2 Objek Kajian Sosiologi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Objek Kajian Sosiologi dan Contohnya

DosenSosiologi.Com– Unsur uatama dari keilmuan hahekatnya sangat ditentukan sebagai sesuatu yang ingin dikaji sebagai objek kajiannya. Contohnya dalam Ilmu Sosiologi yang secara ontologis, sosiologi adalah disiplin ilmu yang iengin mengetahui masyarakat. Secara epistemologis, sosiologi dalam penelitiannya sosiologi menggunakan metode tertentu dalam pengamatan serta penelitian yang dilakukan. Sedangkan secara aksiologis, sosiologi memberikan penjelasannya mengenai sifat-sifat masyarakat dan menyarakan untuk memberikan keputusan. Penjalasan lebih lanjut dalam artikel ini akan dikemukakan tentang Objek Kajian Sosiologi dan Contohnya.

Objek Kajian Sosiologi

Auguste Comte (Bapak ilmu Sosiologi) memberikan pendapat bahwa sosiologi adalah studi tentang masyarakat sebagai keseluruhan dan tidak dapat direduksi dalam individu. Oleh karena itu, objek kajian ilmu Sosiologi dilihat dalam dua bentuk, yaitu masyarakat sebagai sistem sosial dan kebudayaan sebagai hasil interaksi manusia.

Baca Juga:

  1. 14 Teori Sosiologi dan Tokohnya Lengkap
  2. 4 Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Beserta Contohnya

Objek kajian studi sosiologi yang dipopulerkan Comte ini terdapat dalam salah satu karya besarnya, yaitu Cours de Philosophie Positive (1830) yang memberikan penjelasan tentang objek-objek sosiologi. Atas landasan itulah kemudian Comte dikategorikan sebagai salah satu pendiri sosiologi.

Objek Kajian Ilmu Sosiologi

Dua objek kajian dalam ilmu sosiologi  tersebut saling berkaitan dan memberikan pengaruh secara timbal balik antara satu dengan yang lainnya. Kedua objek kajian ilmu Sosiologi dapat dijelaskan sebagai berikut;

Masyarakat

Masyarakat (society) diartikan sebaai sekelompok manusia yang memilih hidup secara bersama-sama dalam waktu kurun waktu tertentu, dan mendiami wilayah tertentu. Dalam hal itu memiliki kebudayaan yang sama untuk kemudian melakukan aktivitas dalam kelompoknya. Manusia yang memilih hidup dalam masyarakat secara sendirinya akan sadar tentang keberdaaan dirinya sendiri sebagai satu kesatuan yan tidak bisa dipisahkan.

Masyarakat yang juga sebagai sistem sosial dalam unsur-unsur dalam masyarakat berkaitaran satu sama lain. Unsur-unsur dalam masyarakat antara lain tindakan-tindakan manusia, lembaga sosial. dan kelompok sosial yang saling memengaruhi. Hubungan antar unsur dalam masyarakat menghasilkan produk interaksi sosial yaitu nilai dan norma sosial.

Kebudayaan sebagai Hasil lnteraksi Manusia

Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Menurut E.B. Taylor, kebudayaan adalah kompleksitas yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lainnya serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Oleh karena itu, kebudayaan sebagai hasil interaksi antar manusia dikaji dalam ilmu Sosiologi karena memengaruhi sistem sosial masyarakat.

Jenis-Jenis Studi Sosologi

Objek kajian dan studi sosiologi dari penjelasan diatas dapatlah dikatakan bahwa sejatinya terdapat dua macam, yakni objek material sosiologi dan objek formal sosiologi, penjelasannya keduanya berikut ini;

Objek Material Sosiologi

Objek material dalam studi ilmu sosiologi adalah objek studi mengenai kehidupan sosial, gejala sosial, dan proses hubungan yang terjadi antar masyarakat yang dikatakan memberi pengaruh dalam kesatuan hidup di dalam masyarakat itu sendiri.

Objek Formal Sosiologi

Objek formal dalam kajiannya ilmu sosiologi sebagai pengetahuan pada dasarnya sangat ditekankan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang disebut dengan masyarakat. Dengan demikian, objek formal sosiologi diartikan sebagai timbal balik dari apa yang dilakukan oleh manusia itu sendiri atau dampak dari apa yang dilakukan oleh seseorang kepada kehidupan sosialnya. Misalnya saja dalam hal ini adalah proses perubahan sosial yang terjadi akbiat hubungan dalam masyarakat. Baca Juga: “Perubahan Sosial” Pengertian, Proses, Teori, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya

Contoh Objek Sosiologi

Contoh objek dalam studi ilmu sosiologi misalnya tentang adanya kecenderungan masyarakat dalam melakukan pesta demokrasi. Pada saat ini seseorang memilih partai politik bukan didasarkan pada nama partainya, akan tetapi di dasarkan pula pada tokoh yang ada di belakangnya.

Dalam kajian ini sosiologi memberikan keterangan bahwa Lembaga Politik yang ada di Indonesia dibentuk sebagai upaya mengakomodir kegiatan politik, berfungsi sebagai akomodir dari tokoh-tokoh yang dianggap akan memenangkan pesta demokrasi. Dengan penelitian sosial inipula setidaknya bisa diketahui tentang peran tokoh dalam menentukan kemenangan di pesta domokrasi, khususnya dalam identitas politik yang akan terjadi.

Demikianlah tulisan mengenai objek kajian sosiologi dan contohnya, semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan penjelasan dan juga memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari rerensi tentang “Objek Kajian Sosiologi”. Trimakasih

4.6 (92%) 10 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *