Contoh Nilai Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Nilai Sosial di Masyarakat

Nilai sosial lahir sebagai bagian dari kebutuhan manusia sebagai mahluk sosial yang diciptakan serta disepakati bersama demi mencapai ketentraman serta kenyamanan dalam hidup. Aturan itu yang dipakai sebagai tolak ukur, anggapan, serta keyakinan perihal apakah itu baik atau buruk. Lebih jauh, dalam artikel ini membahas contoh nilai sosial dalam kehidupan.

Nilai sosial

Nilai sosial adalah suatu konsep abstrak yang ada dalam diri manusia. Bersifat abstrak karena tidak bisa dilihat hanya ada di dalam alam pikiran manusia, yang berfungsi untuk mengendalikan beragam kemauan masyarakat yang sifatnya dinamis sesuai dengan kondisi kelompok sosialnya.

Pengertian Nilai Sosial

Pengertian nilai sosial merupakan sesuatu yang dipandang baik, dicita-citakan, penting, serta berguna di dalam kehidupan manusia sesuai dengan kesepakatan atau ukuran masyarakat yang bersangkutan, sehingga diharpakan menjaga keteraturan sosial yang telah disepakati bersama.

Dari definisi sekilas tentang fungsi nilai sosial di atas, tentu saja secara umum dapatlah dikatakan bahwa setiap individu, kelompok, atau komunitas memerlukan seperangkat ukuran (nilai) untuk mengendalikan beragam keinginan anggotanya yang selalu berubah dalam berbagai situasi dan kondisi di era tersebut. Selengkapnya, baca; Ciri Nilai Sosial dan Contohnya Dalam Keseharian

Contoh Nilai Sosial

Sebagai gambaran tentang prinsip atau sifat dalam nilai sosial. Berikut inilah beragam contoh-contoh nyata mengenai kasus di dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

Masyarakat

Contoh nyata yang menjadi cerminan tentang kasus nilai sosial di masyarakat, ini misalnya saja tentang nilai yang telah mendarah daging dalam diri tiap masyarakat, yakni rasa ingin menolong. Ketika teman, tetangga, atau kerabat sedang kesusahan, bagaimana pun kondisi kita, pasti dalam diri ada keinginan untuk menolong mereka yang sedang kesusahan.  Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya

Sosial

Contoh lainnya tentang bentuk nilai sosial masyarakat dalam bidang sosial misalnya saja, tidak menyalip antrean, tapi menghargai antrean menjadi aturan yang harus dikuti sekaligus menjadi ukuran ketertiban seseorang dalam lingkungan sosialnya.

Selain itu, ada juga dengan mengembangkan rasa cinta terhadap sesama yang tidak terbatas oleh biologis sebagai manusia, tetapi kita juga harus bisa mencintai sesama.

Agama

Contoh lainnya, yang menjadi bagian daripada nilai sosial adalah agama, seperti bila ada orang yang malas untuk beribadah akan menjadi bahan gunjingan, sebaliknya jika seseorang tadi rajin beribadah dengan menyumbangkan hartanya demi kepentingan ibadah, maka ia akan dinilai sebagai orang yang pantas untuk diteladani.

Selain itu, kepatuhan seorang pemeluk agama, ia akan merasa berdosa apabila suatu waktu, baik sengaja atau tidak sengaja melanggar atau tidak mematuhi salah satu ajaran di dalam agamanya.

Ekonomi

Kasus nilai sosial dalam bidang ekonomi, bisa diambil contoh dari hal yang sederhana, yakni aktivitas jual-beli antara pembeli dan penjual. Dalam kegiatan ini, nilai kejujuran sang penjual sangat diperlukan, karena dalam masyarakat nilai kejujuran telah disepakati harus dilakukan dan dimiliki oleh setiap anggota di dalam aktivitas sosialnya.

Keluarga

Fungsi keluarga dalam contoh nilai sosial dilakukan atau disosialisasikan pada individu sejak dilahirkan ke dunia. Misalnya saja, orangtua mendidik atau mengajarkan pada anaknya tentang nilai adab dalam makan, di mana makan menggunakan tangan kanan atau sendok dan garpu.

Pendidikan

Contoh lainnya tentang masalah pendidikan yang menjadi bagian daripada nilai sosial ini misalnya saja, dalam proses belajar, peserta didik sejak awal telah ditanamkan tentang nilai bahwa melakukan aktivitas menyontek, tawuran, bolos sekolah adalah tindakan yang kurang baik untuk dilakukan.

Selain itu, seluruh peserta didik wajib berpakaian seragam lengkap dengan atributnya tanpa terkecuali ketika mengikuti upacara bendera atau datang ke sekolah.

Budaya

Contoh lainnya tentang adanya nilai sosial dalam bidang budaya ini misalnya saja, ketika televisi sudah masuk ke pedesaan dan banyak sinetron yang bisa ditonton, mengakibatkan pergeseran nilai kesopanan. Dulu, warga desa berpakaian normal, kini ikut latah berpakaian mini, seolah televisi telah mengklaim nilai kesopanan berpakain seperti itu benar dan telah disepakati

Pergaulan

Contoh nilai sosial dalam ranah pergaulan ini, seperti tidak membeda-bedakan teman yang berbeda kepercayaan, rupa, etnis, dengan cara berkawan dengan siapa saja tanpa pilih-pilih. Terkadang nilai ini masih ada kecacatan praksis di dalam masyarakat.

Kesehatan

Dalam pandangan atau kesepakatan bersama dalam masyarakat bahwa menjaga kesehatan adalah sesuatu yang wajib dan baik untuk dilakukan oleh setiap orang. Dengan cara rajin berolahraga, makan dengan waktu yang teratur, makan makanan yang bergizi bukan cepat saji, dan lain sebagainya.

Baca Juga;

  1. Macam-Macam Nilai dan Contohnya Menurut Ahli
  2. Pengertian Nilai Moral dan Contohnya dalam Keseharian
  3. Peran Nilai dan Norma Sosial dalam Sosialisasi dan Contohnya

Dari serangkaian penjelasan tentang contoh nilai sosial di masyarakat tersebut, secara umum dapat dikatakan bahwa manusia dalam kelompoknya akan selalu membutuhkan tolak ukur atau perangkat ukuran untuk mengatur dirinya dalam beragam kondisi yang dinamis ini.

Contoh Tindakan Nilai Sosial

Berikut inilah beberapa kasus nyata dalam nilai sosial di dalam masyarakat, antara lain tindakan seperti;

  1. Para relawan yang berangkat untuk membantu korban bencana alam, seperti sekarang ini yang terjadi di Lombok, juga masyarakat di seluruh Indonesia yang menyalurkan tangannya untuk saudara di Lombok
  2. Masyarakat di Negara Jepang sangat menghargai budaya malu, sehingga ketika berbuat salah, mereka rela mengakhiri hidupnya daripada hidup menanggung malu.
  3. Saat menggunakan transportasi umum, ada lansia atau ibu hamil yang tidak dapat kursi untuk duduk, dengan ikhlas kita memberikan mereka kursi kita untuk mereka duduk.
  4. Orangtua berpakaian rapi serta sopan saat hendak datang di sekolah atau menghadiri acara resmi di sekolah.
  5. Berdoa sebelum makan atau sebelum memulai suatu kegiatan sebagai cerminan masyarakat yang beragama dalam menerapkan nilai atau ajaran dalam agama.
  6. Menghormati seseorang yang lebih tua dan menghargai teman sebaya atau yang lebih muda
  7. Sebagai anak, kita harus mematuhi nasihat orangtua, karena itu demi kebaikan kita.
  8. Menjunjung hak asasi manusia, karena pada dasarnya manusia memiliki hak yang sama dalam kehidupan.

Demikianlah penjelasan tentang contoh nilai sosial dalam kehidupan masyarakat. Semoga lewat tulisan ini, bisa menjadikan wawasan dan sumber inspirasi yang mendalam bagi segenap pembaca, terutama bagi yang membutuhkan materinya. Terimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *