Pengertian Kelompok Sosial Primer dan Contohnya

Diposting pada

Kelompok Sosial Primer

Seseorang yang hidup dalam satu arti masyarakat, ia biasanya menjadi anggota dari sejumlah kelompok yang dapat dengan sendirinya dianggap ada dalam suatu masyarakat. Kelompok sosial adalah sejumlah orang yang terlibat dalam pola hubungan satu sama lain. Kelompok yang khas misalnya sekelompok teman, partai politik, dan klub olahraga. Kunci dari sifat pengelompokan manusia adalah gagasan tentang asosiasi.

Grup dibuat dan dipelihara karena memungkinkan anggota individu untuk mencapai tujuan atau kepentingan tertentu yang mereka miliki bersama. Perilaku dan kepribadian sosial kita dibentuk oleh kelompok-kelompok tempat kita berada. Sepanjang hidupnya, individu adalah anggota dari berbagai kelompok, beberapa dipilih olehnya, yang lain memang sudah melekat kepadanya saat lahir. Dalam sosiologi dikenal dua jenis kelompok sosial, yaitu kelompok sosial primer dan sekunder, sedangkan dalam artikel ini akan mengulas tentang pengertian kelompok sosial primer dan contohnya.

Kelompok Primer

Studi tentang ciri kelompok sosial adalah fokus utama dari banyak sosiolog karena kelompok-kelompok ini menggambarkan bagaimana perilaku manusia dibentuk oleh kehidupan kelompok dan bagaimana kehidupan kelompok dipengaruhi oleh individu.

Dua kelompok yang menjadi fokus ilmuwan sosial adalah kelompok primer dan sekunder, yang disebut “primer” karena alasan pentingnya hanya merekalah yang bisa menjadi sumber utama dalam hubungan sosial dan proses sosialisasi. Dua kata kunci ini yang menjadi landasan penting dalam memberikan definisi tentang kelompok sosial primer.

Pengertian Kelompok Primer

Kelompok primer adalah serangkaian bentuk kelompok kecil yang ditandai oleh hubungan dekat, pribadi, dan intim yang bertahan lama, mungkin bahkan bisa berlangsung seumur hidup. Hubungan ini sangat pribadi dan sarat dengan emosi.

Para anggota biasanya termasuk keluarga, teman masa kecil, pasangan romantis, dan anggota kelompok agama yang memiliki interaksi tatap muka atau verbal secara teratur dan budaya bersama dan sering terlibat dalam kegiatan bersama. Ikatan yang mengikat hubungan dalam kelompok primer terdiri dari cinta, kepedulian, kepedulian, kesetiaan, dan dukungan.

Hubungan-hubungan ini memainkan peran penting dalam pembentukan rasa diri dan identitas individu karena orang-orang ini berpengaruh dalam pengembangan nilai, norma, moral, kepercayaan, pandangan dunia, dan perilaku serta praktik sehari-hari semua anggota kelompok. Hubungan memainkan peran penting dalam proses sosialisasi yang dialami orang seiring bertambahnya usia.

Pengertian Kelompok Primer Menurut Para Ahli

Adapun definisi kelompok sosial primer menurut para ahli, antara lain:

  1. George Homans, Kelompok primer dapat didefinisikan sebagai sejumlah orang yang terdiri dari beberapa orang yang mereka saling berinteraksi sehingga setiap orang akan mampu berkomunikasi secara langsung alias bertatap muka.
  2. Charles Horton Coolev (1990), Kelompok primer dapat didefinisikan sebagai pengelompokan anggota-anggota dalam masyarakat yang terorganisir secara adat berdasarkan hubungan dalam arti adat istiadat maupun berdasarkan ikatan daerah.

Contoh Kelompok Primer

Contoh kelompok primer, diantaranya yaitu:

  1. Keluarga

Ada banyak cara kita dapat membayangkan sebuah lembaga keluarga, seperti kakek-nenek dan cucu-cucu mereka, ibu tunggal dan anak-anaknya, atau keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak mereka. Apa pun cara kita melihatnya, semua hubungan ini mewakili ikatan pribadi dan emosional.

Keluarga menghabiskan banyak waktu bersama, memungkinkan anggota untuk mendukung, menghibur, dan mendorong satu sama lain. Fungsi keluarga terhubung seumur hidup dan penting bagi pertumbuhan pribadi setiap anggota.  Baca juga; Fungsi Sosiologi dalam Keluarga dan Contohnya

  1. Kerabat

Kerabat hampir mirip seperti keluarga tapi dalam jaringan sosial yang lebih luas. Kerabat lebih didasarkan pada kesamaan nenek moyang. Misal, kita mempunyai kerabat dari kakek buyut yang sama. Kesamaan tersebut meningkatkan kedekatan emosional sebab kita tidak lagi menganggap orang yang menjadi kerabat sebagai orang asing, bahkan menjadi orang yang sangat dekat dengan kita.

Beberapa contoh kerabat misalnya paman, bulek, paklek sepupu, keponakan, kakak ipar, adik ipar, dan sebagainya. Ada irisan antara kerabat dan keluarga. Asumsi utama yang digunakan dalam hal ini adalah kerabat meliputi keluarga besar, sedangkan keluarga hanyalah keluarga inti.

  1. Teman

Tertawa, rahasia, bercerita, dan pengalaman bersama mungkin adalah hal-hal yang terlintas dalam pikiran ketika kita berpikir tentang contoh kelompok sosial teman. Ini semua adalah interaksi pribadi dan dekat di antara teman-teman.

Mereka sering menghabiskan banyak waktu mengalami petualangan yang berbeda bersama, mengobrol tentang kisah-kisah pribadi, dan hanya menikmati kebersamaan satu sama lain. Anggota kelompok teman sering disatukan karena minat, kepribadian, dan gaya hidup bersama. Karena hubungan ini sangat pribadi, grup teman sering tetap utuh dalam jangka waktu yang lama.

  1. Hubungan Cinta

Hubungan cinta dapat digolongkan sebagai salah satu yang paling intim dari kelompok utama untuk alasan yang cukup jelas. Pasangan dalam hubungan cinta pertama kali disatukan sebagai hasil dari ketertarikan fisik dan emosional timbal balik.

Mereka menghabiskan banyak waktu bersama, baik yang melibatkan belajar tentang satu sama lain atau secara kolektif berbagi pengalaman baru. Dengan itu, hubungan yang sangat pribadi, intim, dan romantis berkembang dan cenderung bertahan lama.

  1. Anggota kelompok agama

Aanggota kelompok agama yang memiliki interaksi tatap muka atau verbal secara teratur dan budaya bersama dan sering terlibat dalam kegiatan bersama.

  1. Klik (clique)

Dalam ilmu sosial, klik adalah sekelompok individu yang berinteraksi satu sama lain dan berbagi minat yang sama. Berinteraksi dengan klik adalah bagian dari perkembangan sosial normatif tanpa memandang jenis kelamin, etnis atau popularitas.

Meskipun klik-klik paling sering dipelajari selama masa remaja dan perkembangan anak kecil, mereka ada di semua kelompok umur. Mereka sering terikat bersama oleh karakteristik sosial bersama seperti etnisitas dan status sosial ekonomi. Contoh-contoh klik remaja umum atau stereotip termasuk atlet, kutu buku, dan “outsiders”.

  1. Geng Jalanan

Geng jalanan adalah sekelompok kecil penjahat yang terorganisir secara longgar atau kecil. Mereka sering “mengklaim wilayah” atau lingkungan yang mereka gunakan untuk menjual narkoba, senjata, barang ilegal lainnya, dll. Geng jalanan sering akan menamai geng mereka dengan nama jalan atau lingkungan mereka.

Geng modern yang kita lihat saat ini dimulai di Los Angeles California dengan crips pada akhir 1960-an-70an (Geng Chicago juga membantu menciptakan geng yang kita lihat hari ini). Geng-geng akan sering terlibat dalam konflik (juga disebut perang geng) di mana mereka bertarung satu sama lain dengan senjata dari belati ke senapan dan senapan serbu.

  1. Tim Olahraga

Tim olahraga adalah sekelompok individu yang bermain olahraga, biasanya tim olahraga, di tim yang sama. Secara historis, tim olahraga dan orang-orang yang bermain olahraga adalah amatir.

Namun, pada abad ke-20, beberapa tim olahraga dan liga terkait mereka menjadi sangat berharga dengan kekayaan bersih dalam jutaan. Identitas tim dapat dibentuk dari sejumlah sumber, paling sering jenis lokasi geografis, mis., Dallas Cowboys dinamai Dallas, Texas, AS.

Beberapa tim juga dapat diberi nama sesuai dengan institusi, seperti Alabama Crimson Tide, yang didukung oleh dan dinamai menurut Universitas Alabama, atau Yomiuri Giants, yang diberi nama setelah Yomiuri Group, konglomerat media Jepang.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian kelompok sosial primer menurut para ahli, ciri, dan contohnya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikana wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *