Contoh Diferensiasi Sosial dalam Masyarakat

Diposting pada

Contoh Diferensiasi Sosial

Sebagai manusia yang tinggal di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia kita dapat disebut sebagai makhluk sosial. Makhluk sosial merupakan pengertian masyarakat yang secara individu tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Sebagai makhluk sosial, di Indonesia terdapat beberapa keragaman dalam kehidupan seperti kebudayaan, adat-istiadat, suku, ras, agama, dan lain-lain. Meskipun diakui ataupun tidak dalam keberagaman tersebut diferensiasi sosial yang membedakan satu golongan dengan golongan yang lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini akan memberikan contoh diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat.

Diferensiasi Sosial

Pengertian diferensiasi sosial adalah terdapatnya beragam perbedaan golongan atau kelompok sosial baik secara horizontal seperti agama, suku, budaya, dan lainnya. Maupun perbedaan secara vertikal seperti kesenjangan ekonomi, atau yang lainnya.

Contoh Diferensiasi Sosial

Beragam contoh kasus yang bisa disebut sebagai bagian darpada diferensiasi sosial di dalam kehidupan masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut;

Parameter Sosiokultural

Sosiokultural merupakan ilmu yang mengkaji manusia dalam kebudayaannya. Negara Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam perbedaan budaya. Berikut adalah diferensiasi sosial yang dijaki melalui parameter sosiokultural.

Diferensiasi Klan

Klan adalah suatu pembeda di masyarakat berdasarkan dengan keturunan. Di Pulau Jawa sendiri terdapat klan yang contohnya ialah hubungan antara keturunan bangsawan dan klan rakyat biasa. Klan rakyat biasa akan sulit untuk bergaul dengan klan bangsawan. Selengkapnya, bacaPengaruh Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial dalam Masyarakat

Diferensiasi Suku Bangsa

Suku bangsa merupakan suatu suku yang sudah menempati wilayah tertentu selama dalam jangka waktu yang lama. Diferensiasi suku bangsa dapat menjadi pemecah belah antar bangsa. Perlu dilakukan penanaman dalam beragam contoh toleransi antar perbedaan suku bangsa supaya terwujud integrasi nasional yang kuat. Selengkapnya, bacaPengertian Toleransi dan Contohnya

Diferensiasi Agama

Terdapat 6 agama yang berbeda di Indonesia. Perbedaan agama tersebut dapat memicu timbulnya konflik apabila tidak didasari dengan sikap toleran yang tinggi. Maka sebagai umat beragama kita harus bisa menjunjung rasa kemanusiaan yang tinggi.

Diferensiasi Profesi

Diferensiasi profesi merupakan diferensiasi sosial yang sifatnya vertikal atau ke atas. Diferensiasi profesi mampu menimbulkan kesenjangan sosial antara profesi yang bergengsi dengan profesi yang ala kadarnya.

Parameter Biologis

Parameter biologis sering diartikan sebagai parameter demografi. Parameter biologis membahas tentang makhluk hidup. Makhluk hidup yang dibahas dalam ilmu sosial adalah manusia. Maka dari itu pantas apabila parameter biologis disebut sebagai parameter demografi mengingat demografi adalah cabang dari ilmu geografi yang membahas tentang antroposfer (manusia).

Diferensiasi Jenis Kelamin

Diferensiasi jenis kelamin pada masa sekarang sudah bukan menjadi masalah lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan pada masa sekarang sudah terbentuk yang namanya emansipasi wanita. Yaitu penyamaan derajat antara laki-laki dan perempuan.

Diferensiasi Ras

Perbedaan ras dapat memicu timbulnya konflik. Penghinaan terhadap ras yang berbeda disebut dengan rasisme. Perlu diberikan penanaman tentang pemahaman perbedaan ras agar mencegah terjadinya konflik antar ras.

Diferensiasi Umur

Diferensiasi umur merupakan perbedaan usia diantara beberapa kelompok sosial. Diferensiasi umur dapat dilihat dengan jelas dari perkumpulan pertemanan yang dapat dilihat dari tingkat usia.

Parameter Ekonomi

Parameter ekonomi merupakan perbedaan perekonomian antar masyarakat yang membuat terjadinya perbedaan baik secara vertikal maupun secara horizontal. Berikut adalah beberapa diferensiasi sosial yang dibahas melalui parameter ekonomi.

Diferensiasi Pendapatan

Mirip dengan diferensiasi profesi, diferensiasi pendapatan ini terjadi karena perbedaap pekerjaan yang menentukan pendapatan seseorang. Diferensiasi pendapatan dapat berujung pada kesenjangan sosial. Selengkapnya, baca; Pengertian Kesenjangan Sosial, Dampak, dan Contohnya di Masyarakat

Diferensiasi Status Tempat Tinggal

Status tempat tinggal dapat dibedakan menjadi milik sendiri, rumah orang tua/mertua, dan kontrak/sewa. Diferensiasi status tempat tinggal dapat membedakan status sosial seseorang daam kehidupan bermasyarakat.

Diferensiasi Kesejahteraan

Indikator kesejahteraan dikur melalui pengeluaran dan pendapatan suatu keluarga. Diferensiasi kesejahteraan tidak dapat disaksikan melalui kasat mata. Namun perbedaan kesejahteraan tersebut mampu dilihat dari tingkat profesi seseorang.

Parameter Kelompok Sosial

Parameter kelompok sosial adalah klasifikasi jenis diferensiasi sosial yang dikaji melalui perbedaan masyarakat yang membentuk beragam contoh kelompok sosial. Parameter kelompom sosial dalam diferensiasi sosial adalah sebagai berikut;

Diferensiasi Kegiatan

Diferensiasi kegiatan yang dimaksud disini adalah perbedaan kegiatan antara masyarak satu dengan masyarakat yang lain. Perbedaan kegiatan ini menyebabkan sulitnya menyatukan waktu apabila ingin mengadakan perkumpulan.

Diferensiasi Olahraga

Perbedaan jenis olahraga yang digeluti menyebabkan diferensiasi kelompok sosial berdasarkan olahraga yang digemari. Diferensiasi olahraga dapat dilihat dari penontn sepakbola lebih banyak dari penonton bulu tangkis.

Diferensiasi Komunitas

Diferensiasi dalam contoh komunitas adalah perbedaan dari beberapa komunitas tertentu. diferensiasi komunitas dapat menyebabkan terjadinya perselisihan antara kelompok komunitas yang berbeda satu sama lain. Selengkapnya, baca; Pengertian Komunitas, Bentuk, dan Contohnya

Diferensiasi Hobi

Diferensiasi hobi adalah dasar dari diferensiasi komunitas. Perbedaan hobi menyebabkan terbentuk beberapa komunitas tertentu. Hobi yang berbeda antar golongan apat menyebabkan dampak negatif dan dampak positif.

Parameter Geografis

Geografi adalah ilmu yang membahas tentang kebumian. Dalam diferensiasi sosial, parameter geografis dikaji dalam cabang ilmu geografi yaitu astronomis (lokasi) dan perbedaan iklim. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Diferensiasi Lokasi Tempat Tinggal

Perbedaan lokasi tempat tinggal dapat dikatakan sebagai diferensiasi sosial jenis vertikal. Tempat tinggal di perumahan biasanya ditempati oleh golongan pendapatan tinggi dan tempat tinggal di kampung biasanya ditempati oleh golongan dengan pendapatan rendah.

Diferensiasi Perbedaan Iklim

Diferensiasi perbedaan iklim terjadi pada lokasi tempat tinggal yang berbeda antara daerah pegunungan dengan daerah pantai. Daerah pantai memiliki hawa panas sedangkan daerah pegunungan memiliki udara yang sejuk.

Parameter Subkultural

Parameter subkultural adalah klasifikasi jenis diferensiasi sosial yang membahas tentang perbedaan jenis karakter bangsa pada suatu wilayah tertentu. Parameter subkultural penjelasannya adalah sebagai berikut.

Diferensiasi Kebudayaan

Diferensiasi kebudayaan terjadi apabila pertemuan dari suku yang berbeda dalam satu wilayah. Diferensiasi kebudayaan perlu diadakan akulturasi budaya, hal ini dijalankan supaya menghindari beragam contoh konflik sosial antar suku. Selengkapnya, baca; Pengertian Konflik Sosial, Faktor, Dampak, Bentuk, dan Proses Penyelesain

Diferensiasi Adat Istiadat

Diferensiasi adat istiadat terjadi karena pertemuan adat yang berbeda dalam satu wilayah. Perlu diadakan asimilasi budaya agar terjadi percampuran budaya yang baru di masyarakat dan mencegah terjadinya konflik. Selengkapnya, baca;Upaya Penyelesaian Konflik dalam Masyarakat dan Contohnya

Diferensiasi Logat

Diferensiasi logat terjadi karena perbedaan logat yang berbeda dalam satu wilayah. Diferensiasi logat ini dapat menjadi bahan olok-olokan pada orang yang tidak menjunjung tinggi nilai toleransi dalam masyarakat.

Diferensiasi Aktivitas

Diferensiasi aktivitas merupakan perbedaan aktivitas sehari-hari antar masyarakat. Diferensiasi aktivitas dapat menimbulkan kesulitan waktu untuk mengadakan suatu pertemuan tertentu di masyarakat.

Nah, artikel diatas merupakan beragam kasus tentang contoh diferensiasi sosial dalam masyarakat yang mudah ditemukan. Semoga, hadirnya penjelasan dari kami ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih!

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *