Pengertian Dinamika Kelompok Sosial, Faktor, dan Aspeknya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial, Faktor, dan Aspek Dinamika Kelompok Sosial

DosenSosiologi.Com– Dinamika kelompok sosial merupakan salah satu bahasan penting dalam Ilmu Sosiologi. Bahasan mengenai dinamika kelompok dilakukan karena kehidupan manusia selalu berjalan dengan dinamis, sehingga proses kehidupan yang dijalankan tersebut terkadang tidak semudah menggembalikan telapak tangan, adasaja permasahan sosial yang terjadi. Oleh karenannya dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian, faktor, dan aspek dinamika kelompok sosial.

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial

Dinamika dapat diartikan sebagal perubahan besar ataupun kecil. Dengan demikian, dinamika kelompok sosial merupakan perubahan baik kecil maupun besar yang berpengaruh pada suatu kelompok sosial. Perubahan ini dapat berupa perubahan progres (maju) ataupun perubahan regres (mundur) akibat proses mobilitas sosial. Baca Juga; Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Bentuk/Macam, dan Syaratnya

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi para ahli mengenai dinamika kelompok sosial dalam masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Soerjono Soekanto

Teori sosiologi dan tokohnya ini memberikan pengertian bahwa dinamika sosial adalah perubahan sosial dalam masyarakat yang mengalami permasalahan. Permasalahan bisa dilakukan perorangan atau kelompok, akan tetapi yang pastinya dengan adanya dinamika sosial keteraturan sosial dalam masyarakat tdak berjalan dengan semestinya.

Shertzer dan Stone

Pengarang salah satu Buku terkenal dalam sosiologi ini memberikan arti bahwa dinamika kelompok sosial adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atas landasan mencapai tujuan tanpa memahami subtansi kebutuhan yang akan dimilikinya. Akibatnya keadaan ini memaksanya untuk menghalalkan cara apapun.

Dari pengertian dinamika kelompok sosial menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa dinamika sosial ialah permasahan atau problema kehidupan yang dialami oleh individu yang ingin melakukan bentuk mobilisasi sosial dengan cepat sehingga mengubah keteraturan sosial yang ada.

Faktor Dinamika Kelompok Sosial

Faktor yang terjadi dalam Dinamika Kelompok Sosial ini, terbagi menjadi dua bentuk. Pertama adalah faktor yang dapat mempengaruhi dan kedua adalah faktor yang dapat mengambat. Penjelasannya sebagai berikut;

Faktor Penghambat Dinamika Kelompok

Faktor yang dapat menajdi penghabat atau pencegah dinamika kelompok sosial, antar lain adalah sebagai berikut;

  • Terjadi isolasi.
  • Terdapat keinginan untuk mempertahankan keadaan.
  • Terdapat tradisi yang mengikat

Faktor Pendorong Dinamika Kelompok Sosial

Faktor pendorong yang terdapat dalam dinamika kelompok sosial, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Terdapat keinginan anggota kelompok untuk melakukan perubahan.
  • Terjadi pergantian anggota kelompok.
  • Terjadi konflik antaranggota kelompok.
  • Terjadi perubahan lingkungan sosial.
  • Terjadi modernisasi.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Struktur Sosial, Bentuk, Fungsi, dan Prosesnya
  2. Pengertian Penyimpangan Sosial, Ciri, Faktor, dan Bentuknya
  3. Pengertian Gejala Sosial, Faktor, Jenis, dan Dampaknya

Aspek Kelompok Sosial

Asepk yang menjadi latar belakang adanya kelompok sosial dalam masyarakat, sangat berpengaruh besar pada pola interaksi sosial dan keteraturan sosial yang diciptakan. Asep-aspek kelompok sosial tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

Adaptasi

Adaptasi di dalam kelompok sosial sangat diperlukan untuk menyesuaikan kelompok dengan perkembangan zaman yang pada saat ini tidak terbatas. Adaptasi adalah kemampuan masyarakat atau seseorang dalam penyesuaian dirinya dengan lingkungan sosial yang terbentuk.

Pencapaian Tujuan

Kelompok sosial yang berupaya mencapai tujuan tertentu akan mengalami perubahan dan perkembangan yang ada di dalam masyarakat. Pencapaian tujuan dalam kelompok sosial ini dilakukan atas dasar suka rela antar anggota masyarakat, yang sebelumnya dilakukan dengan adanya kesepakatan-kesepatan tertentu.

Integrasi

Integrasi dalam kelompok sosial menandakan upaya tetap bersatu dalam kelompok untuk mendukung dan mewujudkan tujuan yang impikan. Aspek yang terdapat dalam kelompok sosial ini penting untuk dilakukan sebagai upaya adanya kesimbangan dan keteraman di dalam kehidupan.

Pola Pemeliharaan dan Perluasan

Kelompok sosial yang melakukan perubahan membuat pola-pola pemeliharaan agar tidak terjadi disintegrasi. Kelompok sosial juga melakukan perluasan dengan menerima anggota baru dan memperkenalkan anggota tersebut dengan budaya kelompok.

Contoh Dinamika Kelompok Sosial dalam Masyarakat

Contoh yang bisa diambil dalam dinamika kelompok sosial masyarakat, misalnya saja dalam kehidupan sehari-hari, khususnya masyarakat Indonesia yang banyak memberikan pandangan kepada masyarakat di Papua dengan tipikal yang keras dan tertinggal. Keras dalam artian dalam pergaulan dan tatacara dalam berbicaranya.

Kondisi seperti ini adalah bagian daripada dinamika dalam kelompok sosial masyarakat. Padahal belum tentu masyarakat yang berasal dari Papua tertinggal dan tatabicaranya keras. Pandangan ini sejatinya per;u untuk diingakan sebagai wujud integrasi sosial dan juga wujud diskriminasi kepada kelompok-kelompok tertentu.

Contoh lain, dalam segi agama. Sebagian golongan melihat bahwa adanya Organisasi NU (Nahdalutul Ulama) sebagai organisasi yang membeli agama lain daripada membela agamanya sendiri, bahkan ada sejumlah pandangan dan perkataan bahwa “Banser (Banom NU) lebih menjaga Geraja daripada Menjaga Masjid”. Padangan seprti ini juga bisa dikatakan sebagai dinamika kelompok sosial yang merugikan dan dapat mengikis integrasi sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikinalahlah penjabaran mengenai pengertian, faktor, dan aspek dinamika kelompok sosial dalam masyarakat. Semoga dengan adanya penjelasan dan bahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Materi Dinamika Kelompok Sosial”. Trimakasih,

4.8 (96%) 5 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *