Contoh Disintegrasi Bangsa dalam Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Contoh Disintegrasi Bangsa

Disintegrasi menjadi salah satu permasalahan sosial menakutkan bagi segenap bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia yang dikenal memiliki keanekaragaman budaya, suku, politik, dan karektristik masyarakat yang berbeda. Oleh sebab itulah dalam artikel ini akan membagikan contoh disintegrasi bangsa.

Disintegrasi

Disintegrasi adalah rusaknya persatuan dan kesatuan dalam masyarakat yang terjadi karena perbdaan kepentingan antara individu dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, ataupun indvidu dengan individu lainnya yang dapat menimbulkan beragam konflik sosial.

Faktor yang menjadi latar belakang rmunculnya disintegrasi ini sendiri dapat terjadi lantaran syarat interakasi sosial tidak terpenuhi sehingga dalam prosesnya hubungan masyarakat akan menjadi riskan dengan perpecahan, tingginya kriminalitas, dan fenomena menakutkan lainnya. Selengkapnya, baca; Pengertian Kriminalitas, Ciri, Penyebab, dan Dampaknya

Disintegrasi Bangsa

Pengertian disintegrasi bangsa adanya perpecahan yang terjadi antar masyarakat dalam negara berdaululat, baik secara de facto dan de jure. Kondisi inilah menjadi ancaman dalam pembangunan skala nasional, lantaran setiap orang memiliki komitmen tersendiri dalam pelaksanaannya.

Contoh Disintegrasi Bangsa

Adapun yang menjadi kasus tentang beragam contoh disintegrasi bangsa, antara lain sebagai berikut;

Indonesia

Contoh tentang disintegrasi bangsa yang pernah dialami Indonesia misalnya saja dalam PKI (Partai Komunis Indonesia) yang secara sengaja akan menjadikan Indonesia sebagai negara tanpa agama, padahal hal ini jelas-jelas merusak tatanan aturan termasuk mengingkari bunyi Pancasila pertama “Ketuhan yang Maha Esa”.

Masyarakat

Contoh lainnya mengenai disintegrasi bangsa yang terjadi dalam masyarakat misalnya saja adalah peperangan yang terjadi antara Suku Jawa dan Lampung yang pernah terjadi pada tahun 2016. Keadaan ini menimbulkan terkikisnya kebersamaan dalam masyarakat, padahal; sangatlah jelas Indonesia mengaunut asas Pancasila dan UUD 1945, yang secara keseluruhan di adopsi dari semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya

Politik

Contoh lainnya mengenai disintegrasi bangsa yang pernah dialami Indonesia ialah kasus tentang adanya tragedi Tahun 1998, yang pada saat itulah Indonesia dipimpin ole horde baru dengan pemerintahan Presiden Soeharto. Dalam hal ini, banyak masyarakat menuntut Presiden untuk turun dari jabatan yang telah diberikan, lantaran terjadi krissis moneter dan maraknya lagi peranan KKN dalam segala element lembaga pemerintahan, seperti DPR, MA, dan lain sebaginya.

Masa Kini

Contoh lainnya yang bisa diilustrasikan dalam disintegrasi bangsa pada saat ini ialah munculnya paradigm akan #GantiPresiden2019 dan #TetapJokowi. Pada saat ini seolah-olah ada dua golongan besar dalam masyarakat, yang mengaitkan segala bentuk nya dalam proses pemilihan presiden.

Apalagi dengan adanya kondisi ini, perpecahanan dan juga ketegangan masyarakat semakin memuncak, bukan hanya dalam media sosial akan tetapi pada kenyataannya timbul persepsi tentang kerusakan persatuan bisa menjadi ancaman bagi keberlangsungan Indonesia kedepan.

Awal Kemerdekaan

Contoh lainnya mengenai adanya disintegrasi bangsa yang pernah terjadi pada awal kemerdekaan misalnya saja adanya usulan untuk mengganti Indonesia sebagai Negara Islam yang dikenal pada waktu itu adalah NII (Negara Islam Indonesia).

Agama

Contoh lainnya mengenai adanya kasus tentang disintegrasi bangsa dalam persepetif Indonesia, bisa dilihat pada zaman tragedy di Poso, di Aceh Sangkil, ataupun terjadi di Papua, dengan perbedaan agama tanpa mengendepankan toleransi masyarakat saling menyerang satu sama lainnya.

Pernah Terjadi

Contoh mengenai disintegrasi bangsa yang pernah terjadi, misalnya dalam bidang politik atau pemerintahan, Tragedi ini baru-baru ini dirasakan oleh segenap masyarakat DKI Jakarta dan Indonesia, pada masa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Priode Tahun 2017-2021.

Dari serangkaian penjelasakan tentang contoh disintegrasi bangsa yang pernah terjadi dalam masyarakat Indonesia, dapatlah dipastikan bahwa segala macam perbedaan harus diatasi dengan penuh seksama dengan mengedepankan asas-asas hukum kebersamaan, dengan begitulah setiap masyarakat akan bisa menerima dan saling menghargai antar sesama.

Dampak Disintegrasi Bangsa

Adapun beberapa dampak yang diakibatkan dari disintegrasi bangsa ini, antara lain sebagai berikut;

  1. Rusaknya integrasi sosial, hal ini disebabkan setiap orang lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan umum
  2. Timbulnya konflik sosial, kondisi ini dilakukan sebagai akibat ketidakpuasaan antara masyarakat satu dengan lainnya
  3. Tidak tercapainya pembangunan nasional, fakta ini menunjukan bahwa disintegrasi bangsa akan menjadi polemik bagi masyarakat dan sistem pemerintahan yang ada
  4. Terkendalanya Interaksi Sosial, keadaan ini muncul lantaran masyarakat seperti berpetak-petak dalam melakukan proses komunikasi.
  5. Terganggunya Hubungan Sosial, fenomena ini terjadi dengan serangkaian akibat yang menajdi penyebab setiap golongan mementingkan peran dan kekuasaannya masing-masing.

Baca Juga;

  1. Contoh Komunitas yang Sering Ditemukan Dalam Keseharian
  2. Contoh Integrasi Sosial dalam Masyarakat Indonesia
  3. Contoh Konflik Sosial di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Demikianlah tulisan serta penjelasan mengenai pengertian dan contoh disintegrasi bangsa serta dampaknya. Semoga melalui penjelasan ini bisa memberikan wawasan dan pemahaman kepada segenap pembaca yang sedang membutuhkan. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *