Contoh Sistem Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Sistem Sosial dalam Kehidupan sehari-hari

Berbicara mengenai sistem sosial, tentu saja sejatinya tidak akan lepas dengan adanya hubungan sosial atau keterkaitan yang ada dalam masyarakat, karena sistem merupakan hubungan yang saling memiliki ketergantungan sosial antara bagian yang satu dengan lainnya, sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh. Di dalam sistem sosial terdapat individu-individu yang saling berinteraksi dan juga saling berhubungan, sehingga akan menciptakan suatu contoh hubungan sosial.

Sistem Sosial

Sistem sosial adalah serangkaian konsep yang paling umum digunakan dalam menjelaskan dan mempelajari hubungan manusia di dalam suatu contoh kelompok primer atau kelompok skunder dalam organisasi sosial. Dalam hal ini manusia sebagai anggota masyarakat merupakan individu-individu yang saling bergantungan, sehingga mencipatakan interaksi antar individu berkembang berdasarkan standar penilaian dan kesepakatan bersama yaitu berpedoman pada norma-norma sosial merupakan dasar dari terbentuknya sistem sosial.

Contoh Sistem Sosial

Untuk lebil dapat memahami lebih jauh mengenai sistem sosial, terdapat beberapa contoh adanya sistem sosial yang ada di dalam kehidupan sehari-hari yaitu adalah sebagai berikut;

  1. Keluarga

Lembaga keluarga merupakan sistem sosial yang paling dasar yang terdapat dalam masyarakat. Di dalam keluarga, seluruh anggota keluarga selalu melakukan berbagai macam kegiatan. Ada sebuah ketergantungan disana, yaitu antar anggota keluarga selalu membutuhkan satu dengan yang lainnya, sehingga membentuk sistem sosial dalam keluarga.

  1. RT atau Rukun Tetangga

RT atau Rukun Tetangga merupakan sistem sosial yang paling bawah dalam susunan pemerintahan di desa, atau satu tingkat diatas keluarga. Di dalam RT atau Rukun Tetangga, warga yang terdapat dalam RT tersebut, selalu melakukan interaksi antar tetangga yang mana salah satunya adalah dengan mengadakan pertemuan rutin antar warga, arisan, ronda.

  1. RW atau Rukun Warga

Sama halnya dengan RT atau Rukun Tetangga, RW atau Rukun Warga merupakan salah satu sistem sosial yang ada di dalam masyarakat. RW atau Rukun Warga juga merupakan susunan pemerintah di bawah desa. Namun RW atau Rukun Warga cakupannya lebih luas dibandingkan dengan RT atau Rukun Tetangga.

  1. Desa

Desa merupakan salah satu sistem sosial yang ada di dalam masyarakat. Desa adalah suatu unit pemerintahan yang paling dasar dalam suatu daerah. Desa tentu saja membutuhkan warganya dalam menjalankan berbagai bentuk kegiatan. Selain itu, untuk membangun desa diperlukan kontribusi dari semua pihak serta warga tersebut.

  1. Kecamatan

Kecamatan merupakan salah satu sistem sosial yang ada dalam masyarakat, terutama dalam pemerintahan. Kecamatan merupakan unit pemerintahan yang lebih luas dari Desa. Pelayanan yang ada di kecamatan biasanya harus mendapat keterangan dari desa terlebih dahulu.

Desa dan kecamatan mempunyai hubungan atau syarat interaksi sosial yang berkaitan dengan birokrasi pemerintahan yang ada, karena mereka saling memiliki ketergantungan satu sama lain.

  1. Sekolah

Sekolah merupakan salah satu bentuk sisitem sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat, terutama di lembaga pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan untuk mencerdasakan kehidupan bangsa dan negara.

Sekolah terdiri dari guru, murid, petugas TU, karyawan yang semuanya memiliki peran masing-masing dan saling berhubungan untuk membentuk suatu kesatuan.

  1. Komunikasi

Komunikasi merupakan salah sebuah sistem yang ada dalam masyarakat. Adanya komunikasi tentu saja akan terjadi interaksi antara individu yang satu dengan yang lainnya. Komunikasi dalam sistem sosial mempunyai fungsi sebagai tempat untuk bertukar informasi, bersosialisasi, berdiskusi dan lain sebagainya yang melibatkan individu lain.

  1. Kerja bakti

Kerja bakti merupakan salah satu sistem sosial yang ada dalam amasyarakat. Kerja bakti tersebut ialah kegiatan antar warga yang dilakukan untuk melakukan kegiatan bersama-sama untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Kerja bakti biasanya timbul karena ada inisiatif dari warga maupun karena perintah dari atasan.

  1. Ronda

Ronda adalah salah satu contoh konkrit adanya sebuah sistem sosial. Ronda merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh warga guna menjaga lingkungan tempat tinggal agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Ronda tersebut biasanya dilakukan di malam hari.

  1. Gotong royong

Gotong royong merupakan kegiatan yang sering dilakukan di lingkungan masyarakat sama halnya dengan kegiatan kerja bakti. Gotong royong juga merupakan sistem sosial yang ada di dalam masyarakat. Gotong royong dilakukan karena adanya rasa saling bergantung antar warganya.

  1. Musyawarah

Musyawarah merupakan salah satu sistem sosial yang ada di dalam masyarakat. Musyawarah sering terjadi dalam kegiatan di suatu daerah ataupun contoh kelompok sosial masyarakat. Musyawarah mufakat dilakukan dengan cara melakukan pertemuan antar warga untuk pengambilan keputusan bersama.

  1. Arisan

Arisan sering kali kita temui yang dilakukan oleh ibu-ibu di dalam masyarakat. Arisan merupakan sebuah sistem sosial yang ada di masyarakat. Arisan termasuk ke dalam sistem sosial karena arisan tentu terdapat interaksi antara individu dengan individu lain.

  1. Politik

Sistem sosial menggambarkan suatu interakasi atau realitas sosial yang ada di masyarakat, sedangkan politik menggambarkan hubungan antara masyarakat dengan pemerintah yang mengatur sebuah kebijakan maupun kekuasaan. Antara sistem sosial dan politik ini keduanya saling berkaitan, karena politik merupakan salah satu sub dari sistem sosial.

  1. Hukum

Sistem dalam lembaga hukum merupakan cerminan dari sistem sosial di dalam masyarakat dengan cakupan yang lebih luas. Hukum merupakan sub dari sistem sosial yang ada di masyarakat. Hukum ada karena adanya proses timbal balik.

Proses timbal balik tersebut akan mempengaruhi keputusan hukum untuk dikaji karena hukum tidak bisa lepas dari adanya sistem sosial.

  1. Agama

Agama merupakan salah satu sub dari sistem sosial. Agama mengatur hubungan antara manusia dengan tuhannya maupun antar sesama.  anyak masyarakat yang menganut agama dan kepercayaan yang berbeda, namun hubungan antar umat beragama harus saling terjaga. Adanya hubungan tersebut akan menciptakan sebuah sistem sebagai masyarakat sosial.

  1. Masyarakat dan pendidikan

Masyarakat dan pendidikan merupakan satu kesatuan yang memiliki keterkaitan. Masyarakat dan pendidikan adalah sebuah sistem sosial yang saling berkaitan.

Masyarakat yang maju dan modern adalah masyarakat yang di dalamnya terdapat suatu tingkat pendidikan yang maju dan modern. Masyarakat yang kurang memerhatikan pendidikan tentu akan mengakibatkan masyarakat tersebut tertinggal dari yang lain.

  1. Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu sub dari sistem sosial yang melakukan kegiatan perekonomian di masyarakat seperti jual beli. Lembaga ekonomi merupakan salah satu sistem yang bisa memberikan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat.

Ekonomi juga merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh berbagai negara, yang salah satunya adalah Indonesia. Salah satu pilar penunjang kemajuan Indonesia adalah kegiatan ekonomi yang ada.

  1. Budaya

Sistem sosial dalam unsur budaya adalah bentuk dari totalitas nilai, tata sosial, serta tingkah laku masyarakat sebagai upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang berbangsa dan bernegara.

  1. Kehidupan di Penjara

Kehidupan dipenjara merupakan salah satu contoh sistem social. Kehidupan di penjara masuk ke dalam sistem sosial dikarenakan individu yang ada di dalamnya melakukan suatu interaksi dengan yang lainnya sehingga terbentuk suatu sistem sosial.

  1. Tawar menawar

Tawar menawar merupakan salah satu contoh sistem sosial yang ada di dalam masyarakat. Kegiatan tawar menawar ini biasanya dilakukan oleh penjual dan pembeli. Kegiatan tersebut mengakibatkan terjadinya sebuah interaksi yang saling bergantung.

Nah. demikianlah serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan contoh-contoh sistem sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *