12 Jenis Penelitian Sosial dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Jenis Penelitian Sosial dan Contohnya

DosenSosiologi.Com– Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentsaja banyak menghasilkan beragam penelitian. Penelitian yang dilakukan dalam sosiologi ini lebih dikenal dengan penelitian sosial di dalam masyarakat. Seperti penelitian perubahan sosial, gejala sosial, fakta sosial, dan lain sebaginya. Oleh karena itulah dalam tulisan ini akan memberikan penjabaran mengenai jenis-jenis penelitian sosial.

Penelitian Sosial

Pengertian penelitian sosial adalah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dalam menemukan beragam gejala sosial dan dinamika kelompok sosial. Penelitian sosial ini begitu penting lantaran latar belakang sosiologi terpisah menjadi ilmu pengetahuan karena hasil objek kajian sosiologi dalam penelitian berbeda dengan ilmu sosial lainnya.

Perbedaan yang ada dalam penelitian sosial sosioogi karena ada banyak instrumen penelitian yang diperlukan. Selain itu dalam sosiologi juga penelitian bisa dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif (menggunakan hitungan statistika).

Baca juga5 Instrumen Penelitian; Pengertian, Jenis, dan Contoh

Jenis Penelitian Sosial

Adapun untuk penjelasan lebih lanjut, dalam sosiologi ada beragam jenis-jenis penelitian sosial, antara lain adalah sebagai berikut;

Jenis Penelitian Berdasarkan Manfaat atau Penerapannya

Dalam manfaat dan penerapannya, jenis penelitian dalam sosiologi dapat diberdakan menjadi dua. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Penelitian dasar (basic research) yaitu metode penelitian sosial yang bersifat murni untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kajian dalam sosiologi.
  2. Penelitian terapan (applied research) yaitu langkah penelitian sosial yang didesain untuk dapat memecahkan beragam masaiah secara praktis.

Jenis Penelitian Berdasarkan Tempat Penelitiannya

Berdasarkan tempat penelitiannya, jenis penelitian sosial dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Field research, adalah jenis peneltian yang dilakukan Iangsung di lapangan. Jenis penlitian ini bisa menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.
  2. Library research adalah penelitian yang dilakukan menggunakan literatur/kepustakaan dalam pembahasan dan penerapannya.
  3. Laborato research yaitu jenis penelitian sosial yang dilakukan di tempat tertentu seperti laboratorium.

Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, jenis penelitian sosial dapat dibedakan menjadi lima. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Penelitian eksploratif yaitu penelitian-penelitian sosial yang bertujuan untuk dapat menemukan fakta dan ilmu pengetahuan baru.
  2. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan memberikan gambaran mengenai fenomena tertentu dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Penelitian verifikatif yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan menguji teori daripaa penelitian sebelumnya yang sudah ada.
  4. Penelitian tindakan, adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru yang Iebih efisien atau efektif.
  5. Penelitian pengembangan atau development yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan mengembangkan, memperluas, dan memperdalam suatu teori atau pengetahuan dalam masyarakat.

 Jenis Penelitian dalam Pendekatan Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah salah satu jenis penelitian sosial yang memberikan penggamabaran mengenai masalah sosial secara deskripsi atau penjelasan dalam membangun ilmu pengetahuan sosial yang di dapatkan. Jenis penelitian ini lebih memperkaya teori-teori dan studi literatur, dengan durasi waktu dibutuhkan bisa dibilang relatif lama.

Jenis Penelitian Sosial  Dalam Pendekatan Kuantitatif

Jenis penelitian sosial yang terkhir adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan banyak data-data dalam masyarakat. Data yang dibutuhkan dalam metode penelitian sosial jenis ini bisanya dihitung menggunakan nomor-nomor dalam statistika.

Artikel Terkait;

  1. Teknik Analisis Data Kuantitatif & Kualitatif
  2. “Kerangka Penelitian” Pengertian dan Contohnya
  3. “Topik Penelitian” Pengertian, Unsur, Tips, dan Contohnya

Contoh Jenis Penelitian Sosial

Contoh yang dapat dilakukan pembahasan dalam penelitian sosial, misalnya saja adalah topik penelitian mengenai Judul Penelitian Tentang “Pandangan. Anak Jalanan tentang Penerapan Pendidikan Nonformal” dengan tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendapatkan informasi mengenal pandangan anak jalanan terhadap penerapan pendidikan nonformal, selain itu tujuan yang di dapatkan adalah untuk mengetahuj persentase keikutsertaan anak jalanan dalam penerapan pendidikan nonformal.

Maka jenis penelitian sosial yang dipergunakan haruslah penelitian survei, alasan menggunakan jenis penelitian survai karena penelitian ini tidak bertujuan menjelaskan peristiwa masa lalu secara knonologis melaikan penelitian dilakukan untuk mendapatkan data-data yang valid.

Demikinalah pembahasan mengnai jenis penelitian sosial dan contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Materi Penelitian Sosial”. Trimakasih,

2 (40%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *