Contoh Toleransi dan Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Toleransi dalam Sehari-Hari

Beragam contoh konflik sosial di Indonesia seolah menjadi bukti bahwa nunsa tolerasi belum sepenuhnya melakat dalam kehidupan bermasyarakat. Padahal diakui ataupun tidak, sikap ini begitu penting adanya ketika berada dalam negara beranekaragam, baik budaya, agama, sosial, etnis, suku, dan lainnya yang menajdi fitrah Indonesia. Oleh karena itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang contoh sikap toleransi.

Toleransi

Pengertian toleransi adalah keadaan seseorang yang lebih mengutamakan kebersamaan guna menciptakan integrasi sosial dalam kehidupannya. Hal ini membuktikan bahwa perbedaan bukan menjadi kondisi yang menakutkan, sebab dengan adanya perbedaan tersebutlah bisa belajar saling memahami terutama saling bertukar pikiran.

Adapun secara istilah toleransi berasal dari Bahasa Arab “Tasamuh”, yang memiliki identik arti saling memahami diantaranya perbedaan yang tercipta, serta menghindari beragam bentuk perpecahan, seperti disintegrasi bangsa, disintegrasi sosial, dan dinamika kelompok sosial.

Contoh Toleransi

Sebagai penjelasan lebih lanjutnya, dalam artikel ini akan menuliskan kembali beragam contoh-contoh sikap toleransi, yang bisa diwujudkan dalam lingkungan sekolah, agama, keluarga, dan juga masyarakat. Tentusaja kejadian dari perwujutan sikap ini sebenarnya senantiasa dijalankan dalam keseharian.

Sekolah

Lembaga pendidikan memberikan dorongan untuk bersikap toleransi kepada orang lain, salah satu fungsi inilah setidaknya diterima seseorang dalam berbagai sisi kehidupannya. Misalnya saja penerapan sikap tolrenasi di sekolah bisa dijalankan ketika ada seorang anak dari Papua yang memilih untuk melanjutkan studi di Jawa.

Sebagai seorang perantauan yang berbeda kebiasaan serta gaya bicara, penerapan tolerasi disini sangat diperlukan, misalnya saja tindakan ini bisa diimplementasikan dengan wujud pemberian bantuan serta saling menyapa untuk memberikan dorongan terutama semabat dalam belajar. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Pendidikan, Bentuk, Fungsi, dan Contohnya

Pergaulan

Sisi pergaulan yang bisa menjadi salah satu perwujutan sikap toleransi dapat diberikan contoh misalnya saja ketika sedang menjalankan aktivitas untuk bertukar atau bermain di rumah teman. Pergaulan tersebut tidak membeda-bedakan agama, suku, dan budaya.

Hal ini setidaknya muncul lantaran perlunya interaksi sosial yang menjadi fondasi dasar pada hakekatnya manusia ini adalah sama. Yakni memiliki tangungjawab dalam memberikan stimulasi untuk menjaga perdamaian dalam setiap sisi kehidupan. Selengkapnya, baca;  Pengertian Interaksi Sosial, Ciri, Syarat, Faktor, dan Bentuknya

Agama

Pengamalan sikap tolerasi dalam agalam sangat diperlukan. Bahkan khusus di Indonesia sendiri, agama secara epesifik melahirkan lembaga yang berusaha mengakomodir dari segala bentuk hubungan kepada yang maha pencipta.

Adapun contoh sikap toleransi beragama misalnya saja ketika ada Gereja miliki Umat Kristiani yang sedang menjalankan Ibadah, maka dengan adanya kondisi inilah setiap Masjid juga mengumandangkan azan, tanpa adanya saling menganggu satu sama lainnya. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Agama, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Lingkungan Keluarga

Contoh penerapan lainnya, yang menjadi salah satu perwujutan sikap toleransi ialah dalam lingkungan keluarga, misalnya saja atas kondisi ini terjadi ketika Bulan Ramadhan, yang dijalakan oleh Umat Islam untuk seluruhnya melakukan ibadah Puasa.

Ada salah satu anggota keluarga yang perempuan sedang berhalangan untuk melakukan Puasa, dengan kondisi demikian seyoganya agar fungsi keluarga berjalan dengan baik, ia ketika makan menyadari serta memilih menyendiri dengan tidak menggoda anggota kelarga yang lainnya. Apabila keadaan ini dilakukan, maka sama saja menghndari adanya disorganisasi keluarga yang mampu membuat hubungan sosial serta interaksi sosial dalam keluarga terganggu. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Keluarga, Fungsi, dan Contohnya

Kehidupan Sehari-Hari

Contoh lannya yang berkaitan dengan tindakan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja saat sekolah, ada salah seorang yang beragama non-Islam, biasanya ia disuruh berada di luar kelas dengan tindak mendapatkan pelajaran yang bukan Agamanya. Kondisi ini selalu diterapkan pada institusi pendidikan di Indonesia, alasannya karena lembaga pendidikanlah sampai saat ini memiliki tanggungjawab penuh untuk memberikan penanaman sikap toleransi kepada sesamanya.

Islam

Adapun contoh toleransi yang umumnya diterapkan dalam Agama Islam, merujuk pada peristiwa madinah yang mana pada fase itu Islam tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama Islam, hal ini lantaran semuanya memiliki sikap penghormatan.

Akan tetapi batasan ini hanya dilakukan selama ia tidak menggu agama Islam, baik dalam utusan kenegaraan ataupun di dalam urusan penyebaran. Dan sampai saat inilah beragam kejadian tentang tolerasi Islam selalu melekat dengan semoyan “Rahmatal Lil Alamin”.

Masyarakat

Contoh lainnya mengenai penarapan toleransi di lingkungan masyarakat bisa dilihat dari berbagai kasus-kasus yang ada. Misalnya saja ketika ada tentangga yang memerlukan bantuan, maka sebagai insan yang beriman seseorang diwajibkan untuk menolong dengan tidak melihat perbedaan suku, budaya, ataupun agama.

Dari serangkaian penjelasan diatas, dapatlah disimpulkan bahwa contoh tindakan toleransi ini memiliki peranan dalam mengintegrasikan hubungan antar manusia, baik secara individu ataupun berkelompok. Oleh karena itulah setiap orang memiliki tangungjawab untuk melakukannya. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya

Perwujutan Sikap Toleransi

Adapun untuk penambah serta memperjelas tentang contoh toleransi, beberapa sikap di bawah ini secara sederhanya bisa digolongkan dalam toleransi. Antara lain;

  • Menolong dengan tidak mleihat latar belakang berbedaan
  • Memberikan kesempatan ibdah kepada umat lain
  • Melakukan penghormatan pada hari-hari besar agama lain
  • Tidak melakukan atau menjalankan paksaan atas kehendaknya untuk mengikuti segala bentuk keyakinan
  • Memberikan kesempatan berdoa kepada umat lain sesuai keyakinan yang dianutnya
  • Tidak membuka makanan di jalan ketika umat Islam sedang menjalankan Ibadah Puasa Romahdan

Demikianlah penjelasan tentang contoh-contoh sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam segi agama, masyarakat, ataupun saat sedang berada dalam lembaga pendidikan (sekolah). Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *