Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Asimilasi di Masyarakat

Asimilasi merupakan salah satu pengertian fenomena sosial yang perlu diketahui dalam ilmu sosial. Ciri paling mudah mengetahui suatu asimilasi ditandai dengan tindakan mengurangi perbedaan antar individu atau kelompok dalam masyarakat. Lebih dalam, pembahasan lebih lanjutnya artikel ini mengulas ihwal beragam contoh asimilasi dalam kehidupan masyarakat.

Asimilasi

Pengertian asimilasi lumrahnya didefinisikan sebagai penyatuan dua kebudayaan diikuti dengan tergerusnya ciri khusus kebudayaan asli yang pada akhirnya membentuk kebudayaan baru. Dalam menekan perbedaan, disertai dengan gerakan mempererat kesatuan tindakan, perasaan, dan sikap tentu saja tetap memperhatikan kepentingan sekaligus tujuan bersama.

Oleh sebab itu, terdapat syarat-syarat untuk terwujudnya hal itu, antara lain sebagai berikut:

  1. Ada sejumlah kelompok yang mempunyai kebudayaan berbeda.
  2. Adanya interaksi secara intensif antarindividu atau kelompok.
  3. Sifat khas kebudayaan-kebudayaan golongan yang saling berinteraksi mengalami perubahan begitu pun wujud kebudayaan sehingga terbentuk kebudayaan campuran.

Setelah  masuk pada tahap syarat-syarat untuk terjadi wujud asimiliasi, tentu saja, ada proses yang mengikuti didalamnya. Proses-proses terjadinya asimilasi adalah antara lain sebagai berikut:

  1. Proses pertama, beberapa kelompok dengan kebudayaan yang berbeda mendiami suatu wilayah yang sama.
  2. Proses kedua, terjadi interaksi intensif antar kelompok terssebut dalam waktu yang panjang.
  3. Berikutnya, mereka terbuka pada kebudayaan yang baru.
  4. Menciptakan atau melahirkan toleransi antaranggota kelompok yang berbeda.
  5. Selanjutnya, menghilangkan sifat konservatif dan memunculkan keterbukaan sikap serta pemikiran dari kelompok yang berkuasa terhadap kelompok pendatang.
  6. Ada pernikahan antaranggota kelompok yang berbeda.
  7. Terakhir, ada kesamaan dalam menyukai sesuatu, sehingga tercipta tujuan bersama.

Tujuan Asimilasi

Seperti kebanyakan fenomena sosial yang memiliki tujuan dalam kehadirannya, baik secara eksplisit atau implisit, begitu pula dengan bentuk asimilimasi. Tujuan dari asimilasi secara sederhana adalah guna lebih mendekatkan lagi pada kesatuan tindakan, perasaan, dan sikap yang diikuti dengan memperhatikan kepentingan juga tujuan bersama.

Contoh Asimilasi

Lewat gambaran penjelasan singkat di atas, berikut ini beragam contoh-contoh nyata mengenai asimilasi di dalam kehidupan masyarakat dari yang sederhana, sedang, sampai dengan yang kompleks. Antara lain adalah sebagai berikut:

Asimilasi Secara Sosiologis

Asimilasi dalam pandangan secara sosiologis, misalnya saja;

Pernikahan Campuran

Pernikahan atau perkawinan campuran dalam konteks ini adalah beda etnis atau ras bukan merujuk pada hal biologis. Misalnya, orang dari Jawa menikah dengan orang Bali atau juga sebaliknya. Selain itu, orang Indonesia menikah dengan orang Inggris.

Hari Libur Yang Jatuh Pada Hari Minggu

Wacana akhir pekan merujuk pada hari sabtu sebagai awal dan hari minggu sebagai akhiran atau puncaknya. Tradisi hari minggu sebagai hari libur ini berasal dari budaya barat yang pada prosesnya masuk sampai di budaya Indonesia.

Asia-American

Asia-American merupakan istilah umum untuk menyebutkan salah satu etnis yang berada pada posisi minoritas yang melakukan proses asimilasi di Amerika Serikat. Mereka mengadaptasi norma serta nilai yang berpusat pada budaya Amerika, fasih berbahasa  Inggris, juga lebih gemar mengidentifikasi dirinya sebagai orang Asia-American.

Asimilasi Linguistik

Contohnya masyarakat Singapura kontemporer yang bicara dengan bahasa Inggris terjadi keunikan dalam aksennya. Kentalnya aksen melayu Singapura yang berbaur dengan bahasa Inggris melahirkan istilah kebudayaan baru, yakni Singaporean English (Singlish). Fenomena ini juga terjadi pada masyarakat India yang bicara dengan bahasa Inggris.

Perayaan Hari-Hari Tertentu

Individu yang sedang merantau ke daerah lain atau negara lain, misalnya saja ke Eropa. Di sana, ia ikut merayakan hari halloween, thanksgiving, valentine, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan contoh asimilasi yang berlapis-lapis serta asimilasi pada level individu.

Contoh Asimilasi Di Indonesia

Begitu melimpah yang bisa dijadikan contoh secara sederhana dalam memahami asimilasi. Misal asimilasi dalam bidang bahasa, yakni bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Dewasa ini, bahasa Inggris secara langsung ataupun tidak telah dideklarasikan sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu, banyak kosa kata bahasa Inggris yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Contoh, kita sering mengucapkan ‘sorry’ ketimbang ‘maaf’.

Contoh Asimilasi Budaya

Contoh penjelasan lebih lanjut tentang asimilasi, yakni pada ranah budaya. Misalnya, asimilasi di bidang seni suara atau musik. Musik dan penyanyi merupakan dua hal yang sangat akrab dengan kehidupan kita, bahkan seringnya kita menjadi penyanyi dadakan, misal perpaduan musik tradisional dengan musik barat, yakni musik Jawa dengan musik rap atau hip-hop. Nyatanya dengan hadirnya Jogja Hiphop Foundation. Selengkapnya, baca; Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya

Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mengambil contoh asimilasi, misalnya dalam berpakaian. Dahulu, wanita sehari-hari menggunakan pakaian kebaya, tetapi sekarang kebaya hanya digunakan di waktu-waktu tertentu, seperti pernikahan dan acara resmi lainnya.

Wanita sekarang dominannya memakai rok, kaos, celana, kemeja, dan lainnya, di mana ini menunjukkan bentuk asimilasi dengan kebudayaan berpakaian wanita di negara lain.

Contoh Asimilasi Dalam Masyarakat

Selanjutnya, mengenai contoh-contoh asimilasi dalam masyarakat, misalnya saja pacaran yang masuk sampai melakukan hubungan intim atau seksual. Pacaran bukanlah budaya murni dari Indonesia, tapi ini sudah menjamur pada masyarakat, khususnya remaja. Parahnya, mereka sampai melakukan hubungan intim dalam status pacaran layaknya yang dilakukan oleh remaja di Barat.

Contoh Asimilasi Lainnya

Terakhir, contoh asimilasi lainnya, misalkan saja asimilasi dalam ranah pendidikan atau sistem pembelajaran. Umumnya di Indonesia sampai saat ini kita masih menggunakan sistem “menghafal” daripada “memecahkan atau problem solving” dalam lembaga pendidikan atau pembelajaran. Namun, kita telah memadukan kedua sistem itu untuk keefektifan mencerdaskan generasi penerus Indonesia. Baca juga; Pengertian Amalgamasi, Dampak, dan Contohnya

Demikianlah penjelasan perihal beragama contoh asimilasi secara sosiologis dalam kehidupan sehari-hari, yang bisa kita pahami bahwa yang ditekankan atau fokus utamanya adalah proses dari terjadinya atau terbentuknya asimilasi. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan kepada semua pembaca. Terimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *