30 Cara Mengatasi Pengangguran dan Solusinya di Indonesia Lengkap

Diposting pada

Cara Mengatasi Pengguran dan Solusi

DosenSosiologi.Com– Pengangguran menjadi salah satu permasalahan sosial yang harus di atasi oleh berbagai pihak, baik oleh masyakat, atupun upaya pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Alasan pengangguran segara diatasi karena dapat menganggu keteraturan sosial dimana dengan banyaknya pengangguran  tingkat kemiskinan dan tindakan kriminalitas semakin tinggi. Oleh karena itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai cara mengatasi pengangguran dan solusi yang diperlukan dalam mengatasi pengangguran .

Pengangguran

Pengangguran secara umum bisa diberi pengertian sebagai setiap individu yang ada dalam usia angkatan kerja/aktif (15 sampai 60 tahun) dalam jangka waktu tertentu tidak bekerja, baik bekerja secara mandiri (wisarausaha), ataupun masih aktif dalam mencari pekerjaan sehingga tidak bisa atau belum sepenuhnya bisa memenuhikebutuhan dirinya sendiri. Pekerjaan yang dimasukdan disini adalah seseorang yang mampu menghasil barang atau jasa dan memiliki nilai ekonomis baik yang menerima gaji atau bekerja sendiri yang tertibat datam kegiatan manual.

Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli

Adapun definisi pengangguran menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut;

Sadono Sukirno

Menurutnya, pengertian pengangguran adalah kondisi yang dialami oleh setiap individu yang tidak mendapatkan pekerjaan atau memperoleh pekerjaan. Sehingga individu yang berada dalam usia kerja tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri.

Payman J. Simanjuntak

Definisi pengangguran adalah setiap orang yang tidak bekerja dalam kurun waktu lebih dari 7 hari, sehingga tidak memperoleh penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidupannya. Adapun batasan dalam definisi ini dikhususkan bagi usia pencari kerja, lulus sekolah/kuliah, dan usia non produktif.

Dari penjelasan mengenai pengertian pengangguran diatas, dapat dikatakan bahwa pengangguran adalah orang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga seseorang tersebut menjadi beban dengan pihak lain/menjadi tumpangan seseorang yang tidak menganggur.

Ciri dan Syarat Pengangguran

Secara umum, seseorang bisa dikatakan pengangguran jika memenuhi salah satu syarat atau kriteria sebagai berikut.

  1. Sedang tidak bekerja tetapi sedang mencari pekerjaan.
  2. Sedang mempersiapkan suatu usaha baru.
  3. Tidak memiliki pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan
  4. Sudah mendapat pekerjaan tetapi betum mutak bekerja. Hanya sebagia pengganti

Macam-Macam Pengangguran

Secara umum, ada banyak jenis pengguran yang ada di Indonesia, pengguran tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pengangguran Friksional
  2. Pengangguran Sukarela
  3. Pengangguran Konjungtural
  4. Pengangguran Struktural
  5. Pengangguran Musiman
  6. Pengangguran Deflasioner
  7. Pengangguran Teknologi

Penjelasan mengenai macam pengangguran serta cara mengatasi pengengguran di atas, antara lain sebagai berikut;

Cara Mengatasi Pengangguran

Sejumah cara atau tips dapat ditempuh untuk mengatasi Pengangguran. Meskipun demikian, cara-cara yang akan dituliskan ini tidakah sama sebagaimana tidak ada satu obat untuk semua penyakit. Diperlukan cara yang berbeda untuk mengatasi berbagai jenis pengangguran yang ada di Indonesia pada umumnya, antara lain sebagai berikut;

Pengangguran friksional dan Pengangguran Sukarela

Kedua pengangguran ini merupakan pengangguran yang bersifat sementara. Untuk mengatasi kedua pengangguran itu dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Proyek Padat Karya, cara ini dilakukan untuk menambah kesempatan kerja dengan mendirikan industri baru, pembangunan jalan raya, jembatan dan lain-Lain.
  2. Menarik investor baru dengan cara deregulasi dan debirokratisasi.
  3. Pengembangan transmigrasi untuk menambah lapangan kerja baru di bidang agraris dan sektor lain.
  4. Memberikan bantuan pinjaman lunak dan bantuan Lain untuk memacu kehidupan industri Kecil.

Pengangguran Konjungtural

Inti permasalahan pada pengangguran konjungtural ini adalah menurunnya tingkat perekonomian masyarakat yang diakibatkan pada menuju pada resesi dan depresi pemerntah, dengan demikian harus menjaga kestabilan ekonomi melalui cara-cara sebagai berikut;

  1. Meningkatkan daya beli masyarakat sehingga pasar menjadi ramai dan akan meningkatkan jumlah permintaan. Dengan demikian, perusahaan harus meningkatkan produksi dengan menambah tenaga kerjanya. Tenaga kerja setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat
  2. Memberikan regulasi dalam bunga bank, hal ini dilakukan agar bungga bank nilainya tidak terlalu tinggi, sehingga dampak postifnya akan dapat menarik para investor menyimpan uangnya di dalam bank.

Pengangguran Struktural

Perubahan struktur yang teradi pada sektor ekonomi dan agranis kemudian dalam sektor industri mengakibatkan banyak terjadi pengurangan tenaga kerja manusia. Hal ini lantaran manusia tidak siap melakukan persiangan dengan teknologi, oleh karena  cara yang bisa dipergunakan untuk mengatasi pengguran ini adalah sebagai berikut;

  1. Menyediakan serta memberikan lapangan kerja pada sektor lain yang memiiki nilai lebih postensial guna mendukung sektor perekonomian.
  2. Pelatihan tenaga kerja untuk mengisi yang masih membutuhkan.
  3. Menarik investor, khususnya merangsang berdininya industri baru.

Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman adalah salah satu jenis pengguran yang paling sering ada di Indonesia, adapun cara yang dapat diatasi sebagai solusi mengetasi pengguran musiman ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pelatihan keterampitan lain, selain bidang yang sudah digetuti. Hal tersebut dapat digunakan untuk metakukan pekerjaan Lain pada saat musim-musim tertentu (biasanya saat petani menunggu panen).
  2. Menginformasikan lowongan pekerjaan yang ada di sektor Lain kepada masyaraka

Pengangguran Deflasioner

Pengertian pengangguran deflasioner adalah pengguran yang terjadi apabila lowongan pekerjaan yang ada tidak cukup untuk dapat menampung seluruh tenaga kerja, maka cara-cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasi pengguran deflasioner, antara lain sebagai berikut;

  1. Pelatihan tenaga kerja, terutama diarahkan untuk tenaga kerja yang akan dikirim ke luar negeri, supaya mereka tidak hanya menjadi tenaga kasar, tetapi minimal menjadi tenaga terampil atau bahkan tenaga ahti.
  2. Sebagaima cara untuk mengatasi péngangguran Lain, menarik investor baru sangat pertu ditakukan.

Pengangguran Teknologi

Penganggun teknotogi yang ada di dalam kehidupan masyarakat adalah jenis pengguran sebagai akibat dampak globalisasi yang tidak bisa dielakan dalam kehidupan sehari-hari, sejatinya solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi antara lain sebagai berikut;

  1. Mempersiapkan serta membekali masyarakat untuk bisa menerima dan melakukan perkembangan dalam teknologi, langkahmudahnya bisa dilakukan dengan masukan kurikulum tentang teknologi pada sekollah-sekolah atau di Univeritas. Agar tujuannya masyarakat bisa mengenal perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada
  2. Melakukan pengenalan tentang teknologi kepada seseorang anak sejak ia dini, serta memberikan pantuan untuk mengatisipasi hal-hal negatif yang terjadi.
  3. Pelatihan tenaga pendidik yang ada di Lemabaga Pendidikan, cara ini dilaukan agar tenaka pendidik mampu dan sanggup menguasai teknotogi baru yang harus disampaikan pada anak didik dalam dunia kerjanya nanti.

Dari tulisan mengenai cara mengatasi pengangguran dan solusinya di Indonesia tersebut dapat disimpukan bahwa angkatan kerja adalah bagian tenaga kerja yang aktif datam kegiatan ekonomi, yang harus diberikan kesempatan kerja yang menjadi kebutuhan tenaga kerja yang kemudian secara urut dipertukan oteh perusahaan atau lembaga penerima kerja pada tingkat upah, posisi, dan syarat tertentu, hingga dapat menjadi masyarakat yang memiliki produktifitas yang yang tinggi, baik dalam perekonomian ataupun di dalam daya saingnya dengan bangsa lain.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai cara mengatasi pengangguran dan solusinya di Indonesia. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “Cara Mengatasi Pengangguran”. Trimakasih,

5 (100%) 2 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *