Kebudayaan dan Peradaban: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang yang miskin dan berpakaian lusuh dianggap tidak beradab, meskipun ia mungkin orang yang paling berbudaya dan orang yang mengenakan pakaian bagus, disebut beradab, tetapi, mungkin tidak memiliki perasaan budaya? Budaya adalah segalanya tentang masyarakat, yaitu mengacu pada pengetahuan dan ciri-ciri sekelompok orang tertentu yang tinggal di suatu wilayah.

Orang sering mengacaukan istilah budaya dan peradaban dan akhirnya menggunakannya secara sinonim. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama diciptakan oleh manusia dan diungkapkan melalui cara kita menjalani hidup kita.

Keduanya memberi kita ide, cita-cita, arti nilai-nilai, dan cara untuk menjalani kehidupan yang layak. Sebagaimana Ungkapa yang disampaikan oleh Mahatma Gandhi “Dalam peradaban, budaya pikiran harus tunduk pada hati dan kemanusiaan”. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang perbedaan kebudayaan dan peradaban, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, perbedaan kebudayaan dan peradaban beserta contohnya.

Kebudayaan dan Peradaban

Kebudayaan, dalam Bahasa Inggris yaitu Cultur, ini merupakan konsep yang berasal dari Jerman, terkait dengan romantisme dan konstruksi bangsa Jerman, sehingga konsep tentang kultur bersifat tertutup.

Peradaban, dalam Bahasa Inggris yaitu Civilization, ini merupakan konsep yang berasal dari Prancis terkait dengan gagasan “civilization française” yang berasal dari Revolusi Perancis. Peradaban Perancis harus diperluas di dunia melalui penjajahan, sehingga gagasan ini bersifat terbuka.

Kebudayaan adalah seperangkat nilai yang membentuk perilaku masyarakat pada tingkat yang berbeda, sementara peradaban terlihat jelas dalam perkembangan fisik dalam bentuk lingkungan buatan manusia. Jika dianalogikan sifat kebudayaan adalah pikiran masyarakat dan peradaban adalah tubuh.

Kebudayaan adalah kegiatan seseorang atau masyarakat, sedangkan peradaban adalah perwujudan budaya tersebut dengan berbagai cara. Peradaban adalah lautan, sedangkan budaya adalah sungai yang bercampur membentuk peradaban.

Sebuah budaya dapat digeneralisasi, misalnya budaya Anglo Saxon (seperti yang dikatakan orang Prancis) dan ditemukan di wilayah yang luas dalam suatu periode sejarah. Sedangkan sebuah peradaban memiliki kesatuan temporal dan teritorial yang lebih spesifik, misalnya peradaban Prancis, yang berfokus pada masyarakat perkotaan daripada pedesaan.

Pengertian Kebudayaan dan Peradaban

Kebudayaan

Kebudayaan adalah cara orang hidup, yang tercermin misalnya dalam bahasa yang mereka ucapkan, makanan yang mereka makan, pakaian yang mereka kenakan. Ini mengekspresikan cara seseorang berpikir dan melakukan sesuatu. Dengan kata lain, kebudayaan adalah seperangkat pengetahuan, pengalaman dan perilaku yang umumnya dimiliki oleh sekelompok orang. Ini adalah sesuatu yang diperoleh seseorang melalui pembelajaran.

Budaya meliputi seni, pengetahuan, kepercayaan, adat istiadat, tradisi, moral, festival, nilai-nilai, sikap, kebiasaan dan sebagainya yang diwarisi oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Itu bisa dilihat dalam literatur, musik, bentuk tarian, praktik keagamaan, gaya berpakaian, kebiasaan makanan, cara menyapa orang lain, rekreasi dan lain-lain. Budaya yang berbeda dapat ditemukan di tempat yang berbeda, karena bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.

Phraya Anumanrajathon, seorang sarjana Thailand yang terkenal, telah mendefinisikan “budaya” sebagai pemikiran, konsep, dan kepercayaan manusia yang muncul dalam empat cara, yaitu;

  1. Perilaku sosial
  2. Karakteristik umum dalam masyarakat
  3. Kegiatan sosial, dan Penciptaan dalam masyarakat.

Peradaban

Peradaban adalah proses mengembangkan keadaan masyarakat sejauh budaya, industri, teknologi, pemerintah, dan lain-lain mencapai tingkat maksimum. Istilah ‘peradaban’ berbicara tentang mengadopsi cara hidup yang lebih baik, dan memanfaatkan sebaik mungkin sumber daya alam, untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang.

Lebih lanjut, ini menekankan pada sistematisasi masyarakat ke dalam berbagai kelompok yang bekerja secara kolektif dan terus-menerus untuk meningkatkan kualitas hidup, mengenai makanan, pendidikan, pakaian, komunikasi, transportasi, dan sejenisnya.

Pengertian Kebudayaan dan Peradaban Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli, pengertian budaya dan peradaban antara lain sebagai berikut;

Seokmono

Kebudayaan ialah segala hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan. Sedangkan peradaban adalah perbedaan yang dihasilkan dari unsur budaya sehingga tergolong dalam kemajuan.

Herkovits

Kebudayaan ialah segala sesuatu yang diteruskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain atau disebut superorganic, kebudayaan berisikan seluruh nilai, norma, pengertian, ilmu pengetahuan, religius, struktur, sistem sosial, dan nilai lainnya sebagai wujud budaya intelektual dan rasa seni yang menjadi identitas atau ciri khas suatu masyarakat. Sedangkan peradaban adalah nilai-nilai yang dihasilkan dari kebudayaan.

Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban

Perbedaan kebudayaan dan peradaban dapat dilihat pada 7 poin berikut ini, yaitu:

  1. Istilah ‘budaya’ mengacu pada perwujudan dari cara kita berpikir, berperilaku dan bertindak. Sebaliknya, tahap peningkatan masyarakat manusia, di mana anggotanya memiliki cukup banyak organisasi dan pengembangan sosial dan politik, disebut Peradaban.
  2. Budaya kita menggambarkan siapa kita, tetapi peradaban kita menjelaskan apa yang kita miliki atau apa yang kita gunakan.
  3. Budaya adalah tujuan; tidak memiliki standar pengukuran. Berbeda dengan ini, peradaban memiliki standar pengukuran yang tepat, karena itu adalah sarana.
  4. Budaya daerah tertentu dapat tercermin dalam agama, seni, tarian, sastra, adat, moral, musik, filsafat, dan lain-lain. Di sisi lain, peradaban ditampilkan dalam hukum, administrasi, infrastruktur, arsitektur, pengaturan sosial, dan lain-lain dari daerah itu.
  5. Budaya menunjukkan tingkat penyempurnaan batin terbesar, dan juga internal. Berbeda dengan, peradaban yang bersifat eksternal, yakni perwujudan teknologi, produk, perangkat, infrastruktur, dan sebagainya.
  6. Perubahan dalam budaya diamati dengan waktu, seperti dalam pemikiran lama dan tradisi yang hilang dengan berlalunya waktu dan yang baru ditambahkan ke dalamnya yang kemudian ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya. Di sisi lain, peradaban terus maju, yaitu berbagai elemen peradaban seperti alat transportasi, komunikasi, dan lain-lain berkembang dari hari ke hari.
  7. Budaya dapat terus berkembang, bahkan jika peradaban tidak ada. Sebaliknya, peradaban tidak dapat tumbuh dan eksis tanpa budaya.

Contoh Kebudayaan dan Peradaban

Berikut ini contoh kebudayaan dan peradaban yang ada di dunia, antara lain:

Budaya dan Peradaban Barat

Budaya Barat adalah istilah yang digunakan secara luas untuk merujuk pada warisan norma sosial, nilai-nilai etika, adat istiadat tradisional, sistem kepercayaan, sistem politik, artefak dan teknologi khusus yang memiliki asal atau hubungan dengan Eropa.

Istilah ini telah berlaku untuk negara-negara yang sejarahnya ditandai oleh imigrasi Eropa, seperti negara-negara Amerika dan Australasia, dan tidak terbatas pada benua Eropa. Eropa Tengah pun dianggap sebagai penyumbang unsur-unsur asli dari kebudayaan Barat

Budaya Barat ditandai oleh sejumlah tema dan tradisi artistik, filosofis, sastra, dan hukum; warisan Celtic, Jermanik, Hellenic, Yahudi, Slavia, Latin, dan kelompok etnis dan bahasa lainnya, serta agama Kristen, yang memainkan peran penting dalam membentuk peradaban Barat sejak setidaknya abad ke-4.

Pada umumnya, konsep Budaya Barat terkait dengan definisi klasik dari Dunia Barat. Dalam definisi itu, kebudayaan Barat ialah himpunan sastra, sains, politik, dan prinsip-prinsip artistik serta filosofi yang membedakannya dengan kebudayaan lainnya. Sebagian besar rangkaian tradisi dan pengetahuan tersebut umumnya sudah dikumpulkan dalam kanon Barat.

Terdapat beberapa kecenderungan yang dianggap dapat mendefinisikan masyarakat Budaya Barat modern, diantaranya yaitu adanya pluralisme politik, berbagai subkultur atau budaya tandingan penting (seperti gerakan-gerakan Zaman Baru), serta peningkatan sinkretisme budaya sebagai akibat dari globalisasi dan migrasi manusia.

Budaya dan Peradaban Amerika Latin

Budaya Amerika Latin merupakan ekspresi formal atau informal dari masyarakat di wilayah Amerika Latin, dan mencakup budaya tingkat tinggi (kesusastraan, kesenian tingkat tinggi) dan budaya populer (musik, seni rakyat dan tari) serta agama dan praktek kebiasaan lainnya. Amerika Latin juga mempunyai beberapa ras.

Amerika Latin memiliki pengartian yang beragam jika ditinjau dari sudut pandang kebudayaan. Amerika Latin pada umumnya meliputi wilayah dari benua Amerika dimana Spanyol, Prancis atau Portugis bermukim: Meksiko, sebagian besar Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Ada juga pengaruh keberadaan kebudayaan Amerika Latin di Amerika Serikat (yakni California dan Southwest, dan kota-kota seperti New York city dan Miami). Selain itu, juga terdapat juga peningkatan perhatian terhadap hubungan antara Amerika Latin dan Karibia secara keseluruhan.

Nah, itulah tadi artikel yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian dan perbedaan kebudayaan/peradaban menurut para ahli beserta contohnya di masyarakat dunia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *