Contoh Stratifikasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Stratifikasi Sosial di Masyarakat

Dalam objek kajian sosiologi yang notabene berbicara mengenai fenomena yang ada dalam masyarakat, terdapat stratifikasi sosial. Adanya perbedaan status dan peran dalam masyarakat menyebabkan adanya stratifikasi sosial atau pelapisan. Selanjutnya, dalam artikel ini akan membahas contoh stratifikasi sosial dalam kehidupan.

Stratifikasi Sosial

Istilah stratifikasi berasal dari bahasa Latin, yang tersusun dari kata “stratum” yang berarti tingkatan. Maka, secara harfiah, yaitu tingkatan masyarakat dalam sebuah kehidupan sosial. Istilah umum dari stratifikasi sosial adalah pelapisan sosial.

Pengertian Stratifikasi Sosial

Pengertian stratifikasi sosial adalah pemisahan masyarakat kedalam kelompok tertentu berdasarkan kriteria atau sifat yang dibutuhkan. Stratifikasi sosial menempatkan kelompok atau individu dalam tingkatan yang berbentuk hierarki. Stratifikasi sosial dapat juga disebut sebagai pelapisan sosial. Selengkapnya, baca; Pengaruh Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial dalam Masyarakat

Dari penjelasan singkat mengenai stratifikasi sosial di atas, dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat terbagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan status dan peran yang dimiliki. Dalam stratifikasi sosial pun terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya;

Contoh stratifikasi berdasarkan sifat

Berikut ini beragam contoh tentang pelapisan sosial berdasarkan pada sifatnya, antara lain

Statifikasi sosial terbuka

  • Seorang pedangang bakso keliling yang sangat menekuni profesinya dengan sungguh-sungguh, sehingga ia dapat mengembangkan usahanya dan menjadi pengusaha bisnis bakso terkenal di daerahnya. Hal tersebut membuat kedudukan pedagang bakso menjadi naik.
  • Karena usaha yang gigih, anak seorang petani berhasil menjadi kepala polisi di daerahnya, sehingga kedudukan anak tersebut naik dari golongan stratifikasi bawah menuju stratifikasi sosial menengah.

Stratifikasi sosial tertutup

Sistem kasta yang membagi masyarakat Bali menjadi 4 golongan, yaitu; Sudra, Waisya, Ksatria, dan Brahmana. Di mana untuk berpindah ada kesulitan di dalam prosesnya.

Stratifikasi sosial campuran

  • Seseorang yang memiliki kasta tertinggi di Bali berpindah ke daerah luar bali. Dengan kata lain, kedudukannya berubah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  • Dalam sebuah masyarakat kedudukan sebagai kepala adat diharuskan diduki oleh kasta tertentu. Namun, dalam pemerintahan lain seperti bidang perokonomian atau militernya dapat diduki siapa saja yang dianggap layak tanpa melihat dari kasta mana ia berasal.

Stratifikasi sosial berdasarkan unsur status

  1. Ascribe status, kedudukan yang diperoleh melalui kelahiran.

Contoh:

  1. Seorang anak yang lahir dari keturunan raja dengan sendirinya ia sudah memiliki status sebagai bangsawan.
  2. Seorang Anak Agung (kasta tertinggi di Bali) yang mendapatkan kedudukan kasta tertinggi sejak ia lahir.
  1. Achived status, kedudukan yang diperoleh melalui kerja keras dan usaha.

Contoh:

  1. Seseorang dapat menjadi dokter setelah menyelesaikan kuliah di Fakultas Kedokteran dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang memerlukan usaha-usaha tertentu.
  2. Seorang penjahit baju dengan usahanya yang ulet dapat menjadi perancang busana terkenal.
  1. Assigned status, kedudukan yang diperoleh melalui pemberian.

Contoh:

  1. Karena telah berjasa melawan penjajah, para pejuang diberi pemberian berupa gelar pahlawan.
  2. Seorang kakek pintar menyembuhkan berbagai penyakit di desanya. Sehingga masyarakat di desa memberikan gelar “Ki” sebagai tanda bahwa kakek tersebut orang pintar.

Stratifikasi sosial berdasarkan penyebab

Contoh stratifikasi sosial berasarkan kekayaan

  1. Masyarakat desa menganggap orang yang memiliki luas tanah yang luas adalah orang yang terkaya di desanya dan memiliki kedudukan yang tinggi dalam strata sosial.
  2. Pemilik modal dalam suatu perusahaan memiliki kedudukan tertinggi, sebab tanpa ada penanam modal suatu perusahaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Contoh stratifikasi sosial berdasarkan kekuasaan dan wewenang

  1. CEO perusahaan dianggap memiliki kedudukan tertinggi karena memiliki tugas memimpin perusahaan dan memiliki tanggunjawab yang besar.
  2. Seorang mandor memiliki kedudukan tertinggi dalam suatu proyek karena segala arah pengerjaan ada pada arahan seorang mandor. Sehingga, apapun yang diarahkan oleh mandor haruslah dipatuhi.
  3. Kebijakan yang dikeluarkan oleh seorang Rektor harus dipatuhi seluruh civitas akademik kampus. Karena segala keputusan tertinggi ada pada Rektor.

Contoh stratifikasi sosial berdasarkan kehormatan

  1. Sultan Hamengkubuwono X adalah orang yang dihormati oleh masyarakat Yogyakarta karena beliau adalah seorang pemimpin dan memiliki darah keturunan raja.
  2. Juru kunci Gunung Merapi, mbah Marijan adalah orang yang sangat dihormati sebab atas jasa beliau sebagai juru kunci masyarakat percaya bahwa beliau telah menjaga stabilitas Gunung Merapi.

Contoh stratifikasi sosial bedasarkan pendidikan

  1. Dalam kehidupan kampus, kedudukan tertinggi dalam stratifikasi sosial. Sehingga, baik mahasiswi maupun pegawai menghormati seorang dosen.
  2. Bagi masyarakat pedesaan, orang yang mengenyam pendidikan perguruan tinggi (kuliah) merupakan sesuatu yang sangat luar biasa.
  3. Mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur dianggap sebagai sosok yang paham mengenai pengembangan infratruktur, sehingga ia ditempatkan sebagai perancang pembentukan proyek pembangunan infrastruktur dalam suatu proyek.

Stratifikasi sosial berdasarkan proses

  1. Contoh stratifkiasi sosial berdasarkan proses alami

Kepandaian siswa di kelasnya yang secara tidak sadar kepandaian tersebut telah  menjadikannya menduduki stratifikasi sosial atas.

  1. Contoh stratifikasi sosial berdasarkan proses buatan

Seorang politikus membentuk suatu partai politik yang bertujuan untuk mencapai apa yang menjadi cita-cita bersama. Secara langsung menjadikannya sebagai ketua partai dan kedudukan tersebut berada di tingkat stratifikasi sosial atas. 

Stratifikasi sosial bersadarkan klasifikasi

Ekonomi

  • Keberadaan pengepul bagi para pemulung menjadikan posisi pengepul berada di tingkatan stratifikasi sosial atas dari pemulung. Sebab, roda perekonimian tidak akan berjalan tanpa hadirnya pengepul.
  • Para buruh tani menggantungkan harapan kepada pemilik lahan sebab tanpa pemilik lahan, buruh tani akan kehilangan pekerjaan yang menjadi satu-satunya keahlian yang mereka miliki.
  • Kehadiran kebijakan dari World Bank menjadi salah satu acuan berbagai negara dalam menentukan kebijakan perekonomian negara. Sehingga, tolak ukur maju tidaknya suatu negara ditentukan oleh patokan yang telah dibuat World Bank.

Sosial

  • Kedudukan dukun pengobatan menjadi salah yang paling dihormati oleh masyarakat desa, sebab banyak masyarakat desa yang tingkat ekonominya kurang sehingga pengobatan alternatif melalui dukun pengobatan menjadi jalan terbaik dalam penyembuhan penyakit.
  • Menjadi seorang Pemangku (istilah pendeta dalam agama Hindu) dalam masyarakat Bali adalah kedudukan yang paling dihormati karena masyarakat menilai bahwa seorang Pemangku sangat mengerti kaidah-kaidah agama.

Politik

  • Kedudukan seorang presiden menempati stratifikasi sosial atas, sebab arah kendali negara berada di tangan presiden dan seluruh rakyat sudah seharusnya menghormati kebijakan yang dibentuk oleh Presiden.
  • Kedudukan UUD 1945 menjadi salahsatu dasar negara yang menempati stratifikasi sosial tertinggi di negara Indonesia dalam menetapkan kebijakan maupun peraturan yang dibuat oleh pemerintah.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat. Melalui tulisan ini semoga bisa menjadikan wawasan dan sumber inspirasi yang mendalam bagi para pembaca, terutama yang membutuhkan materinya. Terimakasih

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *