12 Contoh Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia Lengkap

Diposting pada

Contoh Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia

Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu aspek penting yang harus dilakukan oleh setiap negara di dunia, baik negara maju ataupun karakteristik negara berkembang. Negara-negera di dunia berlomba-lomba melakukan pemberdayaan dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk di Indonesia. Dan berikut inilah berbagi contoh pemberdayaan masyarakat yang di nilai berhasil di Indonesia.

Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat adalah gerakan yang tetap mengamanatkan tentang pentingnya makna power (kekuatan), dan penekanan keberpihakan kepada the powerless (masyaraat). Hal ini mengindikasikan bahwa semua pihak perlu diberikan peluang untuk mengaktualisasikan eksistensinya dalam mengaplikasikan segala ide-ide yang berisfat keratif dan inovatif. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya

Pengertian Pemberdayaan Masyarakat

Berbegai ulasan mengenai definisi pemberdayaan masyarakat juga dikemukakan oleh para ahli. Antara lain adalah sebagai berikut;

Daulay (2006)

Pengertian pemberdayaan masyarakat adalah upaya gerakan nyata dalam kehidupan masyarakat untuk mendorongnya sehingga memiliki  posisi tawar yang berkulitas. Posis tawar ini akan berpengaruh pada kondisi masyarakat yang berpengaruh pada peluang terjadinya partisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.

Slamet (2003)

Definisi pemberdayaan masyarakat adalah kondisi mementuk sistem masyarakat yang mandiri, kemandiarian ini dihasilkan dari melihat kesempatan serta mengambil keputusan bersama untuk membangun kreatifitas dan sikap inovatif dalam masyarakat.

Robinson (1994)

Menurutnya, pengertian pemberdayaan adalah proses ketertindakan yang dilakukan secara pribadi dan sosial, dalam mengakutulisasikan kepentingan bersama dalam nilai yang lebih kompetensif dengan masyarakat lainnya. Sehingga dapat menunjang segala kebutuhan.

Sumardjo (1999)

Arti pemberdayaan masyarakat adalah sikpa yang dilakukan masyarakat untuk mengelola, mengatisipasi, serta melakukan tindakan yang postif dalam proses perubahan sosial yang berkembang. Sikap ini haruslah di dukung dengan tindakan dalam bentuk kemandirian setiap masyarakat.

Dari penjelasan mengenai pengertian pemberdayaan masyarakat di atas, dapat dikatakan bahwa pemberdayaan adalah suatu proses “empowerment of the powerless” yang merupakan gerakan pembebasan yang di lakukan dalam kondisi masyarakat yang terkuasai oleh penguasa untuk membebaskan pengekangan yang mereka rasakan dalam aspek ekonomi, ideologi, politik, sistem pengetahuan dan religi.

Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Banyak contoh-contoh kasus dalam pemberdayaan masyarakat yang ada di Indonesia, contoh ini terdiri dari berbagai aspek. Baik ekonomi, politik, pendidikan, budaya, ataupun di dalam aspek religi (agama) dan sistem pengetahuan.

Pendidikan

Contoh pemberdayaan masyarakat yang teradi di Indonesia dalam pendidikan, misalnya saja terdirinya “Kampung Inggris” di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kampung ini sebenarnya adalah desa biasanya pada awal terbentuknya, tidak mengenal sama sekali Bahasa Inggris yang berkembang disana.

Dalam perjalannyanya Nama Kampung Inggris di pelopori oleh Mr Kalen. Sebagai pendiri sekaligus pionir tempat kursus di Kampung Inggris. Mr. Kalen yang pendiri BEC (Besic Ingglish Crose) melakukan pemberdayaan masyarakat di desa, dengan cara mengedukasi waragnya untuk memberikan pendidikan gratis.

Hingga ahkhirnya kondisi keberadaan kampung inggris ini menjadi tempat penunjang masyarakat yang ada di seluruh Nusatara untuk belajar di Pare. Baik masyarakat yang ingin mencari pekerjaan, masyarakat ingin melanjutkan pendidikan, dan lain sebaginya. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Pendidikan, Bentuk, Fungsi, dan Contohnya

Ekonomi

Contoh lainnya dalam pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi juga berhasil dilakukan di wilayah perkampungan. Khususnya di daerah Magelang. Wilayah ini berada di Jawa Tenggah, dengan sistem pemberdayaan masyarakat yang dilakukan yakni dengan mengajarkan masyarakat untuk mengelola blog serta menulis konten-konten yang berkualitas.

Pionir atau pendiri Kampung Blogger ini adalah Sumbodo Malik salah satu Alumni Univeritas ternama di Jakarta. Ia dengan tekun mengejarkan kepada masyarakat untuk melakukan pemberdayaan dengan mendapatkan hasil dari Google Adsen, berjualan online, dan lainnya sebaginya.

Tujuannya ialah untuk mendingkatkan perekonomian dan pendapatan bagi masyarakat disana. Langkah pemberdayaan masyarakat yang dilakukan, khususnya dalam bidang ekonomi ini dinilai berhasil di Indonesia, lantaran banyak pihak yang berduyun-dutun datang ke sana untuk mendapatkan penghasilan dari dollar. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Ekonomi, Kegiatan, Fungsi, dan Contohnya

Wisata

Contoh lainnya mengenai pemberdayaan masyarakat di bidang wisata juga banyak dilakukan di Indonesia. Salah satunya berdirinya Kampung Warna Warni di Kota Malang, Jawa Timur. Kampung ini menjadi begitu terkenal karena ciri khasnya sebagai tempat paling indah untuk berselfie.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ini lebih didasari pada lingkungan desa yang awalnya kumuh. Dengan giat pemerintah daerah bekerjsama dengan Cat Tempak Avitex menciptakan kondisi dan indah, sebagimana dengan membingkai rumah-rumah tersebut.

Pada akhirnya sampai saaat ini kampung warna warni menjadi salah satu kampung yang paling dinilai berhasil dari pengembangan keratifitas warga, untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan megembangan ide, seperti berjualan, sofenir, dan lain sebaginya.

Sistem Pengetahuan

Perkembangan di dalam globalisasi pada saat ini tidak terbatas lagi. Pengertian globalisasi ini identik dengan berkembang pesat masyarakat, kemudian kondisi ini mendorongan salah masyarakat di Indonesia khususnya masyarakat di Purbolinggo mendirikan sistem pengetahuan dalam menambah penghasilan dengan mendirikan “Kampung Marketer”.

Kampung marketer adalah salah satu nama kampung yang ada di Purbolinggo, dengan cara berjualan online kampung ini berhasil mendirikan salah satu pemberdayaan masyarakat yang memiliki nilai untuk berjualan secara online. Pioner dalam pendirian kampung ini sendiri adalah alumni dari STAN (Sekolah Tinggi Akuntasi negara).

Agama

Agama juga menjadi salah satu apek penting dalam pemberdayaan masyarakat, contohnya saja untuk kasus ini banyak dilakukan oleh Pondok Pesantren di Indonesia, dengan sistem pendidikannya ia mampu bertahan dan menumbuhakan kayakinan, bagi masyarakat yang beragama Islam. Selengkapnya, baca; Pengertian Lembaga Agama, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Kesehatan

Contoh lainnya, mengenai pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan juga dilakukan oleh salah satu Pendiri Bank Sampah. Sampah yang menjadi masalah klasik utama di Indonesia bisa di tukarkan dengan berobat gratis bagi masyarakat.

Secara tidak langsung pemberdayaan masyarakat ini dinilai berhasil lantaran banyak pihak yang memandang positif. Pendiri dalam pemberdayaan kesehatan dengan cara memindahkan funsgi sampai dengan kesehatan adalah Alumni dari UB (Univeritas Brawijaya).

Pertanian

Indonesia sebagai negara agraris memiliki berbagai keunggulan dalam bidang pertanian, keunggulan ini kemudian dilakukan pemberdayaan masyarakat, salah satu contohnya ialah dengan adanya tanaman hidropinik yang dilakukan oleh salah satu oragnisasi “Petani Muda”. Organsiasi ini memberikan solusi di wilayah perkotaan untuk tetap membuat tanaman-tanaman yang berkualitas.

Budaya

Contoh pemberdayaan masyarakat di bidang sosial dan budaya, juga banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Baik secara individu atau kelompok sosial. Contohnya saja dalam hal ini ialah pendirian sangar tari ilalang yang ada di Wilayah Jawa Timur, tepatnya di Kota Surabaya.

Dari serangakaian contoh pemberdayaan masyarakat di Indonesia diatas, dapat dikatakan bahwasanya pemberdayaan sangat penting dilakukan oleh semua pihak yang ingin memajukan daerah-daerahnya. Cara yang bisa dilakukan salah satunya yakni dengan proses pemberdayaan kolektif untuk meningkatakan produktifitas dalam masyarakat.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Komunitas, Bentuk, dan Contohnya
  2. “Perubahan Sosial” Pengertian, Proses, Teori, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya
  3. Pengertian Kesenjangan Sosial, Dampak, dan Contohnya di Masyarakat

Demikianlah tulisan mengenai contoh pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Semoga dengan adanya serangkaian tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari ide atau materi tentang “pemberdayaan masyarakat”. Triamkasih,

4 (80%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *