Contoh Kriminalitas di Masyarakat Indonesia dan Dampaknya

Diposting pada

Contoh Kriminalitas di Masyarakat

Kriminalitas adalah suatu pola tingkah laku yang dapat merugikan masyarakat berupa reaksi formal, informal, dan nonformal. Adapun perilaku ini secara tuntas dipelajari dalam kajian sosiologi kriminalitas yang mengkapkan tentang masyarakat dan lingkungannya. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini contoh kriminalitas di Indonesia dan dampaknya.

Kriminalitas

Kriminalitas merupakan tidakan yang dimana dalam segi perbuatannya melanggar berbagai bentuk hukum dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Sehingga dampak yang ditmbulkan adalah berupa pertentangan dari masyarakat.

Pengertian Kriminalitas

Pengertian kriminalitas merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh individu maupun dalam berbagam bentuk kelompok sosial yang dilakukan secara sadar  yang dimana tindakan tersebut telah melanggar nilai sosial, hukum dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Pengertian Sosiologi Kriminalitas Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kriminalitas menurut pandangan para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Kartono, Kriminialitas mencakup segala aktivitas yang tidak disetujui oleh masyarakat karena melanggar aturan agama, sosial, dan hukum, dan juga merugikan secara psikologis maupun ekonomis.
  2. Bonger, Kriminalitas merupakan perilaku antisosial yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar, yang dilakukan oleh individu, kelompok maupun dalam arti komunitas.
  3. Elliat, Menurut Elliat, kriminalitas merupakan tingkah laku atau tindakan yang melanggar hukum dan pelaku dapat mendapatkan hukuman berupa denda, kurungan penjara, dan hukuman mati.
  4. Sahetapy dan B. Mardjono Reksodipuro, Kriminalitas adalah perbuatan kejahatan yang dapat diberikan sanksi berupa pidana dan di kucilkan oleh masyarakat akibat melanggar norma-norma yang telah disepakati oleh masyarakat.

Jenis Kriminalitas

Tindak kriminalitas terbagi menjadi beberapa bagian, pembagian tersebut antara lain:

  1. Crimes without victims (dianggap perbuatan tercela)
  2. Organized Crime (kejahatan terorganisir, komplotan)
  3. White Collar Crime (dilakukan orang berstatus tinggi)
  4. Corporate Crime (kejahatan yg dilakukan atas nama organisasi formal utk menaikkan keuntungan)
  5. Blue collar Crime (dilakukan rakyat miskin karena ekonomi)

Contoh Kriminalitas

Adapun beberapa contoh kriminalitas di masyarakat Indonesia yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, beserta dengan dampaknya antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Kekerasan seksual terhadap anak usia dini yang dilakukan oleh Ryan Jombang, yang kemudian memutilasi para korbannya yang berdampak pada adanya penyimpangan maupun kekerasan seksual tidak dapat dihindari.
  2. Praktek prostitusi online yang dilakukan oleh Vanessa Angel dan beberapa artis yang terjerat kasus prostitusi. Yang akhirnya berdampak pada tingkat kriminalitas dan prostitusi semakin meningkat.
  3. Melakukan kejahatan berupa penipuan dengan alibi korban telah memenangkan undian berhadiah. Yang berdampak pada adanya korban yang tidak cermat akan mengalami kerugian besar akibat penipuan tersebut.
  4. Praktik pelecehan seksual yang sering terjadi di dalam transportasi umum di kota-kota besar. Yang berdampak pada adanya transportasi umum menjadi tidak nyaman lagi dan peminat penggunaan transportasi umum menjadi berkurang.
  5. Penyelundupan narkoba dibeberapa daerah. Yang berdampak pada rusaknya generasi muda akibat penyalahgunaan narkoba.
  6. Pemerkosaan secara bergilir yang menimpa seorang gadis remaja di beberapa kota besar. Yang berdampak pada adanya rasa mecederai psikologis remaja tersebut dan menyebabkan frustasi terhadap korban.
  7. Pembunuhan berencana yang dilakukan oleh sepasang kekasih terhadap mantan kekasih karena faktor dendam masa lalu. Yang berdampak pada keluarga korban merasa kehilangan dan para pelaku akan dikucilkan oleh masyarakat.
  8. Pengeboman yang dilakukan oleh satu keluarga di Surabaya beberapa waktu lalu yang bertujuan untuk menegakkan syari’at agama. Yang berdampak pada lingkungan masyarakat menjadi tidak kondusif dan menimbulkan keresahan dalam masyarakat.
  9. Korupsi yang dilakukan oleh beberapa oknum pemerintahan yang telah merugikan negara. Yang berdampak pada adanya pembangunan daerah tersebut menjadi terhambat dan menimbulkan dampak masalah sosial yang lain akibat tindakan korupsi tersebut.
  10. Pembegalan motor yang sering terjadi di daerah yang jauh dari penduduk pada malam hari. Yang berdampak pada hadirnya perasaan tidak aman saat berpergian pada malam hari dan merasa selalu waspada.
  11. Pembunuhan terhadap aktivis HAM sebagai upaya pembungkaman terhadap fakta yang ada. Yang berakibat pada hadirnya ketidakadilan terkait HAM akan terus terjadi di lingkungan masyarakat.
  12. Penipuan yang dilakukan salah satu agen perjalanan Haji dan Umroh. Yang berdampak pada Masyarakat menjadi tidak percaya untuk menggunakan jasa agaen perjalanan.
  13. Penghilangan dengan sengaja terhadap saksi kunci pada sebuah kasus yang dilakukan oleh beberapa oknum. Yang berdampak pada fakta yang diketahui oleh saksi kunci dari kasus tersebut tidak akan terungkap.
  14. Penggusuran secara paksa lahan penduduk yang akan dijadikan perkebunan sawit. Yang berdampak pada adanya penduduk setempat kehilangan tempat tinggal.
  15. Membayar seseorang untuk melakukan pembunuhan agar dirinya bersih dari jeratan hukum. Yang berdampak pada pembunuh bayaran tersebutlah yang menanggung seluruh hukuman dan mendapatkan perlakuan dikucilkan oleh masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kriminalitas di Indonesia dan dampaknya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘kriminalitas’. Terima kasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *