12 Ciri Modernisasi dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Ciri-Ciri Modernisasi

Modernisasi menjadi salah satu aspek penting yang dialami oleh negara-negara di dunia. Modernisasi seringkalipula dikaitakan dengan adanya perkembangan teknologi dan industri yang sangat tinggi. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas tentang ciri modernisasi.

Modernisasi

Modernisasi adalah bagian tersformasi kehidupan manusia yang meningkat dari adanya pengaruh perbuahan sosial dan globalisasi yang tinggi. Sistem dan masyarakat di dunia pada saat ini mengalaminya, termasuk juga Indonesia yang sampai saat ini menjadi karakteristik negara berkembang juga tidak terhindarkan dari modernisasi.

Pengertian Modernisasi

Definisi mengenai modernisasi banyak diungkapkan oleh para ahli, antara lain;

Soerjono Soekanto

Teorikus sosiologi di Indonesia mempeberikan penjalasan bahwa pengertian modernisasi adalah proses perubahan sosial budaya yang dilakukan dengan tahapan-tahapan rencana yang baik, tahapan dalam kondisi ini dinamakan social planning.

Widjojo Nitisastro

Definisi modernisasi adalah proses trnasformasi kehidupan manusia dari yang berlatar belakang tradisional menjadi modern (penuh kemajuan). Aspek yang meliputinya seperti ekonomi, organisasi masyarakat, dan juga pembangunan berkelanjutan. Selengkapnya, baca; Pembangunan Ekonomi dan Tahap Perencanaannya

Dari serangkaian penjelasan mengenai pengertian modernisasi, gejala, ciri, dan teorinya yang telah di ungkapkan oleh para ahli, kesimpulannya modernisasi tidak bisa dihindari oleh setiap negara. Dengan latar belakang masyarakat selalu berkembang mengikuti kemjuan zaman.

Ciri Modernisasi

Melihat beragam karakteristik negara-negara di dunia mengalami modernisasi penting bagi tulisan ini untuk mengulas lebih dalam terhadap ciri masyarakat modern. Diantaranya;

Masyarakatnya Heterogen

Situasi dan kondisi yang ada di dalam masyarakat modernisasi relatif lebih heterogen. Artinya masyarakat bercampur baur membentuk kesatuan dan persatuan dalam proses pembangunan, masyarakat heterogen ini erat kaitannya dengan masyarakat multikultural. Selengkapanya, baca; Pengertian Multikultural, Latar Belakang, Ciri, dan Bentuknya

System Pelapisan Terbuka

Karakteristik selanjutnya yang ada di dalam masyarakat modernisasi adalah sistem pelapisan masyarajat terbuka dengan perubahan zaman, bentuk keadaan ini dipenguruhi besar dengan adanya globalisasi yang tidak bisa dihindarkan sedikitpun. Baca, juga; Pengertian Globalisasi, Teori, dan Prosesnya

Mobilitas Masyarakat Tinggi

Ciri selanjutnya yang ada di dalam masyarakat modernisasi ialah tingkat perpindahan penduduk sangat tinggi. Perpindahan ini bisa dari kota ke desa atau sebaliknya, dengan tujuan mendapatka kehidupan yang lebih baik dalam berbagai problmena kehidupan yang dialami.

Tindakan Manusia Rasional

Keadaan selanjutnya yang terjadi pada masyarakat modernisasi adalah tindakan rasionalnya tinggi, segala tingkah laku dan kegiatan keseharian di dasarkan pada nilai pemikiran logika. Dengan demikian masyarakat modernisasi sudah jarang yang percaya dengan hal-hal yang sifatnya abstrak.

Tidak terikat pada Adat

Kepercyaan terhadap adanya adat-adat di dalam masyarakat modernisasi lebih berkurang, lantaran masyarakat sudah bisa membedakan mana adat yang membawa pada kemajuan dan manapula adat yang membawa pada sistem pemerintahan yang tidak baik.

Lebih Tinggi Kepentingan Sendiri

Orientasi kehidupan yang ada di dalam masyarakat modern lebih mengutamakan kepentingan dirinya sendiri. Kepentingan inipun membuat manusia selalu berfikir individualis bahkan terkesan materialistis dan kapitalis dalam segala tindakan sosial yang dilaukan.

Pemikiran Yang Objektif

Sifat yang terjadi pada masyarakat modernisasi lebih  universalisme terhadap beragam bentuk perbedaan yang ada. Masyarakat lebih menerima segala sesuatu dengan obyektif berdasarkan pada nilai-nilai sosial yang sudah mengalami perubahan. Oleh karena itulan salah satu alasannya masyarakat modernisasi sulit terjadi disintegrasi yang tidak menguntungkan.

Masyarakat Mengejar Prestasi

Kehidupan yang menjadi ciri khas pada masyarakat modernisasi ialah lebih banyak untuk mengejar prestasi. Pengertian prestasi sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada kelompok atau masyarakat dalam beragam tindakannya yang bermanfaat.

Spesifitas

Ciri selanjutanya yang terjadi pada masyarakat modernisasi  ialah spesifitas, artinya berterus terang dalam mengungkapkan segala sesuatu yang mempengaruhi kehidupannya. Seperti kasus mengenai demontrasi, secara langsung bentuk demo yang dilakukan masyarakat terjadi karena adanya ketidakpahaman atau ketidakterimaan masyarakat kepada hal-hal yang dianggapnya menganggu kepentinga, baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk kepentingan kelompoknya.

Menerima Pembaharuan

Ciri selanjutanya yang ada di dalam masyarakat modern adalah menerima keadaan yang menyangkut pembaharuan, keadaan ini dianggapnya layak untuk dipergunakan.  Proses pembaharuan dalam masyarakat bisa dilakukan dengan asmilasi ataupun dengan akulturasi budaya-budaya yang berkembang.

Menghargai Waktu

Ciri selanjutnya yang ada di dalam kehidupan masyarakat modern adalah soal penghargaan waktu, pengaharaan terhadap waktu inilah menjadi simbul bahwa masyarakat modernisasi disiplin dalam bertingkah laku, seperti dalam pekerjaan, berlibur, dan lain sebaginya.

Menghargai HAM

Ciri yang terahir dalam modernisasi  ialah sikap masyarakanya yang lebih menghargai harkat hidup orang lain, dengan penghargaan inilah sikap saling menghormati akan tercipta dengan sendirinya. Bahkan untuk saat ini pengahragaan terhadap kondisi seperti ini sudah di jalankan hampir semua negara.

Dari serangkaian penjelasan mengenai ciri modernisasi di atas, bersumber pada teori modernisasi dan contohnya yang diungkapkan oleh Alex Inkeles, yang intinya masyarakat akan senantiasa bergerak kepada keadaan yang dianggapnya lebih baik dari kondisi sebelumnya.

Baca Juga;

  1. 7 Pengertian Postmodernisme. Ciri-Ciri, dan Contohnya
  2. Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya
  3. 30 Contoh Mobilitas Sosial Vartikal dan Horizontal di Lingkungan Masyarakat

Adapun selaian hal tersebut untuk syarakat agar terbentuk masyarakat modern, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan menciptakan sistem administrasi dan pengumpulan data serta tingkat partisapasi terhadap organisasi tinggi. Keadaan ini dilatar belakangi bahkan masyarakat membutuhkan keteraturan sosial yang tetap dalam menjamin kehidupan yang dijalankan.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai ciri modernisasi. Semoga dengan adanya pengulasan secara lengkap terhadap materi ini bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi setiap pembaca sekalian, khususnya yang mendalami tentang “modernisasi”, trimakasih,

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *