Contoh Kajian Sosiologi Politik di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Sosiologi Politik

Sosiologi politik merupakan wujud dari perkembangan ilmu sosial yang lebih baik dari pada sebelumnya. Sosiologi politik merupakan ilmu yang mempelajari tentang kekuasaan, pemerintahan, otoritas, kelembagaan negara, dan hal yang berkaitan dengan politik yang ada pada masyarakat. Adapun kajian dalam sosiologi politik antara lain pengertian masyarakat dengan partai politik, kebijakan pemerintahan, dan lain sebagainya. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini contoh kajian politik secara umum.

Sosiologi Politik

Pengertian sosiologi politik merupakan gabungan dari dua kata yang memiliki arti yang berbeda. Kata sosiologi memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang interaksi dalam masyarakat, sedangkan politik memiliki arti ilmu yang menuntaskan berbagai macam konflik dalam kehidupan anusia yang kemudian berkaitan dengan kekuasaan, pembentukan kebijakan, yang besuber dari peran nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

Pengertian Sosiologi Politik

Sosiologi politik merupakan suatu kajian yang berada dalam keilmuan sosiologi yang membahas terkait syarat interaksi sosial dalam masyarakat dengan permasalahan-permasalahan politik, misalnya dalam ruanglingkup pemerintahan, ideologi negara, dan lain sebagainya.

Pengertian Sosiologi Politik Menurut Para Ahli

Adapun pengertian sosiologi menurut para ahli dalam hal politik, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Tom Bottomoeve, Sosiologi politik adalah ilmu pengetahuan yang memberikan kajian dalam kelas sosial, lembaga politik, partai politik, politik global dan lokal, dan gerakan sosial di dalamnya.
  • Maure Dekveger, Sosiologi politik menurut Maure adalah ilmu pengetahuan yang memberikan kajian tentang kekuasaan terhadap kehidupan masyarakat.
  • Pitirim Sorokin, Sosiologi politik merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji hubungan antara manusia dengan kekuasaan, serta dampak yang ditimbulkan dari adanya hubungan tersebut.
  • Gordon Marshall, Sosiologi politik adalah bagian dari kajian sosiologi yang membahas sebab dan akibat dari adanya kekuasaan yang ada di dalam kehidupan masyarakat.
  • Rush dan Ahoff, Menurutnya, sosiologi politik merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan hubungan masyarakat dengan politik hingga pada akhirnya dapat mempengaruhi kehidupan yang ada dalam tatanan sosial masyarakat.

Ciri-Ciri Sosiologi Politik

Adapun ciri-ciri sosiologi politik adalah sebagai berikut:

  1. Empiris, Empiris memiliki makna bahwa sosiologi politik tidak timbul atas dasar prasangka maupun sikap menduga-duga dengan keadaan sosial masyarakat.
  2. Teoritis, Ciri-ciri ini memiliki pandangan bahwa sosiologi politik sebagai pengetahuan yang berdasarkan pada kajian teori yang ada dalam sosiologi dan ilmu politik.
  3. Logis, Dalam ciri-ciri ini, sosiologi politik merupakan kajian yang dapat ditangkap dengan akal sehat.
  4. Komulatif, Komulatif memiliki arti bahwa hubungan yang baik antara teori yang satu dengan yang lainnya, atau bantahan yang dapat disusun dari adanya teori yang sebelumnya.
  5. Nonetis, Dalam pandangan ilmu sosiologi tidak mempermasalahkan baik dan buruk suatu fenomena. Akan tetapi lebih kepada mendeskripsikan tujuan yang akan dijelaskan sesuai dengan kajian sosiologi politik.

Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Politik

Adapun ruang lingkup dalam kajian sosiaologi adalah sebagai berikut:

  1. Kekuasaan, Kekuasaan diperoleh melalui kajian dalam sosiologi politik yang dimana hal in dapat menarik partisipasi masyarakat untuk dapat memberikan kepercayaannya.
  2. Negara, Kajian sosiologi politik sangat penting dalam pembentukan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah negara. Hal ini bertujuan untuk melangsungkan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat negara.
  3. Partai politik, Dalam partai politik, terdapat interaksi antara individu maupun kelompok dengan masyarakat yang dimana partai politik memberikan pengajaran dan wawasan kepada masyarakat luas.
  4. Komunikasi politik, Komunikasi ini diberikan melalui kajian dalam memperoleh kekuasaan.

Contoh Kajian Sosiologi Politik

Adapun contoh kajian sosiologi politik secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan survei terkait elektabilitas calon dalam pemilihan umum yang dilakukan oleh lembaga survei, yang memiliki tujuan untuk mengerahui kepuasan mayarakat dengan layanan pemerintah saat ini.
  2. Kampanye hitam yang dilakukan oleh beberapa tim sukses calon penguasa dengan tujuan menjatuhkan pihak lawan.
  3. Adanya panggung bebas bicara pada saat car free day dengan tujuan memberikan masukan serta kritik terhadap pemerintah.
  4. Adanya money politics yang dilakukan oleh oknum calon pemimpin dengan tujuan untuk memperoleh suara dari masyarakat.
  5. Penyebaran berita palsu yang saat ini sedang ramai disaat waktu berkampanye telah dimulai.
  6. Adanya aksi unjuk rasa akibat diadakannya kebijakan mengenai pembatasan dalam memberi masukan terhadap pemerintah dan dewan perwakilan masyarakat.
  7. Partai oposisi yang saat ini sedang beramai-ramai menajtuhkan citra lawan, agar dapat memenangkan calon yang mereka usung.
  8. Partai politik yang beramai-ramai membentuk suatu koalisi demi mewujudkan pemilihan umum yang bebas dari konflik.
  9. Banyaknya spanduk dan baliho yang terpasang di pinggir jalan saat mendekati waktu kampanye pemilu.
  10. Penyalahgunaan kekuasaan dalam menggunakan fasilitas negara untuk menunjang kebutuhan pribadi.
  11. Melaksanakan kegiatan pemilihan Presiden BEM di salah satu universitas, sebagai bentuk partisipasi dalam ranah politik.
  12. Menjadikan pemilihan umum sebagai ajang menunjukkan kualitas diri agar banyak memperoleh suara.
  13. Adanya polemik partai Tuhan dengan partai setan, terkait dengan keberpihakan partai politik terhadap pemimpin.
  14. Banyaknya media massa yang memberikan pemberitaan namun di dalamnya terdapat keberpihakan pada satu calon pemimpin.
  15. Kampanye sebagai ajang pencarian simpati dari masyarakat luas dengan berbagai pencitraan yang dilakukan oleh beberapa calon.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kajian sosiologi politik secara umum. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘sosiologi politik’. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *