Pengertian Kuesioner Tertutup dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Kuesioner Tertutup

Tugas Ahkir/Skripsi/Thesis/Desetrtasi memiliki sifat sebuah penelitian. Pada suatu penelitian penting untuk menentukan bab 1 yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan lain-lain sebagainya. Setelah itu masuk bab 2 yang berisi kajian teori, kerangka penelitian, dan lain-lain. Lalu dilanjutkan dengan bab 3 yang berisi metodologi penelitian.

Untuk metode penelitian yang memiliki ciri kuantitatif sejatinya haruslah membuat kuesioner yang mana data-data dalam pertanyaan yang diberikan kepada informan ini kemudian dijadikan penghitungan melalui statistika. Untuk jenis kuesioner terbagi dalam 3 jenis, antara kuesioner terbuka, tertutup, dan semi terbuka/tertutup.

Kuesioner Tertutup

Pengertian kuesioner tertutup adalah jenis pertanyaan yang diberikan kepada respondengn dengan jawaban tertutup. Kuesioner dengan pertanyaan tertutup ini mengandung arti bahwa seorang peneliti atau penyusun kuesioner membatasi pilihan jawaban yang akan diberikan oleh responden.

Responden atau informan hanya diperkenankan memilih jawaban yang tertera pada setiap pertanyaan. Kuesioner jenis tertutup digunakan pada permasalah penelitian yang sudah jelas diketahui permasalahannya.

Membuat Kuesioner Tertutup

Bahasan takalah penting dalam proses pembuatan kuesioner tertutup ini haruslah mempergunakan beberapa kiteria, yang tujuannya untuk menghemat waktu dalam penelitian. Kriteria tersebut antara lain;

  1. Mempergunakan bahasa yang sederhana, sehingga informan dalam arti penelitian kuantitatif ini langsung memahami maksud jawaban yang diberikan.
  2. pembuatan kuesioner harus menghindari kalimat yang mengandung unsur SARA terkecuali memang mendesak untuk diberikan misalnya terkait dengan penelitian radikalisme yang sampai saat ini menyudutkan umat Islam.
  3. Pertanyaan dalam pembuatan kuesioner tertutup yang diberikan sebisa mungkin harus dipersingkat hal ini dilakukan guna menghemat waktu dalam proses riset.
  4. Pembuatan kuesioner untuk pertanyaan tertutup harus memperhatikan tingkat pemahaman responden yang bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pra riset dalam sebuah penelitian.

Contoh Kuesioner Tertutup

Untuk memperjelas dalam bahasan diatas, dibawah ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat dikategorikan sebagai contoh kuesioner tertutup. Antara lain;

1). Apakah bapak sudah menikah?

  • Sudah menikah
  • Belum menikah

Maka jawabannya hanya dua pilihan, yakni antara sudah menikah dan belum menikah.

2). Apakah saudara puas dengan Kepemimpinan Proseden Jokowidodo dalam pembangunan infrastruktur?

  • Puas
  • Tidak Puas

Maka jawabannya hanya dua pilihan, yakni antara sudah puas dan tidak puas.

3). Apakah saudara setuju jikalau Ahok/Basuki Tjahaja Purnama Mantan Gubernur Jakarta diangkat sebagai Pentinggi BUMN ?

  • Setuju
  • Tidak Setuju

Maka jawabannya dalam topik penelitian yang terkait dengan politik atas isu diangkatnya Ahok sebagai mantan Narapidana untuk Penodaan Agama ini hanya tersedia dua pilihan, yakni antara setuju dan tidak setuju.

4). Apakah menurut saudara/i BPJS sudah baik dalam pelayanan yang diberikan sebagai Jaminan Kesehatan untuk masyarakat Indonesia ?

  • Baik
  • Netral
  • Tidak Baik

Maka jawabannya dalam topik penelitian terkait dengan kepuasan pelanggan ini ada 3 pilihan yakni Baik, Netral, dan Tidak Baik. Untuk jawaban netral biasanya dikemukakan oleh seseorang yang mencari aman dari pertanyaan yang diberikan oleh penelitian

[/su_list]

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan secara lengkap yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian kuesioner tertutup, cara membuat, contoh dan jawaban yang diberikan. Semoga bisa bermanfaat. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *