Ciri Penelitian Kuantitatif dan Penjelasannya

Diposting pada

Karakteristik Penelitian Kuantitatif

Data yang dipergunakan dalam penelitian kuantitatif pada hekakatnya adalah semua data yang berbentuk angka seperti statistik, persentase, dan lain-lain.  Peneliti ini lebih menganalisis data dengan bantuan statistik dan berharap jumlahnya akan menghasilkan hasil yang tidak bias yang dapat digeneralisasi untuk beberapa populasi yang lebih besar.

Penelitian kualitatif, di sisi lain, menyelidiki secara mendalam pengalaman-pengalaman spesifik, dengan maksud untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi makna melalui teks, naratif, atau data berbasis visual, dengan mengembangkan tema-tema yang eksklusif untuk kelompok peserta tersebut. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menjelaskan tentang karakteristik penelitian kuantitatif.

Penelitian Kuantitatif

Metode yang dipergunakan dalam menulis kuantitatif tentusaja berbeda dengan penelitian kualitatif. Hal ini lantaran penyelidikan yang dilakukan berusaha menjelaskan fenomena dengan mengumpulkan data penelitian numerik yang kemudian dianalisis menggunakan metode berbasis matematis, misalnya dalam hal ini mempergunakan statistik tertentu .

Ciri Penelitian Kuantitatif

Berikut ini adalah daftar karakteristik dan keuntungan menggunakan metode kuantitatif:

Data yang Dikumpulkan Adalah Numerik

Data penelitian yang dipergunakan dalam menganislis atas hasil penelitian kuantitatif ini memungkinkan pengumpulan data dari ukuran sampel dan populasi yang besar. Yang kemudian dari sampel tersebut dilakukan wawancara dalam bentuk nomerik/angka yang bisa dihitung berdasarkan hasil selisih, atau perbandingannya.

Analisis statistik memungkinkan obyektivitas yang lebih besar ketika meninjau hasil dan oleh karena itu, hasilnya independen terhadap peneliti.

Hasil Penelitian Dijadikan dalam Bentuk Data

Ciri kedua yang ada dalam penelitian kuantitatif ialah menghasil angka numeric, yang kemudian dari deretan angka tersebut dapat ditampilkan dalam grafik, bagan, tabel, dan format lain yang diaykini akan senantiasanya dapat interpretasi yang lebih baik.

Penghitungan Waktu Penelitian dapat Cepat

Ciri yang selanjutnya dalam penelitian kuantitatif ini ialah analisis data kurang memakan waktu dan sering dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat-perangkat lunak statistik, misalnya saja dengan mempergunakan data SPSS ataupun yang lainnya.

Maka tak khayal atas insiden ini banyak sekali skripsi, thesis, ataupun desertasi penelitian metode kuantitatif hanya lama di waktu pembentuan proposalnya saja. Sedangkan untuk hasil penelitiannya akan lebih cepat untuk dilakukan.

Hasil dapat Digeneralisasi

Penelitian yang dihasilkan dalam kuantitatif ini secara nyata dapat digenralisasi, asalkan dengan syarat jikalau data yang dibuat tersebut didasarkan pada sampel acak dan ukuran sampel cukup. Sehingga hasilnya tidak akan jauh beda dengan proposal yang diajukan.

Relatif Singkat

Metode yang dipergunakan dalam kuantitatif bisanya untuk proses pengumpulan data bisa relatif cepat, hal ini tentusaja sangatlah tergantung pada jenis data penelitian yang dikumpulkan. Atas alasan inilah kemudian banyak pihak memilih penelitian kuantitatif untuk melaporkan risetnya.

Diapandang Lebih Kredibel

Data-data yang dipergunakan dalam metode kuantitatif yang bersifat numerik tersebut diyakini dapat dipandang lebih kredibel dan andal, terutama untuk riset yang dipergunakan atas para pembuat kebijakan, pembuat keputusan, dan administrator, atau bahkan untuk metode penelitian evaluasi.

Nah, itulah tadi serangkaian tulisan yang telah kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan ciri-ciri metode penelitian kuantitatif. Semoga melalui materi ini mampu memberikan bahasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *