Bentuk Gejala Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Diposting pada

Bentuk Gejala Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Gejala sosial memiliki keterkaitan erat dengan proses perubahan sosial yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini terjadi karena sebab setiap individu/kelompok melakukan tindakan-tindakan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan (baru). Atas prilaku tersebutlah fenomena bentuk gejala sosial di masyarakat semakin meluas.

Gejala Sosial

Pengertian gejala sosial adalah serangkaian akibat yang dilakukan sebgai wujud nyata akbiat hubungan dalam masyarakat. Proses pelaksanaan ini dilakukan dalam kurun waktu tertentu sehingga banyak menimbulkan fenomena sosial yang baru.

Baik diterimanya atau ditolak gejala sosial dalam masyarakat, yang pasti akan mengakibat perubahan mendasar bahkan tak menutup kemungkinan akan menimbulkan lembaga sosial yang sebelumnya tidak ada. Dalam hal ini misalnya saja bentuk gejala sosial akan adanya media, yang saat ini terus menerus berkembang pesat dari kurun waktu tertentu. Pada tempo dulu hubungan masyarakat hanya bisa dilakukan melalui email akan tetapi pada saat ini munculan beberapa media sosial, seperti facebook, instagram, dan twitter.

Meilihat adanya kondis baru, kemudian banyak penyebaran koten-konten yang mengandung unsur kembencian, bhakan tak jarang ada unsur hokas (penipuan) didalamnya. Akibat hal inilah untuk mengtansipasi keadaan, Humas Polri memiliki salurah cyber Polri yang bertugas memberikan hukum pada tindakan prilaku media sosial.

Bentuk-Bentuk Gejala Sosial

Atas penjelasan diatas, untuk lebih jelasnya tulasan ini akan mengungkapkan tentang macam-macam gejala sosial yang ada dalam masyarakat. Diantaranya;

  1. Gejala Sosial Budaya
  2. Gejala Sosial Ekonomi
  3. Gejala Sosial Lingkungan
  4. Gejala Sosial Psikologis
  5. Gejala Sosial Agama
  6. Gejala Sosial Keluarga
  7. Gejala Sosial Moral

Bentuk Gejala Sosial di Masyarakat dan Contohnya

Adapun penjelasan mengenai bentuk-bentuk gejala sosial dalam masyarakat berserta dengan contohnya, antara lain;

Gejala Sosial Budaya

Gejala ini erat kaitannya dengan adanya unsur budaya baru yang masuk, sehingga mengakibatkan perbuhan sosial dalam masyarakat meningkat. Adanya budaya tersebut bisa antisipasi dengan adanya asimilasi dan akulturasi, meskipun demikian sangatlah sulit dilakukan.

Baca Juga;

  1. Pengertian Asimilasi, Ciri, Syarat, Faktor, dan Contohnya
  2. Pengertian Akulturasi Budaya dan Contohnya
  3. Perubahan Sosial Budaya: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya 
Contoh Gejala Sosial Budaya

Adapun salah satu contoh yang menjadi gejala sosial budaya dalam masyarakat, misalnya saja ketenaraan musik Korea Selatan K-Pop yang pernah marak terjadi di Indonesia. Akibat kondisi inilah banyak WNI yang hobi memakai baju korea, menonton film korea, dan lain sebaginya.

Gejala Sosial Ekonomi

Pengertian gejala sosial ekonomi adalah serangkain proses akan perubahan mendasar dalam masyarakat, yang berhubungan erat dengan adanya masalah ekonomi. Dengan solusi pengatasan berupa kerjasama dan perdagangan yang dilakukan.

Contoh Gejala Sosial Ekonomi

Adapun contoh kasus mengenai gejala sosial ekonomi ini misalnya saja adanya hubungan kerjasama yang dilakukan ASEAN dengan nama MEA. Adanya bentuk perjanjian tersebut dilakukan dalam melihat produk wilayah ASEAN kurang diminati oleh warga negaranya sendiri, akan tetapi malah kalah dengan Produk Amerika Serikat ataupun RRC, atas kondisi inilah menjadi alasan dari terbentuknya kerjasama ekonomi.

Gejala Sosial Lingkungan

Pengertian tentang gejala sosial lingkungan adalah bentuk perubahan sosial dalam masyarakat yang diakibatkan karena faktor lingkunganm, kondisi ini biasanya dilakukan dengan keadaany nyata yang sesuai dengan budaya dan adat baru.

Contoh Gejala Sosial Lingkungan

Contoh nengenai kasus tentang gejala sosial lingkungan misalnya saja maraknya penyakit Flu Burung yang menyerang hewan dan juga manusia. Akibat adanya penyakit inilah masyarakat kerap kali melindungi dirinya dengan menggunakan masker dan mengurangi interaksi sosial.

Gejala Sosial Prikologi

Pengertian gejala sosial psikologis adalah perosesi perubahan yang dilakukan seseorang dengan latar belakang tekanan atupun kegitalaan sebagai dampak atas pemikirannya bebas yang terjadi kepada dirinya sendiri, dengan berakibat pada orang lain.

Contoh Gejala Sosial Psikologis

Contoh pernanan dalam penjelasan gejala sosial misalnya saja menyebarnya video negatif masyarakat yang melakukan prilaku seksual menyimpang. Atas keadaan ini semacam menjadi dorongan untuk melakukan prilaku seks menyimpang, paahal hal inilah menjadi bahaya untuk kesehatan.

Gejala Sosial Agama

Pengertian gejala sosial agama adalah perubahan yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap keyakinannya untuk kemudian dilakukan penyelewengan pada ajaran yang terlah digariskan kebenarannya, terutama oleh oknum-oknum yang tidak bertangung jawab.

Contoh Gejala Sosial Agama

Contoh nyata yang menjadi gejala sosial agama ini misalnya munculnya aliran sesat dalam masyarakat yang mengatasnamakan berjuang dengan melakukan serangkaian Bom Bunuh diri, pada sangatlah jelas setiap agama akan menjagan tolerasi. Dengan begitulah gajala ini harus segara diatasi. Selengkapnya, baca; Pengertian Toleransi dan Contohnya

Gejala Sosial Keluaraga

Pengertian gejala sosial keluarga adalah jenis perubahan yang tersangkut pautkan dengan lembaga keluarga, dengan adanya corak untuk melakukan struktur mendasar yang berbeda dari kondisi sebelumnya. Baik diterima ataupun tidak tindakan ini akan menjadi acuan dan sejarah bagi amsyarakat.

Contoh Gejala Sosial Keluarga

Yang menajdi contoh dalam penerapan gejala sosial keluarga ini misalnya saja adanya turis asing yang berada di wialayah wisata Indonesia. Dengan banyaknya turis asing terkadang masyarakat terkontaminasi budaya, untuk bertukar pasangan yang tidak sah. Padahal peristiwa ini dilarang keras, dengan demikianlah setidaknya cerminan prilaku ini harus dihindari padaripada terjadi disorganisasi keluarga.

Gejala Sosial Moral

Pengertian gejala sosial moral sangatlah erat hubungannya dengan tindakan manusia dalam keseharian, gejala ini mengakibatkan terkisisnya budaya dan sopan santun yang selama ini menjadi cerminan kehidupan, sehingga menumbulkan berbagai kericuhan dalam masyarakat.

Contoh Gejala Sosial Moral

Contoh penarapan dalam gejala sosial moral ini misalnya saja adanya henphone dengan aplikasi game di dalamnya. Permainan ini mengakibatkan seorang anak sulit untuk melakukan tangung jawabnya, sehingga sangat berbahaya untuk moral kesehariannya.

Dari penjelasan tentang bentuk gejala sosial di masyarakat dan contohnya tersebut, dapatlakn disimpulkan bahwa setiap peranan individu/kelompok harus disesuiakan dengan kondisi kebudayaan dilingkungan sekitar sehingga tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang akan dilakukan.

Demikianlah penjelasan tentang bentuk gejala sosial di masyarakat. Semoga melalaui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang pada saat ini membutuhkan materi tentang ulasan ini. Trimakasih,

3.1 (62%) 10 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *