9 Contoh Perubahan Sosial di Masyarakat Yang Umumnya Terjadi Lengkap

Diposting pada

Contoh Perubahan Sosial di Masyarakat

DosenSosiologi.Com– Perubahan sosial menjadi aspek penting dalam kajian sosiologi, aspek ini dilandasi pada kodrat masyarakat yang bergerak dinamis (terus melaju) bukan bergerak secara statis (tetap). Dalam pekembangan masyarakat di Indoneia banyak sekali berbegai pentuk perubahan sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah tulisan ini akan memberikan contoh perubahan sosial di masyarakat.

).push({});

Contoh Perubahan Sosial Revolusi

Contoh perubahan sosial yang sifatnya revolusi atau mengganti seluruh aspek kehidupan dalam masyarakat. Misalnya saja dalam sejarah Indonesia, disaat merdeka masyarakat langsung melakukan perlawanan dengan penjajah, dan juga keturunan-keturunannya. Termasuk tata hukum, dirubah dengan sangat cepat untuk menyesuaikan dengan keinginan masyarakat.

Contoh Perubahan Sosial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Adapun sebagai contoh penutup, mengenai perbuahan sosial dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja ialah adanya cara berkomuniasi yang dilakukan, dalam tata kesopanan komunikasi sekarang sudah banyak mengelami perbahan sosial. Lantaran komunikasi sering bersifat individualis yang yang menghilangkan penghormatan dan sikap untuk hidup sendiri. Dampak ini tentusaja secara langsung akan mengurasi integrasi sosial dalam masyarakat.

Artikel Terkait;

  1. 6 Teori Perubahan Sosial Menurut Para Ahli dan Contohnya
  2. 18 Bentuk Perubahan Sosial dan Contohnya
  3. 11 Faktor Penyebab Perubahan Sosial Internal dan Eksternal

Dampak Perubahan Sosial

Dari penjelasan mengenai contoh perubahan sosial di masyarakat yang pada umumnya terjadi, seperti diatas. Dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial akan berdampak postif dan negatif. Dampak postifnya manusia akan lebih efesiensi dalam mengerjalan sesuatu hal. Sedangkan salah satu dampak negatifnya, perubahan sosial akan mengikis adanya norma dan nilai yang menjadi keteraturan sosial dalam masyarakat.

Artikel Lengkapnya, Baca; Dampak Perubahan Sosial

Meskipun demikian, sebagai manusia tak bisa menghindari perubahan sosial. Oleh karenanya cara mengtasi perbuahan sosial ini sangat diperlukan sikap filtralisasi kepada hal-hal yang akan berdampak buruk. Sikap ini seringkali juga disebut sebagai sikap kewaspadaan dengan hal-hal yang bisa membuat fatal.

Demikinalah tulisan mengenai beberapa contoh perubahan sosial di masyarakat Indonesia. Semoga dengan adanya pengulasan mengenai contoh-contoh perbahan sosial ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan pembaca mengenai “Perubahan Sosial”. Trimakasih,