Contoh Persaingan di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Persaingan di masyarakat

Persaingan diartikan sebagai sebuah pengertian kontak sosial dimana dua pihak atau lebih saling berkompetisi untuk meraih kemenangan tertentu. Kompetisi semacam ini akan terjadi apabila beberapa pihak menginginkan sesuatu yang sudah diidamkan sejak lama, menjadi perhatian umum, atau sesuatu yang jumlahnya terbatas. Seperti ribuan remaja yang bersaing agar masuk jajaran dua belas besar penyanyi idola. Adapun bentuk-bentuk persaingan dalam masyarakat memiliki beraneka faktor yang melatarbelakangi adanya persaingan tersebut. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini mengenai contoh persaingan secara umum di masyarakat.

Persaingan

Pengertian persaingan ialah suatu proses sosial ketika antar individu atau antar kelompok bersaing untuk mendapatkan sesuatu,tujuan, maupun keuntungan. Persaingan dapat dterjadi diantara tiap-tiap individu atau tiap-tiap kelompok dalam pengertian masyarakat.

Persaingan dapat terjadi dalam ruang lingkup yang sehat apabila teguh pada prinsip-prinsip sportifitas, namun akan masuk dalam ruang lingkup yang tidak sehat apabila menghalalkan segala cara bahkan sampai melakukan kekerasan.

Macam Persaingan

Adapun macam-macam bentuk persaingan adalah sebagai berikut:

Persaingan Bersifat Pribadi

Bentuk persaingan ini terjadi antara individu dengan individu lainnya yang memiliki tujuan pribadi yang sama, bersaing memperebutkan sesuatu yang diinginkan.

Persaingan Bersifat Kelompok

Bentuk persaingan ini terjadi antar beberapa contoh kelompok sosial yang memiliki tujuan sama, memperebutkan sesuatu dengan cara-cara sportif, bersaing secara sehat.

Persaingan Bidang Kehidupan

Bentuk persaingan ini terjadi dalam setiap bidang kehidupan dimulai dari sisi ekonomi, pendidikan, politik, sampai pada kebudayaan. Persaingan semacam ini dapat memacu individu maupun kelompok untuk berprestasi dan menimbulkan perasaan need for achievment.

Fungsi Persaingan

Fungsi persaingan dalam kehidupan secara universal digammbarkan sebagai bentuk distribusi atau pembagian komoditi yang jumlahnya terbatas kepada masyarakat. Dalam persaingan tertentu bisa menuntun pengaturan tingkah laku individu agar lebih baik, melakukan persaingan yang sehat. Persaingan dapat mendorong dan merangsang individu dan grup untuk lebih baik lagi.

Contoh Persaingan di Masyarakat

Adapun contoh bentuk-bentuk persaingan yang ada di masyarakat dalam keseharian, antara lain adalah adalah sebagai berikut;

Perlombaan 17 Agustus

Biasanya dalam memperingati hari kemerdekaan kita akan menjumpai banyak perlombaan yang diseenggarakan di kampung, sekolah maupun beberapa perusahaan. Dalam perlombaan akan terpilih juara 1,2, 3 maupun juara harapan. Tidak semua peserta akan menjadi juara, terdapat bentubentuk persaingan yang akan terjadi untuk memperebutkan sebuah kejuaraan.

Ujian masuk perguruan tinggi

Persaingan juga ditemukan dalam ujian masuk perguruan tinggi. Lolos dan terpilih melanjutkan studi pada pengertian lembaga pendidikan di perguruan tinggi, tidak hanya membutuhkan nilai tinggi tapi juga daya juang yang tinggi. Bagaimana para pendaftar akan bersaing, berlomba-lomba, agar dapat menempati satu dari sekian kursi terbatas yang disiapkan universitas.

Piala Dunia

Piala dunia merupakan pesta rakyat dimana club-club sepak bola sedang berlaga untuk merebut kemenangan. Club- Club sepak bola di seluruh dunia saling berebut untuk menjadi juara dan memenangkan piala dunia. Dalam perebutan piala dunia ini club- club sepak bola saling bertanding, saling bersaing satu dengan lainnya dengan ketat.

Kekerasan

Kekerasan merupakan salah satu contoh buah hasil dari persaingan. Kekerasan biasanya digunakan sebagai jalan terakhir apabila konflik terjadi dalam suatu persaingan sengit antar individu atau kelompok. Kekerasan dalam kasus ini biasanya bersifat sengaja, dikarenakan oleh yang sesuatu hal yang cenderung masuk dalam kategori contoh penyimpangan sosial.

Memfitnah

Menfitnah dapat dikatakan sebagai unsur negatif yang seringkali muncul dalam berbagai persaingan. Memfitnah merupakan salah satu bentuk kontrovensi karena tidak sesuai dengan sebenarnya dan dapat menimbulkan perpecahan. Hal ini merupakan sebuah bentuk interaksi disosiatif.

Menghasut

Menghasut merupakan tindakan memengaruhi orang lain dengan persuasif, agar orang yang mendengarkan mampu mempercayai perkataannya. Tindakan ini bertujuan untuk merendahkan, menjelekkan, atau menjatuhkan nama baik seseorang.

Menipu orang lain

Menipu orang lain dalam sebuah persaingan merupakan satu bentuk tindakan curang yang hanya akan dilakukan apabila satu diantara lawan main tidak percaya diri dengan kemampuannya. Mengelabui orang lain agar dapat meraih kemenangan dalam persaingan.

Pembunuhan

Tak segan-segan sebuah persaingan berujung pada tindakan paling brutal, sekejam pembunuhan. Dalam sebuah persaingan yang tak sehat, seringkali seseorang berpikir untuk melakukan segala cara agar meraih kemenangan. Pembunuhan secara terencana merupakan salah satu contoh rencana kecurangan yang seringkali dilakukan.

Perlawanan rakyat terhadap penjajah

Negara yang terjajah biasanya tidak menginginkan negaranya terus terjajah. Akan dilakukan upaya-upaya besar untuk bersaing dengan penjajah agar tidak lagi berhasil masuk dan menguasai wilayah negara. Perlawanan dari rakyat inilah yang merupakan salah satu contoh bentuk persaingan yang sifatnya nasionalistik.

Bullying

Kasus bullying merupakan tindakan yang tidak menyenagkan terhadap seseorang yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Akhir- akhir ini bullying sering memakan korban. Tindakan bullying dilakukan dalam persaingan sebagai cara untuk mematikan karakter dan mental lawan, biasanya menyerang tema inti seseorang, dan memunculkan kurangnya kepercayaan diri seseorang dan perasaan dendam.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh-contoh persaingan secara umum di masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘persaingan’. Terimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *