16 Fungsi dan Manfaat Sosiologi Secara Umum Terlengkap

Diposting pada

Fungsi dan Manfaat Sosiologi Menurut Ahli

DosenSosiologi.Com– Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan berusaha untuk mengkaji segala bentuk fenomena atau fakta-fakta sosial dalam masyarakat melalui penelitian sosial. Melalui penelitian sosial tersebut, Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan inilah kemudian melahirkan tentang fungsi dan manfaat sosiologi.

Fungsi Sosiologi

Setiap ilmu pengetahuan yang lahir di dunia ini tentusaja memiliki fungsi yang penting, kelahirannya dilakukan atas landasan berbagai masalah. Begitupula dengan sosiologi yang lahir dari adanya masalah-masalah sosial yang tidak kunjung dapat diselesaikan. Malalah sosial dalam kehidupan manusia sangat kompleks terjadinya. Atas landasan inilah secara umum kemudian sosiologi dibentuk sebagai disiplin ilmu pengetahuan.

Manfaat Sosiologi

Manfaat ilmu pengetahuan sosiologi yang terpeting adalah memberikan nilai dan sikap atas tindakan sosial yang dilakukan manusia. Tindakan ini muncul kembali atas dasar hubungan makhluk hidup (manusia) sebagai mahluk sosial. Oleh karenannya dalam pengendalian dan penilain ini kemudian sosiologi dilahirkan serta diciptakan sebagai ilmu pengetahuan.

Fungsi dan Manfaat Sosiologi

Fungsi dan manfaat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentusaja tidak terlepas dari ciri-ciri sosiologi dan objek kajian sosiologi yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut inilah setidaknya mengenai fungsi dan manfaat sosiologi dan penjelasannya.

Penelitian Sosial

Ilmu Sosiologi diperlukan untuk mempelajari berbagai fenomena sosial dalam masyarakat. Dengan demikian, setiap fenomena sosial dapat dijaskan secara logis, sisematis, dan berdasarkan pada metode-metode penelitian sosial tertentu dalam penelitian.

Baca Juga:

  1. 6 Langkah Penelitian Sosial dan Contohnya
  2. 5 Instrumen Penelitian; Pengertian, Jenis, dan Contohnya
  3. “Kerangka Penelitian” Pengertian dan Contohnya

Solusi Masalah Sosial

Masalah sosial merupakan fenomena sosial yang cenderung terjadi selama manusia menjaankan kehidupan dan menjalin hubungan sosial. Oleh karena itu, pendekatan Sosiologi diperlukan untuk menganalisis berbagai permasalahan sosial dengan menggunakan metode penelitian. Pengamatan pendekatan Sosiologi tentang masalah sosial dihárapkan dapat memberikan solusi bagi masyarakat.

Bahan Perencanaan dan Pembangunan Sosial

Pembangunan sosial selalu ditujukan kepada masyarakat sebagal objek kajian. Sosiologi. Tahap perencanaan berfungsi memberikan data dan informasi mengenai kebutuhan sosial dalam masyarakat.

Tahap pembangunan bertujuan menciptakan kesejahteraan masyarakat. OIeh karena itu, pembangunan sosial hendaknya dilakukan berdasarkan pendekatan sosiologis agar hasil pembangunan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan yang ada di dalam masyarakat.

Bahan Pembuatan Keputusan

Pemerintah sebagai lembaga formal negara memiliki legitimasi untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat. Dalam mengatur kehidupan masyarakat pemerintah membutuhkan bantuan sosiolog untuk melakukan penelitian sosial terhadap perilaku dan kebutuhan masyarakat dalam mengambil keputusan.

Sebagai contoh dalam fungsi dan manfaat sosiologi ini adalah penyusunan undang-undang disesuaikan kultur budaya dalam masyarakat.

Memberikan Rasa Kepekaan dalam Proses Perubahan Sosial

Fungsi dan manfaat ilmu sosiologi dalam kehdiupan yang kita jalani adalah memberikan rasa kepaekaan dalam proses perubahan sosial. Hal ini dilakukan karena dalam catatan beberapa ahli perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat akan terus menerus ada dan tidak bisa untuk dihindari, karena masyarakat bergerak secara dinamis bukan statis, dengan adanya ilmu sosiologi seseorang akan menyadari tentang hal tersebut. Baca Juga: “Perubahan Sosial” Pengertian, Proses, Teori, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya

Menumbuhkan Kepekaan Masyarakat

Menumbuhkan rasa kepekaan terhadap masyarakat adalah salah satu tujuan ilmu sosiologi lahir. Sosiologi lahir tidak menghakimi mana yang baik dan buruk, akan tetapi secara universal memberikan penelitian atas dasar norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Mempejelas Identitas

Fungsi dan manfaat ssiologi yang lainnya, adalah memperjelas tentang identitas yang kita sandang. Sebagai mahluk sosial manusia seharusnya bisa memberi pembeda dari mahluk sosial lainnya. Salah satu upayanya bisa membedakan dimana harus mengutamakan kepentingan umum dan dimana harus mengupayakan kepentingan pribadi.

Memberikan Wawasan Tentang Lembaga Sosial

Lembaga Sosial yang hadir ditengah-tengah masyarakat beragam bentuknya, ada lembaga agama, lembaga politik, lembaga keluarga, lembaga hukum, lembaga pendidikan, dan lain sebaginya. Dengan adanya ilmu sosiologi yang mencoba memberikan penjelasan mengenai wawasan lembaga sosial seseorang akan mudah memahaminya dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Menghindari Konflik Sosial

Mengindari tentang konflik sosial dalam masyarakat menjadi salah satu fokus bahasan dalam manfaat dan fungsi sosiologi. Seseorang yang bisa memhami sosiologi secara mendalam bisa melakukan hal ini dengan cara memilih dan menyeimbangkan keadaan sosial yang ada dalam masyarakat secara keseluruhan.

Meningkatakan Integritas Nasional

Solidaritas dalam kehdiupan manusia sangat penting dilakukan oleh semua pihak. Solidaritas ini terbentuk karena adanya kesadaran yang matang akan berbagai bentuk perbedaan, baik ecara budaya, etnis, agama, dan lainnya. Tujuan sosiologi dan manfaatnya ialah untuk memberikan kesadaran akan nilai-nilai yang terkandang dalam perbedaan.

Memberikan Konsultan Kebijakan

Konsultan mengenai kebijakan yang diberikan dalam ilmu sosial, seperti sosiologi dilakukan dalam upaya memberikan wawasan mengenai kemasyrakatan. Kebijakan yang diambil ini seolah menggambarakan entingnya ilmu sosiologi dalam masyarakat, sebagai upaya memberikan kebijiakan yan normatif.

Sosiologi Memberikan Analisa Tentang Sikap

Fungsi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan salah satunya ialah memberikan analisa mengenai berbagai sikap yang seharusnya dimbil dan seharusnya dihindari oleh setiap individu, sikap ini dipereoleh karena aspek ilmu sosilogi adalah tentang kemasyarakat dan kebudayaan sehingga paham dengan seluk-beluk di dalamnya.

Mengakomodir Interaksi Sosial

Interaksi sosial yang di dalam kehidupan bermasyarakat selalu dijelaskan dalam ilmu sosioologi. Dengan adanya kondisi ini tentusaja sosilogi akan mampu mengakomodir tentang bentuk interaksi sosial yang baik untuk kemudian dijalankan.

Menumbuhakan Sikap Kesadaran Kebihniekaan

Manfaat sosiologi yang dialami oleh dalam kehidupan manusia, khususnya masyarakat Indonesia adalah menydari tentang wawasan kebihinekaan yang lahir sebagai landasan dasar pembentukan Negara Indonesia. Dengan memahami tentang sosiologi seseorang tentusaja akan menyadari tentang fungsi ini sebagai fungsi yang otentik.

Menumbuhkan Kepekaan Sosial

Manfaat sosioloi lainnya, yang dapat kita peroleh adalah dengan menumbuhkan sikap kepekaan antara satu golongan dengan gelongan lainnya, atau antar individu dengan yang lainnya. Dengan munculnya kepekaan sosial ini memberikan penjelasan tentang sikap saling menghargai akan adanya perbedaan.

Menciptakan Kehidupan Bertolerasi yang Tinggi

Manfaat dari fungsi sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang tidak boleh terlewatkan adalah mampu menciptakan kehidupan yang bertolerasi antara satu golongan dengan golongan yang lainnya. Tolerasi ini dilakukan sebagai upaya menjag perdamaian dan mencipatakan rasa kenyamanan antar kehidupan bermasyarakat.

Contoh Fungsi dan Manfaat Sosiologi

Sosiologi yang hakekatnya dapat dipergunakan untuk mengkaji potensi suatu desa dengan hasil kajian yang dilakukan dan akan digunakan untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat, merupakan salah satu manfaat dan peran sosiologi sebagai perancang pemberdayaan masyarakat. Hal ini lantaran pemerintah atau lembaga swasta akan merencanakan pembangunan sosial yang tepat dan sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan.

Demikianlah penjelasan dan tulisan mengenai fungsi dan manfaat sosiologi secara umum yang kita alami dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang mencari refrensi mengenai “Fungsi dan Manfaat Sosiologi”, trimakasih.

5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *