Pengertian Etika Sosial, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Etika Sosial Adalah

Etika menjadi salah satu bahasan yang cukup penting dalam kehidupan manusia dalam kesehariannya. Kondisi ini tidak terlepas daripada peranan yang diberikan untuk dapat mengatur dan menjadi pengontrol dalam tindakan-tindakan yang menyimpang. Oleh karena demikianlah pada tulisan ini akan mengulas terkait dengan pengertian etika sosial, macam, dan contohnya.

Etika Sosial

Etika sosial lazim dikonseosikan sebagai Codes, yang artinya di dalam kehidupan manusia terdapat prinsip-prinsi berupa moral yang menjadikan kelayakan atau kepatutan yang berupa inegrasi dan kejujuran yang direfleksikan dalam kehidupan melalui sikap-sikap yang memang secara legalitas menjadi keyakinan pembenaran dalam lingkungan sosial bermasyarakat.

Oleh alasan demikian itulah etika sosial lazim menjadi salah satu pendoman untuk menjaga keteraturan sosial sehingga dalam kaidah inipula menjadikan etika memiliki arti pada pengaman nilai-nilai sosial di masyarakat.

Pengertian Etika Sosial

Etika sosial adalah keteraturan hidup yang dijalankan oleh seseorang/kelompok yang terkait dengan kehidupan dalam kesehrainnya berupa pergaulan dengan beragam contoh lingkungan sosial di sekolah, masyarakat, atau keluarga sehingga menjadikan hubungan sosial disini sesuai dengan visi dan misi yang diharapkan.

Pengertian Etika Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi ahli terkait dengan etika sosial, antara lain adalah sebagai berikut;

Usman Sunyoto (2012)

Definisi etika sosial adalah pengamalann yang dilakukan oleh seseorang akan nilai-nilai yang diyakini baik (terpuji), buruk (tercela) dan terpercaya sehingga atas tindakan tersebutlah memunculkan makna tersirat kepada pihak lain (seseorang/kelompok).

Macam Etika Sosial

Jenis etika sosial yang umumnya dikaji dalam bidang ilmu sosiologi, antara lain;

Etika dalam Kebijakan Publik

Pengertian etika dalam kebijakan publik adalah pembuatan aturan yang lazim dilembagakan dalam legalitas yang jelas sehingga memiliki tujuan untuk memecahkan masalah atu menjawab kebutuhan tertentu yang ada di masyarakat.

Etika dalam Kegiatan Sosial

Arti etika dalam kegiatan sosial adalah serangkaian tindakan akan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat yang di lembagakan untuk mencegah rusaknya tatanan sosial (social order) yaitu berupa sikap saling curiga, tindakan anarkis, atau mengamuk masa yang tentusaja itu semua menjadi keterancaman akan keberlangsungan hidup di masyarakat.

Contoh Etika Sosial

Adapun untuk mempejelasn akan adanya beragam contoh etika dalam kehidupan sosial yang muda ditemukan dalah kehidupan masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Kantor/Perusahaan

Untuk contoh etika sosial dalam kantor yang mudah ditemukan ialah adalah seorang karyawan di perusahaan swasta ataupun negeri yang diwajibkan untuk mempergunakan seragam tertentu, apabila tidak mempergunakannya otomatis ia akan diberikan hukuman yang berat berupa sanksi ataupun peringan.

Penggunaan seragam dalam kantor merupakan salah satu contoh nyata etika dalam kehidupan sehari-hari pasalnya kejadikan seperti ini sangat mudah untuk ditemukan.

Sekolah

Penerapan dalam contoh penggunaan etika sosial di sekolah/lembaga pendidikan juga demikian adanya, yaitu dilakukan dalam bentuk formal misalnya saja setiap Hari Senin, pelajar yang duduk di tingkat SD sampai dengan SMA diwajibkan untuk melakukan upacara, keadaan inilah menjadi salah satu gambaran nyata dalam penerapan etika.

Masyarakat

Sedangkan untuk contoh penggunaan etika dalam kehidupan bermasyarakat juga sangat terlihat ketika adanya seseorang yang berkunjung ke rumah orang lain yang melebih batas waktu, misalnya saja Jam 10 Malam tentusaja akan diperingatkan.

Meskipun kadang banyak yang masih melanggar akan tetapi perlu pula diingat bahwa kondisi semacam ini sanski yang diberikan biasanya ialah pengucilan bukan hukuman sebagaimana yang dilakukan di kantor/sekolah di atas.

Keluraga

Pernahkah bagi kita yang merakan bahwa ketika masih anak-anak kerapkali seseorang berangkat kesekolah mencium tangan kedua orangtua, proses yang mengambarkan mencium tangan kedua orangtua tersebut meruakan bagian daripada etika sosial yang ditanamkan orangtua kepada anaknya.

Kehidupan Sehari-Hari

Untuk contoh etika yang juga sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja;

  1. Makan mempergunakan tangan kanan
  2. Menyebrang di jalan melihat kiri dan kanan
  3. Tidak bermain ke rumah teman/pacar lebih dari jam 10 malam
  4. Ikut ronda atau gotong royong
  5. Dan lain sebaginya.

Nah, itulah tadi serangkaian penjelasan yang bisa dituliskan kepada pembaca terkait dengan pengertian etika sosial menurut para ahli, jenis, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembava sekalian. Trimakasih,

Daftar Sumber Tulisan
  • Usman Sunyoto. 2012. SOSIOLOGI Sejarah, Teori dan Metodologi. Pustaka Pelajar: Jogjakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *