Contoh Kesenjangan Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kesenjangan Sosial di masyarakat

Kesenjangan sosial merupakan salah satu contoh fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Kesenjangan timbul akibat adanya perbedaan keadaan ekonomi masyarakat, kemungkinan kecil terdapat juga pada unsur lainnya.

Kesenjangan sosial dapat dikendalikan dengan cara mengubah beberapa kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini contoh kesenjangan sosial di masyarakat dan cara mengatasinya.

Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan bentuk ketidakseimbangan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Kesenjangan sosial dapat terjadi akibat adanya berbgai faktor yang melatarbelakangi adanya hal tersebut. Faktor tersebut dapat berupa faktor ekonomi, sosial, unsur budaya, dan lain sebagainya.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Pengertian kesenjangan sosial adalah sebuah kejadian yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang dimana hal tersebut menimbulkan berbagai macam perbedaan yang signifikan diantara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya, terutama berkaitan dengan penghargaan yang dilekatkan.

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kesenjangan sosial yang dikemukakan menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. William Ogburn, Kesenjangan sosial merupakan perubahan sosial yang melibatkan seluruh unsur dalam masyarakat yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Hubungan ini memiliki sifat cepat dan lambat.
  2. Robert Chambers, Menurut Robert, kesenjangan sosial adalah gejala sosial masyarakat yang muncul akibat adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan yang lainnya di antara masyarakat yang hidup di sebuah wilayah tertentu.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Adapun faktor penyebab adanya kesenjangan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Perbedaan sumber daya alam, Tingkat perekonomian suatu daerah dipengaruhi oleh adanya perbedaan persebaran sumber daya alam. Laju pertumbuhan ekonomi dapat meningkat apabila terdapat sumber daya alam yang dikelola dengan baik. Adapun daerah tersebut kekurangan sumber daya alam, maka hal ini dapat mempengaruhi perekonomian di daerah tersebut.
  2. Kebijakan pemerintah, Kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi timbulnya kesenjangan sosial. Misalkan pada kebijakan program transmigrasi, masyarakat pendatang pada umumnya lebih cepat untuk maju dibandingkan dengan penduduk asli daerah tersebut.
  3. Pengaruh globalisasi, Kesenjangan sosial dapat terjadi apabila sebagian besar masyarakat tidak mampu untuk beradaptasi dan tidak mampu untuk memanfaatkan keberadaan di aspek globalisasi dengan baik.
  4. Demografis, Kondisi demografis suatu daerah dengan daerah lain yang berbeda dapat mengakibatkan kesenjangan sosial. Hal tersebut disebabkan oleh produktivitas masyarakat satu daerah dengan daerah lainnya tidaklah sama.
  5. Letak dan kondisi geografis, Tingkat pembangunan pada suatu daerah dipengaruhi oleh letak dan kondisi geografisnya. Masyarakat yang berada di dataran tinggi cenderung lebih sulit dalam membangun infrastruktur dibandingkan dengan masyarakat yang berada di dataran rendah.

Dampak Kesenjangan Sosial

Adapun dampak yang ditimbulkan dari adanya kesenjangan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Timbulnya kemiskinan dan pengangguran.
  2. Target pasar yang tidak jelas.
  3. Sulitnya mencari tenaga kerja yang berkompeten.
  4. Tingkat kriminalitas semakin meningkat.

Contoh Kesenjangan Sosial

Adapun untuk beragam contoh-contoh kesenjangan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, beserta cara untuk mengatasinya adalah sebagai berikut;

  1. Kurangnya perhatian pemerintah dalam menyediakan fasilitas umum untuk penyandak disabilitas. Solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan masukan kepada pemerintah untuk segera menyediakan fasilitas untuk penyandang disabilitas.
  2. Perlakuan yang berbeda antara pelanggan yang berpenampilan layaknya orang kaya dengan orang yang berpenampilan biasa saja di suatu mall. Solusi yang bisa dikerjakan adalah memberikan pengarahan kepada setiap pegawai untuk memperlakukan pelanggan dengan tidak memandang penampilan luar.
  3. Pemberian hukuman kepada koruptor 1 tahun penjara, sedangkan untuk pencuri ayam diberi hukuman 5 tahun penjara. Solusi untuk mengatasinya adalah mengadakan aksi untuk memprotes adanya ketidakadilan terhadap hukum.
  4. Bebas dari tindakan penilangan akibat memiliki hubungan dekat dengan petinggi kepolisian. Solusi yang bisa dikerjakan adalah menindak tegas polisi bersangkutan dengan oknum yang memiliki kenalan petinggi kepolisian tersebut.
  5. Adanya perlakuan istimewa terhadap anak dosen maupun anak petinggi di universitas. Solusi yang perlu dilakukan adalah mengadakan aksi yang menuntut keadilan dalam memperlakukan warga kampus tanpa memandang siapapun orang terdekatnya.
  6. Adanya ketidakadilan dalam memberikan upah buruh perempuan dengan buruh laki-laki karena dinilai kerja buruh laki-laki lebih berat dibanding dengan buruh perempuan. Solusi yang dilakukan adalah menuntut pihak pabrik untuk menyetarakan upah buruh, karena semua pekerja akan bekerja sesuai dengan bidangnya tanpa ada perbandingan satu dengan yang lain.
  7. Pembedaan pemberian layanan kesehatan di rumah sakit antara pasien kaya dengan pasien miskin. Solusi yang perlu dilakukan adalah memberi masukan kepada pihak manager rumah sakit agar menegur tindakan seperti itu kepada karyawan rumah sakit.
  8. Pemberian fasilitas pendidikan yang berbeda antara siswa kaya dan miskin. Solusi yang perlu dilakukan adalah menindak pihak sekolah agar tidak melakukan pembedaan antara siswanya.
  9. Pemberian upah yang berbeda kepada pekerja lulusan SMA dengan lulusan S1. Solusi unuk mengatasinya ialah memberikan upah yang setara karena pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai dengan apa yang dibebankan kepada perusahaan.
  10. Murid yang berprestasi diperlakukan sangat baik oleh guru dibandingkan dengan murid yang tidak berprestasi. Solusi mengatasinya adalah memberi teguran kepada guru tersebut agar tidak membeda-bedakan murid.
  11. Kurangnya peminat terhadap hasil produksi rumahan karena masih menggunakan alat produksi manual. Solusi untuk mengatasinya adalah memberikan pelatihan menggunakan alat produksi yang sudah memiliki tekonologi.
  12. Banyaknya pengangguran di suatu daerah akibat kurangnya lapangan pekerjaan dan tingkat persaingan yang tinggi. Solusi yang perlu dilakukan adalah memberikan pelatihan berwirausaha agar dapat membuka lapangan pekerjaan.
  13. Seseorang mencuri di sebuah rumah orang kaya. Solusi mengatasinya adalah memberi pengarahan agar mencari pekerjaan yang lebih layak dan jujur.
  14. Seseorang yang melakukan pembunuhan akibat dirinya sering dicaci maki karena miskin. Solusi mengatasinya adalah memberi arahan dan pengertian agar tidak melakukan tindakan pembunuhan lagi dan memberinya pembekalan untuk mencari pekerjaan yang lebih layak.
  15. Terjadi pergolakan massa akibat ketidakmerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Solusi mengatasinya adalah memberikan masukan kepada pemerintah untuk segera melakukan pembangunan di daerah yang belum tersentuh pembangunan.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kesenjangan sosial di masyarakat dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘kesenjangan sosial’. Terima kasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *