Dampak Modernisasi di Masyarakat Indonesia dalam Bidangnya

Diposting pada

Akibat Modernisasi

Pada zaman sekarang merupakan zaman yang serba mudah dengan segala kemudahan akses. Zaman sekarang ini disebut dengan zaman milenial yang kemudian banyak ahli menyebutkan sebagai bagian daripada pengertian globalisasi dan modernisasi. Kemudahan akses serta berbagai macam kemudahan lainnya tertuang kedalamnya. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai dampak modernisasi bagi masyarakat Indonesia.

Modernisasi

Pengertian modernisasi adalah suatu bentuk serba modern atau meninggalkan cara kuno dalam penerapan hidup manusia di masyarakat yang dilakukan sebagai bagian daripada perubahan sosial secara dinamis. Namun perlu diingat bahwa secara harfiah ciri modernisasi tidak meninggalkan kodrat manusia sebagai makhluk sosial.

Dampak Modernisasi

Secara umum akibat terjadinya perubahan sosial yang mengakibatkan terjadinya perubahan hidup masyarakat akan senantiasanya menimbulkan dampak modernisasi, yang secara umumnya di Indonesia berbagai aspek, baik politik, ekonomi, pengertian budaya, iptek, dan lainnya. Berikut adalah penjelasannya;

Kemudahan Transaksi Keuangan

Di era modernisasi, dalam transaksi keuangan jauh lebih mudah dari pada zaman dahulu. Pada era 1980 an, orang mengirim uang menggunakan jasa kantor pos. Pengiriman uang menggunakan jasa kantor pos tersebut uang akan terkirim dari pengirim kepada penerima dalam hitungan hari. Pengiriman uang pun harus datang ke kantor pos pada hari dan jam kerja.

Ditambah lagi jika menggunakan uang menggunakan jasa kantor pos mendapatkan biaya tambahan berupa pembelian perangko guna mengganti tariff jasa pengiriman lewat pos. Namun pada era sekarang ini, pengiriman uang sudah dimudahkan melalui metode transfer. Metode transfer atau pemindah bukuan uang hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik dari pengirim untuk selanjutnya sampai kepada penerima.

Kelemahan metode transfer dalam transaksi keuangan adalah apabila transfer berbeda bank, akan dikenakan tarif sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Hal tersebut sama dengan apabila transfer melalui bank dimana kita tidak terdaftar dalam bank tersebut. Kita juga akan dikenakan biaya administrasi pengiriman uang sesuai dengan kebijakan bank tersebut.

Kekurangan lainnya menggunakan metode transfer dalam transaksi keuangan adalah apabila sinyal tidak mendukung pada bank tempat kita melakukan transaksi, sampainya uang dari pengirim kepada penerima bisa saja sampai dalam hitungan jam, namun tidak separah hingga hitungan hari. Baca jugaContoh Modernisasi dalam Masyarakat di Berbagai Bidang

Kecanggihan Produksi Industri

Dampak modernisasi selanjutnya bagi masyarakat Indonesia adalah kecanggihan produksi industri. Alat-alat produksi yang canggih mampu memaksimalkan proses produksi hingga industri dapat menghasilkan barang dalam jumlah banyak dalam hitungan hari. Dalam hal ini yang diuntungkan adalah pemilik industri tersebut.

Walaupun harga dari alat produksi industri yang canggih pasti sangat mahal, tetapi dengan penghasilan produk industri yang melimpah ditambah dengan pemasaran yang baik pasti akan menghasilkan pemasukan yang fantastis pula.

Kekurangan selanjutnya dari kecanggihan produksi industri dalam dampak modernisasi adalah pergantian tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Dalam hal ini PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) pada karyawan atau buruh lebih memungkinkan terjadi dalam kegiatan perindustrian.

Kemudahan Pengiriman Barang

Meskipun mengirim barang tidak seperti mengirim uang yang dalam hitungan detik akan sampai, namun pengiriman barang menjadi lebih mudah dengan adanya dampak modernisasi. Dahulu kala, pengiriman barang tidak dapat mencapai lokasi-lokasi yang tempatnya di pelosok negeri. Jadi apabila mengirim barang dari Kota ke daerah pelosok, barang tersebut hanya sampai ke pusat dari daerah pelosok tersebut.

Namun pada era ini menyebutkan bahwa teori modernisasi menyebabkan kemudahan pengiriman barang dapat menuju daerah-daerah yang terpencil di Indonesia melalui serangkaian ekspedisi yang disediakan oleh beberapa jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia.

Informasi Cepat Tersebar

Informasi kejadian berita berupa peristiwa kejahatan, politik yang memanas, demonstrasi, bencana alam, perubahan kebijakan dan lain sebagainya dapat tersebar dalam hitungan detik melalui media sosial. Pada zaman dahulu kala, orang jika ingin mendapatkan informasi harus menunggu sehari agar bisa mendapatkan informasi yang diinginkan melalui Koran harian.

Namun pada era modernisasi ini, orang akan mudah mendapatkan informasi dalam hitungan detik hanya memantau smartphone yang ada di genggaman. Kemudahan persebaran informasi tersebut mampu untuk memberi manfaat kepada masyarakat agar informasi yang didapatkan bisa bermanfaat untuk para pembaca informasi.

Kemudahan Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Pada zaman dahulu kala, untuk memperoleh ilmu pengetahuan hanya bisa didapatkan melalui sekolah, membaca buku di perpustakaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan instansi pendidikan. Namun pada era modern ini, untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan juga wawasan dapat diperoleh dari internet.

Jadi saingan kita dalam mencari ilmu pengetahuan bukan hanya orang terpelajar yang melek secara intelek saja, namun orang yang hanya tidur di rumah dengan memantau smartphone mereka dapat pula menjadi saingan kita karena kemudahan memperoleh ilmu pengetahuan tesebut.

Kemajuan Pertumbuhan Pembangunan

Dampak modernisasi yang selanjutnya yaitu kemajuan pertumbuhan pembangunan. Dengan kecanggihan alat berat dalam proses pembangunan maka memicu beberapa daerah untuk meningkatkan pembangunan. Tidak heran jika pembangunan-pembangunan di berbagai daerah sekarang ini tumbuh dengan pesat. Selengkapnya, baca; Dampak Pengangguran Terhadap Pembangunan Nasional dan Solusinya

Akses Semakin Mudah

Akses semakin mudah dengan adanya dampak modernisasi. Kita ambil contoh saja dari bidang transportasi. Transportasi adalah sarana untuk memindahkan atau melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Dalam kasus ini diibaratkan pada masa era awal 2000 an, anak SMA mayoritas berangkat ke sekolah menggunakan sepeda atau menggunakan angkutan umum seperti bus dan angkot.

Namun dengan kemudahan kredit sepeda motor memudahkan pembelian sepeda motor yang dilakukan orang tua untuk anaknya agar dapat dengan mudah, cepat, serta praktis dalam perjalanan ke sekolah.

Untuk siswa yang tidak memiliki sepeda motor juga dapat menggunakan jasa ojek online yang dapat diakses melalui smartphone. Ojek online pun lebih murah dalam hal tarif dan dapat menjemput posisi kita dimana saja. Tidak hanya ojek online, taksi online juga memiliki tarif yang lebih murah dan dapat menjemput kita dimana saja.

Jarak Dapat Ditempuh dalam Hitungan Jam

Pada era modernisasi seperti sekarang ini, dampaknya dalam menempuh jarak dari satu tempat ke tempat lain yang dahulu ditempuh dalam hitungan hari dapat menjadi hitungan jam saja. Sebagai contoh pada tahun 1960 an orang yang ingin melakukan perjalanan dari Semarang menuju ke Maluku hanya dapat dilakukan menggunakan Kapal Laut yang memakan waktu perjalanan sekitar 7 hari 7 malam.

Namun dengan banyaknya perusahaan yang menyediakan jasa penerbangan melalui pesawat terbang, perjalanan dari Semarang menuju ke Maluku via udara hanya dapat ditempuh dalam waktu 3 jam saja.

Memudahkan Manusia dalam Beribadah

Sebelum menjamurnya smartphone seperti sekarang ini, jika orang ingin sholat namun tidak tahu arah kiblat dan tidak memiliki kompas, yang dilakukan adalah melihat matahari atau melihat langit untuk menentukan arah mata angin agar mengetahui arah barat (kiblat).

Namun di era yang modern seperti saat ini, untuk menentukan arah mata angin cukup untuk melihat smartphone yang mana hampir semua smartphone sekarang memiliki fitur kompas di dalamnya untuk memudahkan manusia menentukan arah mata angin.

Memperkaya Sumberdaya Manusia

Dampak modernisasi dapat memperkaya sumberdaya manusia, seperti fenomena sosial diatas disebutkan bahwa saingan kita dalam mendapatkan informasi hampir semua orang karena kemudahan akses informasi tersebut. Jadinya sumberdaya manusia akan semakin diperkaya dengan ilmu pengetahuan.

Nah, artikel diatas merupakan materi atas contoh dampak modernisasi bagi masyarakat Indonesia dalam berbagai bidanya. Semoga melalui tulisan ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan para pembaca yang sedang mencari referensinya. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *