Pengertian Kemampuan (Ability), Konsep, dan Contohnya

Diposting pada

Kemampuan Adalah

Kemampuan kerapkali dihubungkan dengan tindakan yang dilakukan oleh setiap individu kepada individu lainnya, bisa berkaiatan dengan pengertian hubungan sosial, administrasi, finansial, bisa juga berkiatan dengan beragam masalah sosial (kelompok ataupun perorangan). Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas tentang pengertian kemampuan, konsep, dan contohnya.

Kemampuan

Kemampuan merupakan paraparse kalimat yang berasal dari bahasa Inggris ability atau bisa juga dalam ilmu sosial dikenal dengan capability yang intinya bermakna kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tindakan sesuai dengan tingkat pengetahuan, penalaran, dan maknisme lainnya yang berkaiatan dengan kehidupan masyarakat.

Pengertian Kemampuan

Kemampuan adalah perwujutan yang dimiliki seseorang beradasarkan pada lingkungan, cara bergaul, serta tingkat pengetahuan. Yang kesemuanya bisa diperoleh dari beragam pengalaman atau bisa juga dibawa sejak lair artinya dari keturanan keluarga (orangtua).

Pengertian Kemampuan Menurut Para Ahli

Adapun definisi kemampuan menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Stepen P. Robbins (2003)

Definisi kemampuan adalah kapasitas serta kapabilitas yang dimiliki oleh setiap orang secara individu untuk menjalakan tugas dalam pekerjaan yang telah menjadi tangung jawabanya. Baik dalam organisasi, kehidupan bermasyarakat, ataupun di dalam fungsi keluarga.

Soehardi (2003)

Pengertian kemampuan adalah kajian yang menghasilkan nilai-nilai secara normatif atas perilaku seseorang dan dianggap sebagai hasil kerjanya kepada masyarakat. Makan dalam hal inilah kemampuan disebut sebagai bakat yang diperoleh dari sejak lahir, proses belajar, serta pengalaman.

Robert Kreitner (2005)

Arti kemampuan adalah sikap seseorang yang memiliki ciri-ciri kontinyu dalam melakukan tindakan-tindakan seseorang tanpa adanya pengaruh yang mengubahnya. Maka dalam definisi ini sangat berhubungan dengan kemampuan maksimum atas mental seseorang menghadai permasalah sosial di masyarakat.

Konsep Kemampuan (Capability)

Pemaknaan kemampuan sebagai sebuah konsep dalam kehidupan masyarakat tidak terlepas daripada mekanisme evalutaifnya untuk meningkatkan diri dalam sebuah contoh kelompok sosial. Maka dari itulah konsep yang berlaku dalam capability ini adalah sebagai berikut;

Keberadaan

Tahapan dalam dalam capability yang diperoleh seseorang akan bermula daripada keberadaannya ditengah-tengah kehidupan. Hal ini bisa tercermin daripada tangungjawab secara fungsional, misalnya saja dalam menjalakan tugas-tugas seseorang akan melakukan tindakan sesuai dengan kapasitiasnya dalam perusahaan, atau kantor pemerintahan tertentu.

Melakukan (To Do)

Dalam upaya menjelaskan capability seseorang selanjutnya ialah mengimplementasikan tindakan yang sesuai dengan ajaran-ajaran yang dipberikan. Hal inilah pentingnya kamampuan untuk terus belajar lebih baik agar apa yang dijalankan membuahkan hasil yang maksimal.

Contoh Kemampuan

Berdasarkan pada konsep yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka kasus yang tepat dalam menjelaskan kemampuan ini misalnya saja sebagai berikut;

Contoh masalah sosial yang berkembang di Indonesia ini misalnya saja tentang tentang kemiskinan, ketidakmerataan, ketimpangan sosial, serta pengembangan SDM. Maka dari kajian masalah tersebut bukan seharusnya kamampuan seseorang dalam mengkonsepsiakan beradasakan pada berpenghasilan rendah dan kebijakan yang tidak sesuai. Akan tetapi lebih dari itusemua, yakni sebuah perampasan kebebasan yang dilakukan berbagai oknum untuk merapasnya.

Realisasinya seperti adanya pengertian kemiskinan dalam kehidupan masyarakat menyebabkan pendidikan rendah, kesehatan menurut, serta pola hidup yang tidak sehat. Hal inilah terjadi karena kamampuan yang dimiliki tidak bisa berjalan sesuai dengan harapan lantaran dirinya sendiri berada dalam dogma orang-orang yang meminimaliris untuk berkembang.

Dengan demikianlah sudah seharusnya bahwa kemampuan yang terlahir dalam kehidupan manusia ini bisa terjadi karena wujud kepedulian kepada sesame manusia satu dengan lainnya. Semoga penjelasan tentang pengertian kemampuan (ability) menurut para ahli, konsep, dan contohnya ini bermanfaat. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *