, Suku Bangsa Han, Suku Gypsy, Suku Bangsa Yunani.

Di Indonesia sendiri keberagaman etnis dapat dicontohkan dengan adanya garis keturunan yang dianut suku tertentu, misal garis keturunan ayah yang terkenal dengan istilah Patrialineal yang dianut suku batak, garis keturunan ibu atau Matrialineal yang dianut suku sunda, serta adanya etnis atau suku bangsa campuran yang merupakan perpaduan dari dua ras yang berbeda yang kemudian memunculkan percampuran suku bangsa. Untuk memahami secara mendalam mengenai Etnis,

Suatu kelompok etnis atau suku bangsa diklasifikasikan berdasarkan ikatan hubungan darah. Sehingga seseorang yang tergabung ke dalam kelompok etnis tertentu, mempunyai ikatan hubungan darah dengan kelompok etnis tersebut, begitu pula sebaliknya seseorang yang bukan termasuk dalam kelompok etnis jika tidak memiliki hubungan darah meskipun telah mengimplementasikan nilai-nilai kebudayaan dalam kelompok etnis tersebut.

Hal ini dapat diambil contoh dalam kehidupan, ketika orang Batak tidak berubah menjadi orang Jawa meskipun dirinya dalam keseharian berbaur dan berinteraksi secara terus menerus dengan orang Jawa. Tidak jarang, Etnis seringkali dikaitkan dengan agama, namun agama bukanlah indikasi yang merujuk pada identitas etnis tertentu.

Berdasarkan teori-teori di telah dijelaskan atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa etnis atau suku bangsa merupakan suatu kesatuan sosial yang dapat membedakan kesatuan berdasarkan kesamaan asal-usul seseorang sehingga dapat diklasifikasikan dalam status kelompok mana ia termasuk di dalamnya.

Istilah etnis ini juga digunakan untuk mengacu pada satu kelompok, atau kriteria sosial yang perbedaannya terletak pada karakteristik kebudayaan yang melekat.

Pengertian Etnis Menurut Para Ahli

Adapun pengertian etnis menurut pandangan para ahli sebagai berikut:

Fredrik Brath

Etnis adalah himpunan manusia dikarenakan faktor kesamaan arti ras, agama, asal-usul bangsa maupun kombinasi dari kategori tersebut yang bersumber pada sistem budaya, dengan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi.

Hassan Shadily MA

Etnis adalah rumpun masyarakat yang dipandang memiliki keterkaitan biologis yang relative mendominasi. Selain  itu, etnis mengandung makna himpunan sosial yang berbaur, serta menjadi karakeristik yang membedakan golongan masyarakat berdasarkan asal usul wilayah.

Anthony Smith

Etnis adalah sebuah himpunan manusia yang berbaur dan saling berinteraksi, yang diklasifikasikan berdasarkan kepercayaan dan agama yang dianut, persamaan ras, adat ataupun tradisi, bahasa, persamaan latar belakang sejarah serta asal usul keturunan nenek moyang yang sama pula, sehingga himpunan manusia tersebut dapat menciptakan sebuah sistem budaya yang melekat kuat serta mengatur kelompok manusia yang termasuk didalamnya dengan nilai dan norma sosial yang dianut.

Jenis Etnis

Etnis dapat dibedakan ke dalam jenis- jenis sebagai berikut:

  1. Suku Bangsa Maya

Suku Maya merupakan golongan suku yang menempati wilayah semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur. Suku maya dengan perkembangannya mampu menghasilkan karya dan peradaban unik seperti bangunan berupa Chichen Itza, di bidang pertanian berupa kanal drainase, tanaman jagung dan latex, bangunan sumurnya yang disebut “cenotes”.

  1. Suku Bangsa Persia

Persia merupakan salah satu suku yang termasuk dalam golongan Bangsa Iran, yang mana dalam komunikasi sehari- hari menggunakan bahasa Persia. Bangsa ini mayoritas menempati wilayah Iran dan sebagian kecel menempati wilayah di beberapa negara-negara lain seperti Afganistan, Tajikistan, Uzbekistan, Amerika Serikat, Kuwait, Turki, Uni Emirat Arab, Irak dan juga beberapa negara di Timur Tengah.

  1. Suku Bangsa Amazon

Amazon merupakan suku bangsa yang secara keseluruhan penduduknya adalah berjenis kelamin perempuan, bermula pada Era Klasik dalam mitologi Yunani. Menurut Herodotos, suku Amazon menempati wilayah perbatasan Skithia di Sarmatia (Ukraina). Para historigrafer lainnya pun berpendapat bahwa suku Amazon menempati wilayah Asia Minor, Libya, atau India.

  1. Suku Bangsa Aborigin

Etnik Aborigin, merupakan sekumpulan manusia yang bermukim di  benua Australia, yang muncul pada sekitar abad 18 atau sering dikenal sebagai abad-abad kedatangan bangsa kulit putih. Populasinya mencapai 300.000 orang.

Mereka mendiami wilayah pantai-pantai utara dan timur serta lembah sungai Murray dan sebagain kecil lainnya berada di Tasmania (Kitley, 1994;362). Suku Aborigin bertahan hidup dengan cara berburu dan meramu.

  1. Suku Bangsa Han

Suku Bangsa Han mendiami wilayah Tiongkok, dengan populasi penduduk mencapai 91,59% dari keseluruhan penduduk Tiongkok. Tidak hanya suku terbesar di Tiongkok, Suku Han merupakan suku dengan populasi penduduk terbesar di dunia.

Suku Han memiliki sebanyak kurang lebih 4000 tahun catatan sejarah. Suku Han tersebar di seluruh wilayah Tiongkok, dengan menggunakan Hanyu Bahasa Han dalam komunikasi yang digunakan sehari- hari.

  1. Suku Gypsy

Suku Bangsa Gipsy merupakan suku yang tergolong nomaden, dimana tidak memiliki tempat tinggal yang tetap,atau dengan kata lain berpindah- pindah tempat tinggal. Suku bangsa ini memiliki pandangan hidup tersendiri yang unik dan tersebar luas di benua benua Amerika dan juga Timur Tengah. Populasi Suku Gypsy diperkirakan mencapai lebih dari 5 juta orang yang tinggal tersebar di setiap wilayah di penjuru dunia.

  1. Suku Bangsa Yunani

Suku Bangsa Yunani merupakan nama suku bangsa yang mendiami wilayah Yunani semenjak abad ke-17 SM hingga sekarang. Populasi Suku Bangsa Yunani diketemukan di semenanjung Yunani di bagian tenggara Eropa, kepulauan Yunani, dan Siprus.

Contoh Etnis

Berikut beberapa contoh yang menunjukkan etnis, antara lain:

  1. Garis keturunan

Keanggotaan pada arti suku bangsa tertentu secara mendasar ditentukan menurut garis keturunan. Misalnya saja suku batak dengan garis keturunan bapak atau sering diistilahkan dengan patrilineal, berbeda hal nya dengan suku minang dengan garis keturunan ibu yang disebut dengan istilah matrilineal

Selain itu penggolongan Etnis menurut agamanya, misalnya ada istilah Etnis Melayu di Malaysia untuk orang bumiputera yang mayoritas muslim, sedangkan Etnis Serani yang beragama Nasrani dengan karakteristik peranakan Portugis seperti orang Tugu yang melekat dan sebagainya.

  1. Suku bangsa campuran

Contoh lainnya yang menunjukkan keberagaman etnis, yaitu keberdaan suku bangsa dengan berdasarkan percampuran ras, misalnya saja orang peranakan yang merupakan perpaduan Etnis Melayu dengan Tionghoa, Etnis Mestis yang merupakan istilah untuk perpaduan Hispanik dengan bumiputra, Etnis Mulato yang merupakan perpaduan Ras Negroid dengan Ras Kaukasoid, dan lain sebagainya.

Demikianlah serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian etnis menurut para ahli, jenis, dan contohnya yang ada di dalam masyarakat. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Daftar Sumber Tulisan
  • http://vinavionita.blogspot.com/2015/03/pengertian-budaya-etnis-gender-dan.html
  • http://wahyufisipuns.blogspot.com/2014/02/macam-macam-etnik-suku-bangsa-di-dunia.html
  • Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *