11 Contoh Identifikasi yang Kita Temukan dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh identifikasi

Identifikasi menjadi salah satu syarat interakasi sosial dalam masyarakat. Proses ini secara sadar ataupun tidak seringkali seseorang jalankan dalam keseharian. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang beberapa contoh identifikasi.

Identifikasi

Identifikasi adalah proses peniruan yang dilakukan secara mendalam, baik dari karakter, sifat, dan kegiatan yang dilakukan. Identifikasi memiliki dampak yang postif jika yang di tiru adalah orang-orang yang penuh imajenatif dan kreatif.

Akan tetapi dalam proses identifikasi juga berdampak negatif jika yang ditiru adalah hal-hal yang bertentangan dengan hukum agama atupun negara. Kegiatan identifikasi memiliki ciri khas yang menarik karena hampir keseluruhan ditirunya, bahkan dengan keadaan ini istilah Identifikasi seringkali disamakan dengan proses imitasi.

Perbedaan Identifikasi dan imitasi adalah proses peniruan yang dilakukan mendalam sedangkan imitasi hanya sekedar mana yang tertarik untuk dilakukannya. 

Pengertian Identifikasi

Pengertian identifikasi secara singkat adalah proses peneriuan yang dilakukan dengan karakteristik lebih mendalam daripada sekedar imitasi. Kegiatan ini seringkalipu menjadi rutinitas keseharian terhadap orang-orang yang memiliki kemampuan sugesti lebih dibandaingkan dengan yang lainnya. Selengkapnya, baca; Pengertian Imitasi dan Contohnya

Bentuk Identifikasi

Secara kesap mata, bentuk identifikasi dapat digolongkan sebagai berikut;

Masyarakat

Kajian identifikasi yang dilakukan oleh seseorang akan lebih condaong dalam kehidupan masyarakat yang multikultural. Bentuk daripada kegiatan ini misalnya saja kegiatan masyarakat yang melihat daerah lainnya maju secara pembangunan. Dengan keadaan demikian masyarakat secara kelompok sosial ingin meniru langkah-langkahnya secara mendalam. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya

Keluarga

Kelurga memiliki ciri khas dalam proses penanaman sosialisasi primer setiap manusia lahir. Dalam bentuk ini seseorang akan melakukan identifikasi dengan keluarganya, dengan mengajarkan sifat dan kegiatan keluarga secara tidak langsung mendorong anak untuk meniru kegiatan yang dilakukan. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosialisasi, Proses, Tujuan, Bentuk, dan Media Sosialisasi

Negara

Percaya atupun tidak dalam negara seringkali melakukan identifikasi dengan negara lainnya, misalnya dalam program pengentasan kemiskinan dan juga pengangguran. Negara yang dianggap baik akan diberikan apresiasi dan menyampaikan pandangan mengapa negaranya bisa mengetasi masalah sosial tersebut.

Kondisi ini secara tidak langsung hubungan internasional yang dilakukan pejabat negara akan mencontoh identifikasi yang dilakukan negara lain. Dengan hal inipula akan mendorong negara-negara di dunia bersama-sama mencapai kesejahteraan bersama-sama.

Setelah kita mengulas lebih dalam tentang pengertian identifikasi, dan bentuknya. Penting bagi artikel ini untuk memberikan beberapa contoh identifikasi. Alasannya dengan contoh-contoh inilah segala materi ilmu pengetahuan akan mudah untuk dipahami.

Baca Juga;

  1. Pengertian Sugesti, Jenis, dan Contohnya
  2. Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya
  3. Pengertian Inovasi dan Contohnya

Contoh Identifikasi

Contoh identifikasi yang diberikan ini berhubungan dengan masalah, kebutuhan, dan kegiatan setiap mahluk sosial. Diantarnya;

  1. Adanya seseorang yang hobi melihat olahraga seperti sepak bola, maka dengan demikian ia mengenal nama-nama pemain seperti “Lione; Messi, Cristian Rodaldo, Pogba, dan lain sebagainya”. Proses pengenalan tersebut akhirnya mendorong ia untuk meniru, baik dengan membeli pakaian dengan nama tersebut, ataupun meniru gaya saat ia memasukan bola ke gawang lawan.
  2. Adanya tindakan seseorang yang sangat suka sekali dengan tindakan dosen atau gurunya. Dengan rasa suka tersebut ia selalu meniru saat berbicara kepada teman-teman ataupu saat melakukan presentasi di depan kalas, sebagimana yang dilakukan dosen dan gurunya.
  3. Adanya tindakan seseorang yang sangat sering memperkenalkan diri sebagai penerus Ahli Agama. Dorongan tersebut di dapatkan setelah berualng kali ia melihat serta menonton tayangan ceramah ahli agama, seperti Ust Yusuf Mansur, Ustd Abdul Somad, ataupun Ust Jefri Al Bukhori.
  4. Tindakan seseorang lebih codong mengikuti gaya orang tua, terkhusus ayahanya. Hal ini disebabkan karena seseorang tersebut secara langsung mengidolakan ayah serta mencoba identifikasi dirinya sebagai calon penerus ayahnya.
  5. Kasus terhadap proses identifikasi ini juga seringkali ditemukan ketika ia melihat tayangan televisi, seperti Hello Kitty. Dengan tayangan tersebut seseorang inginn mengubah wajah dan bentuk parasnyaserupa dengan hello kitty. Tindakan yang dilakukannnya tersebut adalah bagian daripada identifikasi yang berlebihan.
  6. Tindakan seorang anak yang seringkali melihat tayangan Balapan Moto baik di Film ataupun secara langsung. Akhirnya karena keseringannnya tersebut ia ingin menjadi pemabalab motor dengan mengikuti gaya bermaian, mental, serta gayanya saat menajdi juara.
  7. Adanya tindakan tokoh politik yang mengikuti Ridwan Kamil dalam segi pembangunan di Kota Bandung dan proses keterbukaannya kepada publik. Segala tindakah lagu yang terjadi, jiak tokoh politik tersebut ingin mengidentifikasikan dirinya harus mengikuti langkah-langkah serupa.
  8. Jokowi terkenal dengan bluksukan, hingga akhirnya ia menjadi Presiden Blusukan. Dan pada saat ini banyak kegiatan serupa yang dilakukan oleh tokoh-tokoh politik di Indonesia dengan gaya blusukan ingin mendapatkan simpati dalam masyarakat. Peniruan ini juga dapat dikatakan sebagai bagian daripada proses identifikasi.
  9. Negara Indonesia adalah penganut asas tunggal Pancasila sebagai idiologi bangsa, untuk proses pembuatannya berlatar bekalang dari adanya indiologi lain dan disesuaikan dengan budaya yang ada di Indonesia. Peran identifikasi juga berada dalam keadaan ini.
  10. Adanya tindakan salah satu tokoh politik di Indonesia yang dikenal sngat pandai dalam melakukan orasi di hadapan publik. Peristiwa ini pada akhirnya ditiru oleh seseorang yang juga ingin pandai dalam berorasi, bagian inipula menjadi salah satu bagian daripada identifikasi.
  11. Makan dengan Sendok, percaya atupun tidak kegiatan saat makan orang Indonesia selalu mempergunakan sedok dalam kesehariannya. Kegiatan ini sebenarnya bagian daripada identifikasi terhadap budaya-budaya bangsa eropa yang dilakukan saat menjajah Indonesia.

Pada akhirnya, dari pengertian identifikasi dan contohnya di atas, secara menyeluruh dapat dikatakan bahwa bagian ini menajdi salah satu bagian hidup yang ada disetiap kegiatan manusia. Oleh karenannya setiap manusia baik secara berkelompok/tidak selalu melakukan identifikasi.

Demikianlah penjelasan dan pengulasan secara lengkap mengenai contoh identifikasi. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pemahaman kepada setiap pembaca mengenai materi tentang “identifikasi”. Trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *