Jenis Status Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Macam Status Sosial

Status sosial sejatinya berhubungan erat dengan syarat interaksi sosial dan peranan sosial. Status sosial ini tentu saja bisa terbentuk apabila seseorang melakukan interaksi sosial dalam masyarakat. Sementara itu untuk status sosial seseorang menuntutnya untuk melakukan suatu peranan sosial. Oleh karenanya, ketiganya komponan ini sangat erat berkaitan dan sulit untuk dipisahkan.

Status Sosial

Status sosial adalah posisi strategis yang diperoleh seseorang dalam suatu contoh kelompok sosial di masyarakat melalui komponen-komponen yang ada dalam dirinya seperti kekayaan, jabatan perpolitikan, tingkat pekerjaan, dan pendidikan.

Sehingga abstraksi daripada perwujutan status inilah memiliki pengaruh besar dalam lingkungan sosial untuk kemudian di hormati dan dihargai.

Jenis Status Sosial

Untuk macam-macam status sosial di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut;

Ascribed Status

Status sosial ascribed status adalah status yang diperoleh atau didapatkan secara otomatis tanpa perlu diperjuangkan terlebih dahulu. Status sosial ini memiliki sifat yang pada umumnya tertutup, yaitu hanya akan dimiliki oleh orang-orang tertentu yang statusnya sama dengan status orang tuanya.

Bentuk-bentuk dari jenis status sosial dalam klasifikasi ascribed status ini adalah sebagai berikut;

  • Keturunan

Asal keturunan merupakan status yang langsung didapatkan seseorang tanpa harus berusaha bagi seseorang untuk menggapainya.

  • Jenis kelamin

Jenis kelamin juga menjadi status yang langsung dimiliki seseorang tanpa harus ada usaha untuk menggapainya, lantaran ini adalah hakekat manusia yang diberikan oleh sang pencipta.

Achieved Status

Achieved status adalah jenis status sosial yang sengaja diraih atau diusahakan oleh seseorang. Status sosial ini bersifat terbuka dan tidak didasarkan pada kelahiran, keturunan, atau pun jenis kelamin. Status ini sangat bergantung pada kemampuan individu seseorang untuk meraih status tersebut.

Bentuk-bentuk dari status sossial ini adalah:

  • Prestasi

Salah satu bentuk achieved status ini didapat karena berhasil meraih jenjang pendidikan yang tinggi atau menjadi juara dalam suatu perlombaan atau kejuaraan. Apresiasi masyarakat terhadap orang yang berprestasi juga orang-orang berprestasi lebih. Biasanya, masyarakat akan memberi apresiasi yang tinggi terhadap orang-orang berprestassi tersebut.

  • Kekuasaan atau Jabatan

Status ini didapat setelah seseorang berusaha keras untuk meraih suatu jabatan di tingkat tertentu, baik itu di tingkat perusahaan maupun di tingkat negara. Apresiasi orang akan meninggi jika seseorang berhasil meraih sebuah status jabatan tertentu.

  • Kualitas pribadi

Bentuk dari jenis acheved status ini bisa didapat dari pendidikan dan pengalaman. Pendidikan dan pengalaman ini akan membuat seseorang dihargai dan dituakan di lingkungan masyarakat.

Assigned Status

Assigned status adalah jenis status sosial yang diberikan atau dipasrahkan secara sengaja dari masyarakat kepada orang-orang atau kelompok yang sudah berjasa memperjuangkan berbagai kepentingan dan kebutuhan hiudp dalam masyarakat.

Contoh Status Sosial

Berdasarkan hal tersebut diiatas, untuk dapat lebih memahami mengenai status sosial yang berada di dalam masyarakat, berikut ini terdapat beberapa contoh mengenai status sosial yang terdapat didalam masyarakat yaitu adalah sebagai berikut;

  1. Adanya Fitri sebagai seorang perempuan yang harus mengenakan pakaian wanita seperti rok dan kerudung bagi umat Islam menjadi bagian status sosial yang bersifat ascribed status.
  2. Terdapatnya susunan Raja-Raja Jawa yang mewariskan tahtanya kepada anak-anaknya merupakan salah satu bentuk terdapatnya status sosial yang bersifat ascribed status.
  3. Jokowi yang dahulunya menjadi seorang Mabel (Pedagang Kayu di Jawa Tengah, Khususnya Surakarta) pada saat ini ia telah menjadi Presiden Republik Indonesia merupakan salah satu bentuk nyata bahwa terdapat status sosial yang dberolehnya dengan bentuk achieved status.
  4. Terdapatnya status terkait adanya Pahlawan Nasional yang ada di Indonesia dari tahun ke tahun merupakan bentuk terciptanya status sosial yang berjenis assigned status yang mana seseorang memperolehnya lantaran berjasa bagi Kemerdekaan dan Pengisi Kemerdekaan di Indonesia.

Nah, itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang bisa kami peroleh serta bagikan kepada pembaca terkait dengan jenis-jenis status sosial di masyarakat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semga melalui artikel ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *