Bentuk Tindakan Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Diposting pada

Bentuk Tindakan Sosial

Tindakan sosial merupakan salah satu bentuk objek kajian sosiologi yang menjelaskan secara ekplisit tentang teori dari Max Weber. Tokoh sosiologi ini secara jelas memberikan arti bahwasanya semua tindakan yang dilakukan oleh mmanusia secara individu/kelompok dapat dianggap sebagai tindakan sosial apabila tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain, dan berorientasi pada perilaku orang lain. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan memberikan penjelasan terkait dengan jenis tindakan sosial dan contohnya.

Tindakan Sosial

Pengertian tindakan sosial adalah serangkaian perilaku manusia yang mempunyai arti secara subjektif terhadap pelakunya, sehingga kegiatan tersebut mempunyai arah dan akibat tertentu yang mana apabila tidak dialakukan pemberikan pencegahan akan menimbulkan beragam contoh konflik sosial.

Oleh sebab itulah mengembangkan atas dirinya yang dilakukan dalam tindakan sosial tersebut didorong untuk dapat memahami prilakunya sendiri.

Bentuk Tindakan Sosial

Max Weber sebagai salah satu pencetus teori sosiologi tentang tindakan sosial membagi jenis-jenis prilaku yang dilakukan masyarakat ini kedalam 4 hal secara umum. Antara lain;

Zwerkrational

Pengertian zwerkrational sebagai tindakan sosial adalah prilaku yang dijalakan oleh masyarakat secara rasional yang kemudian diarahkan kepada implementasi kehidupan untuk tercapainya suatu tujuan di dalam kehidupan masyarakat.

Contohnya dalam hal ini adalah tindakan sosial dalam cerminan Indonesia sebagai negara dengan penganut arti demokrasi, sistem pemerintahan ini memberikan kesempatan kepada setiap WNI untuk dapat ikut parsitsipasi aktif dalam pembangunan selain itu memberikan kesan bahwa sistem ini berobjek pada kepentingan umum, bukan golongan.

Werkrational

Werkrational adalah tindakan sosial yang sengaja dijalakan oleh masyarakat untuk memiliki orientasi kepada suatu definisi nilai-nilai tertentu yang dikembangkan dalam kehidupan masyarakat. Contohnya dalam prilaku tindakan ini sendiri adalah adanya seseorang yang Bergama Islam di dorong untuk bisa membaca Al-Qur’an serta mengamalakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakan Afektif

Pengertian tindakan sosial efektif adalah serangkaian prilaku manusia yang menerima orientasinya dari segala macam bentuk perasaan atau emosi seseorang dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan. Contoh dari tindakan ini sendiri misalnya saja adanya seorang guru yang mengajarkan pengetahuan tertentu kepada muridnya, sehingga beroritentasi pada prestasi anak didik.

Tindakan Tradisional

Pengertian tindakan sosial tradisional adalah serangkaian prilaku yang dilakukan oleh individu/kelompok masyarakat dengan berdasarkan pada adat istiadat atau kebiasaan tertentu sehingga melahirkan unsur budaya di dalamnya.

Contoh prilaku ini sendiri misalnya adalah arti budaya yang ada di masyarakat pada umumnya di Pulau Jawa tertutama adalah masyarakat di Kabupaten Banywangi, Pati, Brebes, ataupupun Jogjakarta tentang sedekah bumi. Prilaku ini dilakukan melestarikan kebiasaan di dalam suatu masyarakat yang sudah ada sejak Indonesia ini lahir.

Dalam kesemua penjelasan tentang bentuk tindakan sosial terbutlah, analisis teori Max Weber memberikan uraian bahwasanya tindakan sosial ini menjelaskan berbagai unsur-unsur prilaku nyata yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri dengan adanya berbagai latar belakang yang muncul.

Contoh Tindakan Sosial

Secara nyata untuk contoh tindakan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja adalah sebagai berikut;

Penggunaan Jilbab

Jilbab yang dipergunakan oleh masyarakat merupakan salah satu jenis tindakan sosial yang mana  tujuan seseorang memakai jilbab ini beragam, bahkan secara bentuk dan gaya yang memiliki pengaruh nilai-nilai yang ada dalam kehidupanya, hal ini lantaran dijadikan sebagai pedomannya.

Maka dengan demikianlah setidaknya mencerminkan bahwa penggunaan jilbab yang dijalankan oleh masyarakat menjadi salah satu bagian tindakan sosial secara umum, yang mudah ditemukan dalam keseharian.

Itulah tadi materi yang memberikan penjelasan terkait dengan bentuk-bentuk tindakan sosial dan contohnya di dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *