4 Fungsi Lembaga Sosial Lengkap

Diposting pada

Fungsi dan peranan Lembaga Sosial

DosenSosiologi.Com- Secara umum lembaga sosial yang ada dalam masyarakat haruslah memiliki sejumlah fungsi atau peranan yang baik, fungsi-fungsi lembaga sosial dalam masyarakat dapat dilkategorikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Lembaga Sosial

Lembaga sosial sebagai wadah dari sekumpulan norma-norma sosial diharapakan dapat mampu melestarikan serta mampu untuk menunjang dan menjaga kelestarian hidup manusia. Lembaga sosial ini tidak bisa dipisahkan dengan oragnisasi atau asoasiasi. Meskipun keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Fungsi Lembaga Sosial

Fungsi lembaga sosial dalam cangkupannya adalah sebagai berikut;

Menjaga Keutuhan Masyarakat

Lembaga sosial mampu menyatukan masyarakat melalui hubungan sosial. Masyarakat disatukan melalui peraturan-peraturan yang dapat mengatur perilaku individu satu dengan individu lain. Peraturan diharapkan dapat memperkecil konflik atau masalah sosial.

Meningkatkan Solidaritas Masyarakat

Lembaga sosial pada dasarnya dapat memperkukuh hubungan sosial antar individu atau kelompok. Lembaga sosial terbentuk melalui proses panjang. Proses pembentukan lembaga sosial dilakukan melalui koordinasi intensif antaranggota masyarakat.

Koordinasi yang dilakukan secara instensif antar anggota masyarakat tersebut pada akhirnya akan mampu menyatukan dan meningkatkan solidaritas yang terjadi dalam kehidupan masyarakat satu dengan yang lainnya. Meskipun di dalamnya terdapat sejumlah perbedaan, baik perbedaan pandangan politik, agama, suku, dan perbedaan lainnya.

Mengendalikan Perilaku Warga Masyarakat

Fungsi yang ada dalam lembaga sosial selanjutnya sangatlah berperan mengendalikan perilaku warga masyarakat melalui sanksi-sanki yang diberikan bagi yang melanggar. Sanksi yang terdapat dalam lembaga sosial dapat bersifat formal dan nonformal.

Sanksi yang diberikan antara lain apabila dilakukan secara legal atau formal bersifat tertulis, sedangkan sanksi nonformal bersifat tidak tertulis. Contoh sanki yang diberikan secara formal misalnya saja adalah adanya UU, sedangkan sanki non formal misalnya saja dikucilkan dalam masyarakat.

Memberikan Pedoman Bertingkah Laku

Fungsi lembaga sosial selanjutnya adalah memberikan peraturan dalam lembaga sosial yang terus menerus menjadi pedoman antar perilaku individu atau kelompok. Pelaku individu atau kelompok secara sadar atau tidak sadar diharuskan menaati peraturan yang ada pada lembaga sosial, sehingga dalam hal ini lembaga sosial berperan mewujudkan pedoman perilaku bagi anggota masyarakat.

Contoh Lembaga Sosial

Contoh yang diberikan dalam lembaga sosial ini, misalnya saja dalam kehidupan keluarga. Secara tertulis dan tidak tertulis ada sejumlah peraturan-peraturan yang diberikan. Keluarga mengangkat ayah sebagai kepada keluarga, dan ibu berfungsi mendidik anak-anaknya menjadi  lebih baik. Ayah dalam kaitannya dengan anak memberikan dan mencari nafkah untuk keluarganya.

Meskipun secara tertulis dan tidak tertulis aturan yang ada dalam lebaga sosial tersebut berlaku dan masih diterapkan di Indonesia, padahal untuk di negara lainnya peraturan yang ada belum tentu demikian. Oleh karena ituah lembaga sosial sejatinya diciptakan sesuai kondisi dan keadaan yang ada.

Demikinalah pembahasan materi tentang “Fungsi Lembaga Sosial”. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan pencerahan dan memberikan pengulasan yang mendalam bagi setiap pembaca yang pada saat ini sedang membutuhkan refrensi tentang Fungsi-Fungsi Lembaga Sosial.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *