Contoh Masalah Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Masalah Sosial di masyarakat

Masalah sosial merupakan kajian penting dalam ilmu sosiologi. Masalah sosial berkaitan dengan keadaan yang tidak seimbang antara harapan, keinginan, dan cita-cita yang sebenarnya terjadi. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini ialah contoh masalah sosial di masyarakat.

Masalah Sosial

Pengertian masalah sosial adalah keadaan yang disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian antara cita-cita dan kenyataan yang terjadi dalam hidup bermasyarakat. Dampak adanya ketidaksesuaian tersebut adalah terjadinya beragam contoh penyimpangan sosial maupun disinteraksi sosial.

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial adalah keadaan yang dianggap memiliki latar belakang yang berseberangan dengan nilai dan norma yang mayoritas dijalani oleh masyarakat. Hingga pada akhirnya menimbulkan adanya bentuk perubahan sosial yang signifikan.

Pengertian masalah sosial menurut para ahli

Adapun pengertian masalah sosial menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Lesli, Masalah sosial merupakan keadaan yang berpengaruh dalam kondisional sisi kehidupan sosial akibat adanya masalah yang tidak diinginkan. Sehingga, membutuhkan tindakan dalam upaya mewujudkan sebuah solusi.
  2. Bulmer, Menurut Blumer, masalah sosial adalah situasi dan kondisi yang tidak diinginkan oleh masyarakat karena adanya paradigma kesalahan sosial yang tidak wajar.
  3. Arnold Rose, Masalah sosial merupakan situasi yang tidak diinginkan dan dianggap akan mempengaruhi keadaan masyarakat yang pada akhirnya kondisi tersebut membutuhkan sebuah solusi dalam menciptakan perubahan.
  4. Soetomo, Masalah sosial menurut Soetomo adalah suatu keadaan yang berbeda dengan kehidupan pada umumnya. Artinya keadaan seperti itu tidak diinginkan keadaannya oleh masyarakat, sehingga dapat menimbulkan gejolak sosial dalam masyarakat.
  5. Soerjono Soekanto, Masalah sosial merupakan ketidaksesuaian kehidupan dalam masyarakat akibat adanya pengaruh kebudayaan atau rutinitas yang terganggu. Sehingga mengakibatkan masalah sosial yang dianggap sebagai keadaan yang mengancam.

Berdasarkan penjelasan mengenai masalah sosial di atas, dapat disimpulkan bahwa masalah sosial merupakan suatu keadaan yang tidak kondusif, terjadi di dalam lingkungan masyarakat dan menimbulkan dinamika tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat.

Faktor Terjadinya Masalah Sosial

Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab masalah sosial, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Faktor Ekonomi, Masalah yang disebabkan oleh faktor ekonomi seperti kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya yang dimana masalah tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah.
  2. Faktor Budaya, Pengertian budaya yang berkembang dalam masyarakat dapat menimbulkan satu masalah sosial. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya adalah seperti perceraian, pernikahan usia dini, dan lain sebagainya.
  3. Faktor Biologis, Masalah sosial yang disebabkan faktor biologis antara lain gizi buruk, penyakit menular yang dimana hal tersebut dapat terjadi akiba kurangnya fasilitas kesehatan, kondisi ekonomi dan pendidikan yang kurang memadai.
  4. Faktor Psikologis, Fakor biologis muncul bila beban hidup yang dirasakan masyarakat terlalu bera, hingga menimbulkan stres dan luapan emosi yang berlebih.

Dampak Masalah Sosial di Masyarakat

Adapun dampak terjadinya masalah sosial yang terjadi di masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Adanya peningkatan pengangguran.
  2. Meningkatnya perilaku yang menyimpang.
  3. Terjadinya perpecahan kelompok.
  4. Meingkatnya kriminalitas dalam masyarakat.
  5. Terjadinya kesenjangan sosial.

Contoh Masalah Sosial

Adapun contoh-contoh masalah sosial di Indonesia yang mudah ditemukan dalam keseharian, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Kemiskinan yang keberadaannya meningkat di berbagai daerah.
  2. Perilaku seks bebas dalam pergaulan remaja semakin meningkat.
  3. Pengangguran yang merajalela akibat kurangnya lapangan pekerjaan.
  4. Peceraian yang terjadi di dalam sebuah keluarga.
  5. Penelantaran anak akiba adanya perceraian.
  6. Munculnya pemukiman kumuh akibat kurangnya penataan kota.
  7. Adanya jarak antara orang kaya dengan orang miskin.
  8. Munculnya kerusuhan yang dapat merusak berbagai faslitas umum.
  9. Meningkatnya lokalisasi prostitusi di berbagai daerah.
  10. Premanisme yang semakin meresahkan masyarakat.
  11. Meningkatnya keberadaan pengemis di berbagai daerah.
  12. Penggusuran rumah yang berdampak pada timbulnya pemukiman-pemukiman liar.
  13. Pencurian semakin merajalela.
  14. Pembunuhan dan perampokan yang sering terjadi di kota-kota besar.
  15. Menignkatnya jumlah orang gila akibat stress terhadap tuntutan hidup yang tidak terpenuhi.

Demikianlah penjelasan mengenai masalah sosial di masyarakat secara umum. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘masalah sosial’. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *