16 Fakta Globalisasi di Indonesia Yang ada Disekitar Kita Lengkap

Diposting pada

Fakta Globalisasi di Indonesia

DosenSosiologi.Com– Globailsasi merupakan merupakan salah satu istilah yang mendunia. Pada era globalisasi masyarakat di berbagai belahan dunia ini saling terhubung melalui kemajuan teknologi dan informasi. Di luar kondisi terhubungannya masyarakat dunia tersebut pada dasarnya ada beberapa fakta globalisasi. Dan berikut inilah sejumlah fakta-fakta globalisasi di Indonesia dan berada di sekitar kita.

Globalisasi

Pengertian globalisasi adalah proses keberagaman hubungan dan membentuk sistem dunia modern. Globalisasi dalam definisi ini ialah proses tentang berbagai peristiwa, keputusan, dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

Adapun untuk sejarahnya, istilah globalisasi pertama kali digunakan oleh Theodore Levitt tahun 1985 yang pada sejatainya, istilah dipergunakan untuk menunjuk pada politik ekonomi, khususnya politik perdagangan bebas dan transaksi keuangan yang dilakukan berbagai negara-negara belahan dunia.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi mengenai globalisasi, dalam pandangan para ahli. Antara lain sebagai berikut;

Selo Soemardjan

Menurut ahli sosiologi ini definisi globalisasi adalah terhubungnya sistem sosial, baik dalam organisasi sosial dan kontak sosial dalam kehidupan masyarakat di berbagai dunia, masyarakat mengikuti perkembangan arus globalisasi dalam upaya memberikan jaminan sistem bersama-sama, selain itu juga masyarakat melakukannya sebagai proses perubahan sosial untuk dirinya dan lingkungan disekitarnya.

 Fakta Globalisasi

Berdasarkan sejarah dan definisi di atas, lahirnya globalisasi ini seperti mata pisau, yang satu menguntungkan dan disisi lainnya merugikan. Untuk lebih jelasnya mengenai fakta globailsasi yang ada di Indonesia dan ada disekitar kita. Antara lain adalah sebagai berikut;

  • Arus ide, yang ditandai makin derasnya nilai baru yang masuk ke suatu negara. Dalam arus ide ini muncul isu-isu yang telah menjadi bagian dan masyarakat internasional. Isu-isu mi merupakan isu internasional yang tidak hanya berlaku di suatu wilayah nasional negara, tetapi juga berlaku di berbagai wilayah negara.
  • Arus etnik, fakta mengenai etnik atau budaya dalam globalisasi memiliki ciri khas di dalam menggerakan masyarakat melalui mobilitas sosial. Yang mampu melati batas-batas teritorial negara. Misalnya saja dalam perkmebangan lagu-lagu kebudayaan dan juga perkembangan tarian daerah pada saat ini seolah-olah sudah menjadi milik bersama.
  • Arus media, fakta terhadap galobalisasi, khususnya dalam media informasi memiliki tanda bahwa mobilitas informasi, sudah semakin mudah di dapatkan. Baik melalui media cetak ataupun melalui media elektronik. Apalagi media elektronik, pada saat ini misalnya untuk mengetahui pemenang pemilu di Amerika Serikat takalah cepat masyarakat Indonesia mendapatkannya.
  • Arus keuangan, fakta terhadap globalisasi utamanya dalam keuangan dalam globalisasi adalah arus keuangan, arus keuangan ini biasanya ditandai banyaknya investasi yang dilakukan oleh masyarakat di luar negri untuk berbagai pembangunan dalam masyarakat Indonesia.
  • Arus teknologi, dalam globalisasi biasanya ditandai dengan mobilitas teknologi, yang semakin menjadi-jadi sebegai proses perkembangan ilmu pengetahuan dan juga sebagai bentuk penjajahan dalam dunia digital.

Artikel Terkait;

  1. 6 Tantangan Globalisasi di Indonesia dan Contohnya
  2. 8 Permasalahan Sosial Akibat Globalisasi di Masyarakat dan Contohnya

Berdasarkan beberapa fakta mengenai globalisasi, dapat diketahui bahwa globalisasi tidak muncul dengan sendiri, artinya dalam pengematan yang dilakukan ada sejumlah tanda-tanda atau ciri-ccri suatu wilayah atau negara sudah mengalami globalisasi.

Tanda-Tanda Globalisasi

Adapun tanda terhadap globalisasi, antara lain adalah seperti berikut;

  • Berkembangnya infrastruktur telekomunikasi global.
  • Meningkatnya perjalanan dan turisme lintas negara.
  • Berkembangnya sistem keuangan global.
  • Meningkatnya aktivitas perekonomian dunia yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan multinasional.
  • Meningkatnya peran organisasi-organisasi internasional, seperti IMF, WTO, dan World Bank.
  • Meningkatnya perdagangan global.
  • Meningkatnya aliran modal internasional, seperti
  • investasi langsung luar negeri
  • Meningkatnya aliran data lintas batas seperti penggunaan internet, satelit komunikasi, dan telepon.
  • Meningkatnya pertukaran budaya, misalnya melalui Gambar 6.1 Penggunaan internet dalam masyarakat ekspor film-film Hollywood dan Bollywood.
  • Menyebarnya paham multikulturalisme dan semakin besarnya akses individu terhadap berbagai macam budaya.

Dari tulisan mengenai fakta globalisasi dan tanda-tandanya di atas, dapat dikatakan bahwa peranan globalisasi sudah menjelar di kehidupan manusia, yang mampu memberi pengaruh besar dalam perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat. Baik pengaruh yang membawa dampak negatif ataupun yang mampu memberikan pengeruhnya hingga memiliki dampak positif. Selengkapnya, baca; 100 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Serta Contohnya

Contoh Globalisasi di Indonesia

Contoh kasus mengenai fakta bahwa Indonesia sudah menggalami globalisasi misalnya saja adanya investasi yang dilakukan Amerika Serikat dalam menggelola tambang emas di Papua. Papua sebagai Pulau di Indonesia hampir sebagian besar untuk pertambangan emas di kelola oleh masyarakat asing, khususnya Perusahaan dari Amerika.

Dalam kasus ini ada dampak positif dan negatif yang diperoleh. Misalnya untuk dapat postif mengenai investasi yang menjadi ciri bahwa Indonesia sudah menggalami globalisasi ialah tersediannya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, adapun untuk dapat negatif mengenai globalisasi ini ialah penjajahan dan pengerukan hasil bumi Indonesia yang dipergunakan oleh perusahaan asing.

Contoh Globalisasi di Sekitar Kita

Contoh lainnya, yang menunjukan bahwa globalisasi pada dasarnya ada di sekitar kita ialah adanya fenomena beredarnya media sosial, seperti twitter, facebook, ataupun instgram. Perusahaan tersebut pada dasarnya cedenrung dari Amerika Serikat yang mampu mengubah pola komunikasi aau kontak sosial dalam masyarakat.

Dari yang dulunya, kontak sosial dilakukan dengan konvensional (silaturrahmi masyarakat) pada saat ini kontak sosial dan komunikasi sosial dilakukan dengan menggunakan teknologi. Tentusaja ada dapat negatif dan postif yang dia dapatkan. Oleh karena itulah sebagai masyarakat yang cerdas harus bisa memiliki filtrasi dalam upaya memberikan membentengi dari fakta globalisasi yang negatif. Selengkapnya, baca; Contoh Globalisasi dalam Berbagai Bidang

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai fakta globalisasi di indonesia yang ada disekitar kita. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkan referensi mengenai “Globalisasi”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *