Pengertian Mind Mapping, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Mind Mapping Adalah

Setiap orang dalam arti masyarakat memiliki mimpi dan angan-angan. Mimpi itu gratis, jadi bermimpilah setinggi mungkin guna meraih kebahagiaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahagia mudah diraih jika kita sudah sukses. Dengan meraih kesuksesan maka uang mengalir dalam rekening. Jadi ingin ini itu tinggal beli tanpa bingung. Jika pernah dengar kalimat bahagia tidak bisa diciptakan dengan uang, namun kesuksesan bisa menimbulkan kebahagian.

Maka bermimpilah karena orang sukses semua berawal dari mimpi yang direalisasikan. Agar mimpi dapat terwujud diperlukan kerja keras dan konsisten, serta tidak lupa sikap pantang menyerah. Issac Newton sang penemu hukum gravitasi hanya tidur selama 2 jam sehari demi menyelesaikan proyeknya. Banyak contoh orang sukses yang awalnya selalu menanamkan sikap pantang menyerah sebelum akhirnya mendapatkan predikat memuaskan.

Untuk mejadi sukses definisinya bukan jarang tidur atau kerja keras saja. Kerja cerdas termasuk ke dalamnya. Kerja cerdas yang dimaksud adalah membuat planning atau rencana yang memudahkan untuk meraih apapun. Membuat rencana awalnya dimulai dari gagasan baik dalam diri maupun rekan. Setelah gagasan tersebut sudah terbentuk lalu tuliskan dalam mind mapping. Apa itu mind mapping? Penjelasannya sebagai berikut.

Mind Mapping

Pada dasarnya mind mapping sangat dibutuhkan dalam semua lini. Misalnya saja dalam membangun bisnis start up, mind mapping berguna untuk merencanakan usahanya ke depan. Jika tidak menggunakan mind mapping takutnya menjadi kacau dan bergerak tidak beraturan.

Bahkan, bisnis bisa jadi stagnan dan tidak bergerak sama sekali. Dalam hal ini tidak mustahil terjadinya pailit atau kebangkrutan. Jadi mau tidak mau membuat mind mapping memang rencana terbaik.

Pengertian Mind Mapping

Mind mapping adalah rencana seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang bermula dari gagasan pokok dan dituliskan dalam bentuk kerangka konsep. Secara gampang, mind mapping ibarat pelatih sepak bola yang memberikan arahan pertandingan saat rehat babak pertama.

Gambaran secara visual tersebut digunakan untuk memudahkan pemain memahami apa yang diarahkan pelatih dan instruksinya dapat diterima dengan baik.

Manfaat Mind Mapping

Banyak manfaat yang terkandung dalam mind mapping. Menyusun mind mapping tidak hanya mengejar mimpi sebagai batasannya. Kegunaan tersebut antara lain;

  1. Seorang mahasiswa yang hendak menargetkan menyelesaikan skripsi juga bisa menggunakan susunan mind mapping sebagai bantuan.
  2. Memudahkan dalam proses belajar yang baik
  3. Memudahkan dalam melakukan project kerja
  4. Bermanfaat untuk merencanakan planing kuliah

Cara Membuat Mind Mapping

Membuat mind mapping diperlukan ketelatenan yang tinggi. Malas sedikit bisa jadi rencana berantakan dan tidak membawa semangat dalam merealisasikan mimpi. Masalah yang dihadapi seseorang dalam membuat mind mapping adalah kebingungan menyusunnya.

Tak perlu khawatir, pada artikel kali ini juga dibahas bagaimana cara jitu membuat mind mapping. Penjelasannya sebagai berikut.

Pastikan Tema Utama Terletak Ditengah-tengah

Tentukan tema yang dipersiapkan untuk menyusun mind mapping. Tema dipergunakan agar penyusunan mind mapping tidak keluar dari jalurnya dan fokus pada tujuan. Membuat tema mind mapping bisa dilakukan secara mandiri atau mendiskusikan dengan kelompok.

Usahakan tema tidak lebih dari 3 kata supaya mudah diingat. Setelah tema terbentuk, selanjutnya menaruh atau menuliskannya pada selembar kertas yang besar.

Kertas yang digunakan bisa terbuat dari karton maupun bahan buffalo. Pemilihan warna kertas diharapkan terang seperti putih, pink, kuning mudah, hijau muda, biru muda, dan lain sebagainya. Setelah itu tempelkan kertas pada tembok kamar atau ruang kerja. Pastikan posisi penempelan memperhatikan lokasi yang mudah dilihat. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan posisi media mind mapping.

Kertas telah tertempel, lalu apa yang selanjutnya dilakukan? Yaitu menuliskan judul tema di tengah atas kertas. Menulis judul tema diharapkan menggunakan spidol yang diamaternya besar dan berwarna menarik seperti biru, merah, ungu, dan lain sebagainya. Jangan tuliskan judul tema mind mapping pada pojok kanan atas. Karena hal tersebut dapat menganggu konsentrasi.

Dari Tema Utama, Akan Muncul Tema-tema Turunan yang Masih Berkaitan dengan Tema Utama

Tema utama yang dituliskan di tengah kertas tersebut bertujuan untuk memberi ruang bagi anak-anak tema berikutnya. Sebuah tema utama tentunya menghadirkan tema baru yang masih berkaitan. Objek tersebut dinamakan sebagai tema turunan.

Contohnya seperti ini, seorang pengusaha start up hendak menuliskan mind mapping yang temanya berisikan tentang penjualan sepatu berbasis online.

Untuk memilih tema turunan, harus yang berkaitan dengan tema utama. Dalam kisah pebisnis tersebut, tema utamanya adalah sepatu. Maka tema turunan isinya tentang pelengkap sepatu seperti kaos kaki, tali sepatu, pengharum sepatu, pembersih sepatu, dan lain sebagainya. Anak turunan tema sebenarnya bukan terlalu penting fungsinya. Hanya bertujuan untuk melebarkan sayap dari penyusunan mind mapping.

Cari Hubungan Antara Setiap Tema dan Tandai dengan Garis, Warna atau Simbol

Menghubungkan setiap objek menggunakan garis berguna untuk menuntun jalannya mind mapping. Pada peta konvensional, ada simbol jalan raya yang dibuat untuk menentukan rute suatu perjalanan. Disini garis antar tema yang menghubungkan objek fungsinya kurang lebih seperti itu. Untuk mengetahui langkah-langkah yang akan diambil dalam mempergunakan mind mapping.

Gunakan Huruf Besar

Tulislah setiap huruf di mind mapping menggunakan huruf besar atau kapital. Jika menggunakan huruf kecil, maka beberapa huruf akan terasa seperti mirip. Tidak ada yang hampir mirip jika menggunakan huruf alphabet kapital.

Tentunya huruf besar membuat kita fokus memperhatikan setiap mind mapping yang dibuat. Untuk menghiasnya cukup diberi arsiran seperti efek bayangan.

Buat Peta Pikiran Pada Kertas Polos dan Hilangkan Proses Edit

Menulis mind mapping lebih baik menyusun pada kertas yang polos. Kertas yang mengandung pattern atau pola dapat mengurangi fokus seseorang. Sehingga tidak memperhatikan mind mapping, yang ada malah sibuk mengagumi pattern tersebut.

Jika menyusun mind mapping dari Ms. Office, kurangi edit yang terlalu berlebihan. Selain terlalu kekanak-kanakan, hal tersebut juga tidak penting.

Sisakan Ruangan untuk Penambahan Tema

Gunakan kertas yang luasnya setara dengan A1. Kertas seluas itu tentunya akan menyisakan banyak ruang. Sehingga jika terbesit idea tau gagasan yang hendak dituangkan, masih ada ruang untuk menyelipkan. Jangan sampai ide yang bagus atau gagasan menarik terkendala karena sempitnya ruang. Hal tersebut sangat menganggu karena harga kertas itu murah dan mudah dibeli di tokok-toko alat tulis terdekat.

Intinya, saat menyusun mind mapping. Tidak perlu membuatnya dengan ukuran besar sehingga memakan ruang. Yang penting dapat terbaca dengan jarak sekitar 5 meter. Jangan pula menggunakan kertas yang berwarna mencolok. Selain susah untuk ditulis juga dapat menyakiti mata saat memperhatikan dengan serius. Yang terakhir, selalu buat mind mapping apapun rencana kedepannya.

Nah, artikel di atas merupakan materi tentang mind mapping yang dikaji melalui pengertian, manfaat, dan cara membuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengejar kesuksesan. Semangat dan terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *