9 Contoh Komunitas yang Sering Ditemukan Dalam Keseharian

Diposting pada

contoh komunitas

Komunitas menjadi salah satu ciri khas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap individu secara langsung ataupun tidak selalu ikut berpartisipasi aktif dalam komunitasnya. Hal ini seringkali di dasari pada hakaket manusia yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itulah, sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan mengungkapkan beberapa contoh komunitas.

Komunitas

Istilah komunitas berasal dari Bahasa Inggris “Comunity” yang memiliki pandangan sebagai sekumpulan masyarakat untuk berintegrasi dan menyamakan persepsi satu sama lainnya. Padangan terhadap komunitas memiliki arti penting untuk mencipatakan tujuan kebersatuan. Selengkapnya, baca; Pengertian Komunitas, Bentuk, dan Contohnya

Pengertian Komunitas

Adapun definisi mengenai komunitas, diaungkapkan oleh para ahli. Antara lain;

Fairi

Pengertian komunitas adalah sekumpulan masyarakat yang hidup dalam kesatuan dan kepahaman untuk menciptakan kebersamaan dalam pandangan-pandangan yang berbeda. Arti ini merujuk pada masyarakat yang ingin selalu hidup dalam kedamaian.

Dari penjelasan mengenai pengertian komunitas di atas, penting bagi tulisan ini untuk mengungkapkan karetristik komunitas yang melakat dalam kehidupan masyarakat. Karakteristik atau ciri tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut;

Integrasi Sosial

Ciri yang ada dalam komunitas adalah integrasi sosial yang berhubungan erat dengan bersatunya masyarakat dalam sejumlah perbedaan. Pengertian integrasi sosial adalah lawan kata dari diinstegrasi yang berdampak pada terciptanya masyarakat tanpa kedamaian.

Persamaan Tujuan

Karakter yang kedua, dalam komunitas ialah menciptakan persamaan dalam tujuan dan harapan yang diangginkan. Banyak komunitas di Indonesia yang berdiri untuk mempermudah mencapai tujuan yang diinginkan, misalnya saja dalam hal ini ialah Komunitas Masyarakat Antikorupsi yang berlatar belakang adanya masalah korupsi di Indonesia yang saat ini sedang meninggi.

Setelah memberikan penjelasan mengenai pengertian komunitas dan cirinya. Penting bagi artikel ini untuk memberikan contoh-contoh yang ada di dalam komunitas bermasyarakat. Contoh ini sering ditemukan dalam keseharian, baik disadari ataupun tidak disadari.

Contoh Komunitas

Contoh komunitas yang akan disebutkan ini biasanya memiliki latar belakang yang sama, misalnya dalam daerah yang sama, hobi yang sama, ataupun dalam kesamaan yang berbeda. Contoh-contoh komunitas ini adalah sebagai berikut;

Contoh Komunitas Sosial

Contoh yang bisa disebutkan dalam komunitas sosial misalnya saja adalah tentang bantuan yang diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Untuk mengakomodirnya pada saat ini banyak masyarakat yang memebntuk sikap kedulian bersama-sama, upaya ini dilakukan dengan memberikan pertolongan kepada masyarakat melalui saluran ditrubusi bantuan yang diberikan.

Contoh Komunitas Ekosistem

Kependlian terhadap lingkungan mendorong berbagai pihak untuk menciptakan eksosistem yang baik, upaya ini dilakukan dengan malahirkan komunitas yang melakukan kajian serta kemudian menginformasikan kepada masyarakat. Misalnya saja adalah komunitas pencinta alam yang melalukan kajian terhadap kerusakan pegunungan.

Contoh Komunitas Hewan

Contoh lainnya yang bisa disebutkan adalah komunitas berdasarkan hobi, lahir dari hekakat manusia yang memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut seringkali dapat dipertakan dengan adanya hobi, misalnya saja Komunitas Pencinta Kucing yang saat ini sedang beredar di internat.

Contoh Komunitas di Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia juga ditemukan banyak komunitas, kondisi ini dilakukan guna menciptkakan kebersamaan antar masyarakat. Contoh nyata dalam komunitas di sekolah misalnya Komunitas Penulis Muda.

Contoh Komunitas Religius

Contoh terbentuknya komunitas juga seringkali dilakukan dalam Agama, setiap agama memiliki karakteristik tertentu dalam pengendalian penyimpangan sosial. Tindakan ini misalnya saja dengan adanya Komunitas Anti Pacaran, yang mana Pacaran dalam Islam itu dilarang.

Contoh Komunitas Yang Terlarang

Komunitas yang hekakatnya dilarang oleh berbagai pihak terutama di Indonesia adalah komunitas yang melanggar norma dan hukum, bentuk komunitas ini misalnya tentang Komunitas LGBT yang tentusaja berdirinya persatuan ini tidak akan diterima oleh masyarakat sampai kapanpun.

Dari serangkaian penjelasan mengenai contoh komunitas di atas, penting untuk diketahui bahwa komunitas adalah persatuan dan kesatuan yang dianggap akan mempermudah mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian bagi siapapun yang ingin mencapai tujuan hidup lebih mudah langkah yang harus dilakukan adalah menciptakan komunitas.

Baca Juga;

  1. 8 Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat Pada Umumnya
  2. Pengertian Dinamika Kelompok Sosial, Faktor, dan Aspeknya
  3. 30 Contoh Mobilitas Sosial Vartikal dan Horizontal di Lingkungan Masyarakat

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai contoh komunitas. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan baru bagi segenap pembaca yang sedang mencarai literasi mengenai “komunitas”, trimakasih,

5 (100%) 5 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *