Macam Sistem Sosial di Indonesia

Diposting pada

Jenis Sistem Sosial

Sistem sosial kerapkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sejatinya sebagai makhluk hidup dalam lingkungan sosial setiap manusia memerlukan orang lain sehingga dalam proses kehidupannya tercipta sistem sosial sebagai sebuah dampak dalam pembentukan struktur sosial. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menjelaskan tentang contoh sistem sosial di masyarakat.

Sistem Sosial

Sistem Sosial adalah serangkain unsur dalam contoh lingkungan sosial yang saling mengaitkan antara satu sama lain dan dimana melalui proses tersebut tercipta lantaran ada arti hubungan sosial yang mempengaruhi dalam kesatuan sosial.

Dalam sistem sosial ini sendiri setidakanya memiliki syarat mutlak yang harus dimiliki, yaitu setidaknya harus terdapat dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi satu sama lain, mempunyai tujuan dari interaksi tersebut, mempunyai struktur, simbol dan tujuan bersama.

Macam Sistem Sosial

Adapun untuk beragam contoh pengamalan dalam proses sistem sosial yang ada di masyarakat Indonesia secara umum, antara lain;

  1. Masyarakat Majemuk

Masyarakat majemuk yang memiliki pemikiran terbuka, cenderung akan berada dalam sistem sosial yang sehat dan mampu saling memberi kelebihan dan melengkapi kekurangan satu sama lain. Masyarakat ini akan memandang keberagaman sebagai suatu kekuatan sistem sosial.

  1. Kerjabakti

Sejak lama Indonesia memang telah fasih dengan kata gotong royong. Seluruh masyarakat Indonesia mengamini segala sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama atau gotong royong, tidak sekadar mampu menyelesaikan dengan cepat dan tepat, tapi lebih daripada itu. Ada esensi silaturahmi yang begitu kental dari filosofi gotong royong di Indonesia.

Bisa dilihat contohnya sampai di era ini kerja bakti bersih-bersih lingkungan satu minggu sekali masih rutin dilakukan warga komplek pedesaan maupun perkotaan.

  1. Musyawarah

Musyawarah untuk mufakat merupakan satu upaya menguatkan sistem dan kesatuan sosial. Dengan melakukan musyawarah, melalui proses berdiskusi secara terbuka dan adil untuk mengambil satu keputusan bulat yang disepakati bersama.

  1. Pemilu

Pemilihan umum dalam rangka memilih pimpinan negara atau wakil rakyat sudah semestinya dilihat sebagai contoh sistem sosial yang baik. Masyarakat suatu negara dapat ikut menentukan nasib kemajuan suatu wilayah yang dalam hal ini merupakan partisipasi politik, setelahnya masyarakat dan pemerintah saling bekerja sama.

  1. Ronda

Contoh sistem sosial dalam lingkup yang lebih kecil dapat kita temui pada masyarakat yang masih rutin melakukan kesepakatan dan kerja sama ronda bergilir, turut melakukan penjagaan keamanan di sekitar lingkungan tempat bermukim.

  1. Piket Bersih Lingkungan

Sistem piket bersih-bersih di lingkungan sekolah yang melibatkan peserta didik dengan melakukan piket bergilir di masih-masih kelas merupakan contoh terbentuknya sistem sosial dalam lingkup yang sederhana namun penting. Perlu kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan bersama yakni, ruang kelas yang bersih dan nyaman.

  1. Kolaborasi Kerja

Kolaborasi dapat menjadi cara ampuh untuk membentuk satu sistem sosial yang sehat. Kolaborasi kerja antar profesi atau antar berbagai lapisan masyarakat yang dilakukan dalam rangka mencapai visi tertentu, akan melahirkan interaksi, kerja sama, hubungan relasi yang kuat satu sama lain.

  1. Lembaga Keamanan Negara

Lembaga keamanan negara seperti para polisi dan tentara angkatan laut, darat, maupun udara akan membangun sebuah sistem tersendiri yang mampu menyambungkan koneksi diantara seluruh pangkalan keamanan di Indonesia. Sistem semacam ini akan memiliki cara kerjanya khas yang cenderung rumit dan rahasia.

  1. Penegak Hukum

Lembaga penegak hukum juga akan membentuk sistem sosial dengan turut melibatkan pihak-pihak pembantu masyarakat seperti pengacara, lembaga bantuan hukum, begitu juga dengan interaksi dan hubungan yang akan dilakukan dengan lembaga-lembaga lainnya.

  1. Demo/Aksi Massa

Ketika rakyat sudah memilih melakukan arti demontrasi atau aksi massa dalam menyuarakan aspirasinya, akan lahir sebuah sistem sosial baru yang didasari oleh harapan sejalan barisan massa aksi kepada pihak-pihak yang dituju.

  1. Media

Media memiliki peran penting dalam kesatuan sistem sosial. Media adalah kontrol sosial. Media tidak hanya harus bersifat informatif tapi tetap mampu mengedukasi, dan menciptakan pemikiran yang kritis dan terbuka di masyarakat.

  1. PKK

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau yang biasa dikenal dengan singkatan PKK mampu melahirkan satu sistem sosial yang masih langgeng sampai saat ini di Indonesia. PKK menjadi organisasi kemasyarakatan yang berfokus pada pemberdayaan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia yang dimulai dari unit terkecil yakni keluarga.

  1. Para Anggota Dewan

Perwakilan rakyat yang menjadi anggota dewan tidak hanya akan menjadi perwakilan rakyat, yakni juga sebagai perwakilan golongan yang dalam hal ini dapat berupa partai politik, atau kelompok-kelompok lainnya dengan kepentingan dan tujuan yang sama membentuk satu kesatuan sistem sosial.

  1. Asosiasi Pelajar

Asosiasi pelajar biasanya akan terbentuk dari perserikatan atau perkumpulan pelajar rantau yang melakukan banyak kegiatan bersama-sama. Dalam hal ini asosiasi pelajar juga sering kali dibentuk sebab kerjasama pelajar dengan pemerintah atau kedutaan setempat untuk turut memfasilitasi kegiatan para pelajar.

  1. Birokrasi

Pekerja birokrasi yang biasa disebut birokrat ini memiliki sistem sosial tersendiri yang biasanya akan berhubungan dengan hal-hal administratif, memiliki hubungan relasi yang kuat dengan litbang dan bagian-bagian arsip dan sekretariat. Interaksi yang terjadi di dalamnya biasanya bersifat terstruktur, formal, dan terperinci.

Nah, demiakian serangkain artikel yang telah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam macam sistem sosial yang ada di masyarakat Indonesia secara lengkap. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan dan pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *