Macam Pranata Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Macam Pranata Sosial di masyarakat

Pranata sosial adalah sistem yang mengatur tata perilaku dan hubungan yang berfokus pada segala aktivitas kompleks dalam kehidupan bermasyarakat. Pranata sosial merupakan suatu kebutuhan yang hadir dalam masyarakat, dan di dalamnya terdapat berbagai aturan-aturan yang terbentuk sesuai dengan unsur kebudayaan yang berlaku dalam masyarakat di daerah tertentu.

Wujud dari pranata sosial itu sendiri adalah sebuah lembaga (institute). Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini macam pranata sosial dan contohnya yang ada di kehidupan masyarakat.

Pranata Sosial

Pranata sosial adalah kumpulan dari beragam arti struktur sosial yang dibentuk agar masyarakat dapat melaksanakan fungsi-fungsinya, agar sejalan dengan keteraturan sosial, kenyamanan kehidupan, serta menghindari konflik/perpecahan di dalamnya.

Pengertian Pranata Sosial

Pranata sosial adalah suatu sistem norma yang terbentuk guna mencapai tujuan yang menurut masyarakat sangat penting, serta sistem hubungan sosial yang tersusun dengan mengedepankan nilai-nilai serta aturan dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pengertian Pranata Sosial Menurut Para Ahli

Berikut terdapat beberapa pengertian pranata sosial menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Soerjono Soekanto, Menurutnya, pranata sosial merupakan kumpulan norma-norma dari berbagai tingkatan yang berkisar dalam suatu kebutuhan tertentu dalam berkehidupan masyarakat.
  2. Bruce J. Cohen, Pranata sosial adalah suatu sistem berbentuk pola-pola sosial yang tersusun secara sistematis dan relatif bersifat permanen, serta mengandung perilaku-perilaku yang kokoh dan terpadu agar pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat dapat tercapai.
  3. Koentjaraningrat, Pranata sosial adalah sistem tata berperilaku dan hubungan, yang pusatnya terdapat pada aktivitas untuk memenuhi bagian-bagian kebutuhan khusus dalam berkehidupan masyarakat.
  4. Summer, Menurut Summer, pranata sosial adalah suatu perbuatan, cita-cita, sikap, dan elemen dari suatu kebudayaan, yang bersifat kekal dan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan penjelasan mengenai pranata di atas, dapat disimpulkan bahwa pranata adalah sebuah kumpulan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, yang dimana hal tersebut dijadikan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan dalam hidup bermasyarakat.

Unsur Pranata Sosial

Unsur-unsur yang terkadung dalam fungsi pranata sosial, diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Norma Sosial, Norma dibentuk agar keseimbangan dalam mengatu hubungan masyarakat dapat tercipta. Norma sosial memiliki fungsi melindungi dan menjamin hak yang dimiliki setiap individu dan mengatur segala kewajiban individu dalam masyarakat. Adapun menurut Prof. Notonogoro, norma sosial yang berlaku dalam masyarakat terbagi menjadi 5, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma adat dan kebiasaan, dan norma hukum.
  2. Lembaga Sosial, Lembaga sosial merupakan institusi yang mewadahi segala kegiatan pemenuhan kebutuhan utama masyarakat dalam bidang ekonomi, politik, hukum, pendidikan dan kesehatan. Adapun contoh lembaga sosial yang mewujudkan pola hubungan sosial yang terstruktur dalam masyarakat, yaitu; Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Komnas HAM, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ciri Pranata Sosial

Pranata sosial mempuyai karakteristik yang dapat membedakannya dengan sistem norma sosial. Adapun ciri-ciri dari pranata sosial adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Simbol, Dalam setiap pranata sosial memiliki simbol dari masing-masing pranata sosial itu sendiri sebagai ciri khusus dari sebuah pranata sosial.
  2. Memiliki Aturan, Dalam pranata sosial terdapat aturan, baik dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis (lisan) untuk dijadikan patokan berperilaku bagi masyarakat.
  3. Memiliki Daya Tahan, Kehadiran pranata sosial tidak dapat hilang begitu saja. Pranata sosial memiliki ketahanan tersendiri agar keberadaannya dapat ajeg.
  4. Memiliki Ideologi, Ideologi merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki tiap negara. Ideologi diperlukan dalam setiap pranata sosial agar segala makna yang terkandung tidak akan hilang begitu saja.
  5. Memiliki Kelanggengan, Pranata sosial umumnya memiliki kelanggengan dalam keberadaannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa pranata sosial yang terus diwariskan dari generasi ke generasi untuk menjaga keutuhan dan keajegan suatu pranata sosial.
  6. Memiliki Instrumen, Pranata sosial memiliki instrumen masing-masing, dengan tujuan agar segala tujuan dari setiap pranata sosial dapat terwujud.

Macam Pranata Sosial

Adapun beragam jenis-jenis pranata sosial yang ada di masyarakat dan contohnya secara umum, adalah sebagai berikut;

Pranata Keluarga

Pranata keluarga terbentuk melalui pernikaan yang sah di mata hukum maupun agama. Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang tinggal dalam satu tempat dan memiliki ikatan hubungan darah, perkawinan dalam kurun waktu tidak terbatas dan memiliki tanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan pokok dalam fungsi keluarga.

Contohnya orang tua berperan sebagai pelaksana fungsi kontrol terhadap perilaku anak melalui nasehat dan pengawasan terhadap perilaku, sikap dan kepribadian anak.

Pranata Agama

Pengertian lembaga agama merupakan seperangkat aturan yang mengatur hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan tuhan, dan manusia dengan alam. Dalam pranata agama menekankan nilai kebaikan dan perasaan untuk saling menghargai.

Contohnya dalam pranata agama, menghargai adalah poin utama untuk menghargai perbedaan. Melalui musyawarah, segala permasalahan yang dihadapi akan selesai dengan melihat berbagai pendapat dari orang yang berbeda.

Pranata Ekonomi

Dalam pranata ekonomi, segala tindakan seperti pemanfaatan uang, tenaga, sumber daya manusia maupun sumber daya alam dilakukan untuk mencapai kesejahteraan hidup. Contohnya dengan hadirnya wirausaha kreatif, tersedianya lapangan kerja menjadi terbuka lebar. Sehingga akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan mengurangi jumlah pengangguran.

Pranata Politik

Pranata politik merupakan institusi yang memiliki peran penting dalam negara melalui proses pembentukan suatu peraturan atau undang-undang. Pranata dalam pengertian lembaga politik meliputi segala urusan kebijakan pemerintahan negara.

Contohnya saja melalui sidang paripurna, DPR melaksanakan pembentukan beberapa peraturan untuk meyempurnakan atau memperbarui undang-undang yang sudah ada.

Pranata Pendidikan

Pranata pendidikan merupakan sebuah sarana dalam proses membentuk sikap dan perilaku individu maupun kelompok melalui pembelajaran. Contohnya dalam sistem pendidikan di sekolah, sebuah kurikulum diterapkan agar siswa dapat belajar sesuai dengan perkembangan jaman dan standar kompetensi yang berlaku.

Pranata Hukum

Hukum merupakan landasan utama dari terbentuknya sebuah aturan. Melalui hukum yang berlaku, aturan yang terbentuk akan memiliki legalitas dan keberadaannya diakui oleh masyarakat. Contohnya dalam pembentukan peraturan pelarangan penggunaan handphone saat mengendarai kendaraan dibentuk

Pranata Adat Istiadat

Pranata dalam pengertian adat istiadat terdapat seperangkat aturan yang mengatur masyarakat dalam suatu daerah untuk menjalani kehidupan sosialnya. Di beberapa daerah aturan dalam adat yang berlaku berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.

Contohnya adalah prosesi siraman merupakan prosesi yang wajib dijalankan oleh wanita adat Jawa sebelum menjalani prosesi pernikahan. Baca juga; Upacara Adat di Indonesia dan Asalnya

Pranata Budaya

Pranata budaya merupakan seperangkat hasil cipta karsa dari masyarakat yang keberadaannya di wariskan dari generasi ke generasi. Contohnya saja misalnya tentang budaya mencium tangan saat hendak berpergian kepada ayah/ibu, ataupun kepada wali di rumah dan disekolah.

Pranata Kesehatan

Pranata kesehatan terbentuk oleh kesadaran yang dimiliki masyarakat terkait pentingnya menjaga keadaan jasmani maupun rohani. Contohnya saja rutin memeriksakan kondisi kesehatan jantung agar terhidar dari segala penyakit terkait dengan organ jantung.

Pranata Pemerintahan

Pranata pemerintahan terbentuk melalui struktur pemerintah yang dimana hal tersebut akan mengatur jalannya sistem. Contohnya dalam sistem pemerintahan terdapat beberapa aturan yang harus ditaati oleh seluruh anggota pemerintahan.

Pranata Organisasi

Pranata organisasi dapat tercipta disebabkan oleh adanya cita-cita yang luhur dan hal tersebut wajib dimiliki oleh setiap anggotanya. Contohnya saja ketika mementingkan kepentingan organisasi diatas kepentingan pribadi yang notebene sangat tidak diajurkan.

Pranata Media

Pranata media berfungsi untuk mengatur informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat luas. Contohnya saja  lembaga penyiaran berhak menyaring siaran yang pantas untuk disaksikan oleh masyarakat luas.

Pranata Lingkungan

Pranata lingkungan merupakan pranata yangberfungsi mengawasi serta menjaga agar lingkungan tidak mengalami degradasi. Contohnya organisasi WALHI dalam mengawasi setiap pembangunan yang akan direncanakan dan menunjau dari segi dampak lingkungan.

Pranata Negara

Pranata negara memiliki ideologi yang harus diilhami oleh setiap masyarakat. Pranata negara terbentuk melalui adanya beberapa cita-cita yang harus diwujudkan bersama serta beberapa aturan agar mengatur pola perilaku masyarakat.

Contoh kasusnya adalah ketika adanya kedudukan UUD 1945 yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan bernegara.

Pranata Kemasyarakatan

Pranata kemasyarakatan diatur dengan adanya beberapa nilai dan norma yang dimana hal tersebut menjadi pengatur dalam berperilaku di lingkungan sosial. Contohnya adalah penerapan sanksi pengucilan terhadap individu yang melakukan pelanggaran norma.

Demikianlah penjelasan mengenai macam pranata sosial dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘pranata sosial’. Terima kasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *