Ciri Demokrasi dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Ciri Demokrasi dan Contohnya

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani (demokratia) yang memiliki arti kekuasaan rakyat. Adapun secara umum, demokrasi terbagi dari dua kata, yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuatan atau kekuasaan. Demokrasi terdapat di berbagai aspek seperti ekonomi, sosial dan unsur budaya yang berlangsung dalam suatu praktik kebebasan dalam bidang politik. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini ciri demokrasi dan contohnya di masyarakat.

Demokrasi

Demokrasi secara umum adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai bagian dari penentuan dan juga pemilihan suatu keputusan. Keputusan-keputusan tersebut nantinya akan menimbulkan dampak dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Demokrasi

Pengertian demokrasi meurpakan suatu bentuk pemerintahan atas rakyat. Rakyat merupakan pemegang kekuasaan dalam pemerintahan. Memiliki hak untuk mengatur, mempertahankan, serta melindungi diri mereka dari adanya paksaan dari wakil rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian demokrasi menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Hans Kelsen, Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang diadakan dan dilaksanakan dari rakyat, dan untuk rakyat itu sendiri. Pelaksanaan kekuasaan negara adalah wakil rakyat yag telah dipikih oleh rakyat.
  2. Abraham Lincoln, Menurut Abraham Lincoln, demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang dimana hal tersebut dibentuk dari rakyat, oleh rakyat, da untuk rakyat.
  3. Charles Costello, Demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan yang dimana dalam kekuasaan pemerintahan dibatasi oleh hukum dan budaya yang melindungi hak segenap rakyat negara tersebut.
  4. Hannry B. Mayo, Demokrasi merupakan suatu kebijakan umum yang ditentukan atas dasar mayoritas yang diwakilkan oleh wakil rakyat melalui pemilihan yang berdasarkan prinsip kesamaan politik serta diselenggarakan dalam kebebasan politik.
  5. John L. Esposito, Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan dari rakyat, untuk rakyat. Rakyat memiliki hak untuk turut serta dalam berpartisipasi, baik berperan aktif maupun saat melakukan pengontrolan terhadap kebijakan-kebijakan yang dibentuk dan dikeluarkan pemerintah.
  6. Sidney Hook, Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana keputusan penting bagi pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan rakyat secara bebas.

Berdasarkan penjelasan mengenai demokrasi di atas, dapat disimpulkan bahwa demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang dimana kekuasaan negara sepenuhnya berada di tangan rakyat.

Prinsip Demokrasi

Adapun beberapa prinsip demokrasi adalah sebagai berikut:

  1. Kedaulatan berada di tangan rakyat.
  2. Pemerintahan yang berjalan berdasar pada kesepakatan.
  3. Kekuasaan mayoritas.
  4. Menjunjung tinggi hak minoritas.
  5. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.
  6. Kesetaraan di mata hukum.
  7. Pemilihan berdasar pada keadilan, bebas, dan jujur.
  8. Berjalannya proses hukum.
  9. Pembatasan pemerintahan dengan konstitusional.
  10. Keterlibatan rakyat dalam pembentukan kebijakan dan peraturan.
  11. Kesetaraan diantara warga negara.
  12. Kesetaraan rakyat dalam melaksanakan praktek politik.
  13. Kebebasan berpendapat.

Ciri di Masyarakat

Adapun untuk karakteristik yang ada dalam pengertian masyarakat demokrasi, antara lain adalah sebagai berikut;

Keputusan Sejalan dengan Kebutuhan Rakyat

Setiap keputusan yang dibuat dan dikeluarkan oleh pemerintah haruslah sejalan dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Contohnya saja adalah pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai pengobatan secara gratis yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin.

Bersifat Konstitusional

Adapun ciri konstitusional berhubungan dengan kehendak rakyat yang telah disusun dan telah di atur dalam undang-undang negara. Contoh kasusnya adalah pengelolaan sumber daya yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945.

Terdapat Perwakilan Dipilih Rakyat

Pengelolaan sebuah kepentingan dalam negara dari rakyat dikelola langsung oleh wakil rakyat yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Contohnya saja adalah pemilihan wakil rakyat yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali dengan harapan segala aspirasi rakyat dapat direalisasikan ketika wakil tersebut sudah terpilih.

Adanya Pemilihan Umum

Pemilihan umum yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum setiap 5 tahun sekali untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat secara langsung. Contohnya saja seperti pemilihan presiden serta wakil rakyat yang dipilih secara langsung oleh rakyat setiap 5 tahun sekali.

Musyawarah dalam Pengambilan Keputusan

Musyawarah menjadi mekanisme dalam pengambilan keputusan atas suatu permasalahan. Melalui musyawarah, segala pendapat akan didengarkan dan dijadikan pertimbangan hingga menjadi suatu keputusan yang bulat dan mengurangi terjadinya beragam contoh konflik.

Contoh kasus dalam hal ini adalah tentang penentuan Upah Minimum Regional yang dilakukan oleh pemerintah, pemilik perusahaan, dan pekerja melalui musyawarah agar mendapat kesepakatan dari berbagai pihak yang bersangkutan.

Kebebasan Menyampaikan Pendapat

Ciri khas dari sebuah demokrasi adalah kebebasan dalam berpendapat. Kebebasan berpendapat merupakan salah satu contoh pelaksanaan demokrasi berjalan dengan baik. Contohnya saja misal mendengarkan segala aspirasi yang disampaikan oleh rakyat yang kemudian dari aspirasi-aspirasi tersebut dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membentuk kebijakan.

Tidak ada Diskriminasi

Tidak melakukan definisi diskriminasi terhadap sesuatu yang berbeda dalam kehidupan masyarakat bernegara. Contoh kasusnya ialah tidak membeda-bedakan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan perempuan di sektor ekonomi. Baca jugaContoh Diskriminasi di Masyarakat dalam Keseharian

Toleransi Menerima Pendapat

Pengertian toleransi atau sikap menghargai dalam menerima pendapat adalah salah satu ciri khas dari demokrasi. Perbedaan dianggap sebagai suatu hal yang wajar. Contohnya saja semisal tidak memaksakan kehendak agar pendaapatnya diterima saat forum diskusi sedang berlangsung. Baca juga; Contoh Toleransi dan Kehidupan Sehari-Hari

Kebebasan dalam Bertanggung Jawab

Makna dari kebebasan dalam bertanggung jawab dalah kebebasan dengan memperhatikan hak-hak yang dimiliki orang lain. Contohnya saja semisal tidak memaksakan bahwa hak yang dimiliki harus segera terpenuhi namun tidak menjalankan kewajibannya.

Terbuka dalam Pemikiran

Keterbukaan dalam pemikiran akan mengantarkan demokrasi kepada terciptanya masyarakat bernegara yang adil dan makmur. Contoh dalam kasus ini ialah tidak melarang adanya pembelajaran filsafat dalam materi pembelajaran.

Keterlibatan Langsung

Adapun keterlibatan ini menjadi sangat penting dalam pembentukan kebijakan dan aturan agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Contohnya saja adanya survei mengenai kepuasan kinerja pemerintahan yang dilaksanakan oleh lembaga survei.

Terdapat undang-undang

Peraturan yang telah dibentuk kemudian tersusun atas undang-undang yang bertujuan untuk memperelas hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Contohnya saja adanya kewajiban sebagai warga negara yang baik adalah dengan tidak melakukan tindakan dalam arti kriminalitas seperti pembunuhan. Karena hukuman dan sanski yang akan diberikan telah diatur dalam undang-undang.

Adanya Partai Politik

Agar seorang individu terpilih menjadi wakil rakyat, partai politik menjadi jembatan untuk menuju terwujudnya aspirasi-aspirasi yang selama ini disampaikan. Contohnya seperti banyaknya partai politik yang bermunculan memiliki tujuan agar terdapat banyak raga aspirasi dari masyarakat yang dapat disampaikan.

Menjunjung Tinggi Hak Asasi Manusia

Masyarakat sudah seharusnya terbebas dari adanya konflik horizontal maupun penyebab pelanggaran HAM yang seringkali dilakukan oleh pemerintah. Dengan menjunjung tinggi HAM, masyarakat akan hidup dengan damai tanpa ada ancaman dan tekanan dari pemerintah.

Contohnya ialah Menindak tegas para oknum yang membungkam orang-orang yang ingin menyampaikan suatu kebenaran untuk masyarakat luas.

Keterbukaan dalam Pembentukan Kebijakan

Keterbukaan yang dimaksud adalah pemerintah melakukan sosialisasi terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat, dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui apakah kebijakan tersebut sudah sesuai dengan keadaan atau tidak.

Contohnya melalui media massa, pemerintah menyiarkan rancangan kebijakan dan aturan agar masyarakat luas dapat mengetahui adanya pembaruan maupun penambahan dalam adanya peraturan dan kebijakan.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri demokrasi dan contohnya di masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘demokrasi’. Terima kasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *