25 Contoh Penyimpangan Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Penyimpangan Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk menunjang kehidupan. Dalam berperilaku sosial tersebut, manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Kesalahan dalam tahapan sosialisasi itulah yang disebut dengan penyimpangan sosial.

Uniknya adanya fenomena penyimpangan sosial dapat terjadi secara sadar atau tidak sadar, sengaja atau tidak disengaja. Besar atau kecilnya penyimpangan sosial itu sendiri dapat berakibat buruk terhadap kehidupan sosial.

Penyimpangan Sosial

Pengertan penyimpangan sosial adalah perilaku yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat dan menimbulkan usaha yang berwewenang mengatasi penyimpangan sosial untuk bertindak (Robert M.Z. Lawang, 1985)

Perilaku menyimpang dapat diberikan toleransi apabila tidak melanggar batas-batas hukum yang berlaku. Apabila sudah kelewat batas, maka sudah menjadi tugas pihak yang berwajib untuk menindak lanjuti penyimpangan sosial yang terjadi.

Contoh Penyimpangan Sosial

Berikut inilah contoh prilaku yang dapat dikategorikan dalam bentuk pengindahan atas keteraturan sosial yang sudah diyakini masyarakat. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Masyarakat

Dalam hidup bermasyarakat tidak selalu berjalan aman, damai, dan tentram. Sering ditemukan masalah-masalah sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Penyimpangan yang terjadi di kehidupan masyarakat antara lain, sebagai berikut;

  1. Tidak peduli terhadap lingkungan

Penyimpangan seperti ini biasa dijumpai di penduduk perkotaan. Banyak ditemukan masyarakat yang tidak peduli pada kehidupan sekitar seperti tidak mengikuti kerja bakti atau tidak kenal dengan para tetangga yang umumnya ada disekitaranya.

  1. Membuat gaduh

Mendengarkan musik adalah hak setiap orang. Namun jangan mendengarkan musik terlalu nyaring karena akan mengakibatkan tetangga sekitar menjadi terganggu. Penyimpangan sosial seperti ini sangat mengganggu bagi sebagian masyarakat.

  1. Menyebarkan aib tetangga

Penyimpangan sosial jenis ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu. Sekelompok wanita yang sedang berkumpul tidak terlepas dari menyebarkan gosip tetangganya. Gosip yang disebarkan pun beragam, mulai dari yang benar terjadi namun aib sampe yang belum tentu terjadi dan dilebih-lebihkan.

  1. Keberadaan preman

Preman merupakan sekelompok sampah masyarakat yang harus dibasmi. Dibasmi disini bukan berarti dimusnahkan orangnya. Tetapi dimusnahkan sifat buruknya. Membasmi sikap buruk preman dengan cara yang paling mudah yaitu pendekatan atau sosialisasi hingga melakukan rehabilitasi.

  1. Sekolah

Penyimpangan sosial dapat dimulai dari hal kecil dan mendasar seperti yang terjadi di lembaga pendidikan, khususnya di lingkungan sekolah. Sekolah adalah tempat menuntut ilmu, apabila sudah terjadi penyimpangan sosial di sekolah maka sudah menjadi tugas guru BK (Bimbingan Konseling) untuk menertibkan.

Apabila yang melanggar tersebut tidak dapat ditertibkan maka pihak sekolah akan mengembalikan siswa yang bersangkutan ke orang tuanya. Berikut adalah beberapa contoh penyimpangan sosial di dalam sekolah.

  1. Tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR)

Pekerjaan rumah atau PR diberikan oleh guru mata pelajaran agar peserta didik dapat belajar ketika sedang di rumah dan bertujuan memperdalam materi siswa yang diberikan oleh guru ketika di sekolah. Namun jika yang terjadi adalah peserta didik malas untuk mengerjakan PR atau lupa untuk mengerjakannya maka guru berhak memberikan sanksi kepada siswa yang bersangkutan.

  1. Membolos sekolah

Kegiatan rutinitas yang sebagian dirasakan oleh siswa begitu membosankan tidak khayal siswa berkeinginan untuk membolos sekolah. Mereka pamit kepada orang tua dari rumah untuk berangkat sekolah namun kenyataannya mereka tidak sampai ke sekolah. Hal yang tidak diinginkan pun akhirnya terjadi. Seperti main Playstation sepanjang hari, bermain game online, bahkan jalan-jalan keliling kota tidak jelas.

  1. Perkelahian pelajar

Perkalahian pelajar biasanya dilakukan oleh pelajar laki-laki. Perkelahian pelajar disebabkan oleh banyak faktor yang mendukung. Dimulai dari gesekan antar salah satu pelajar hingga tradisi antar sekolah yang saling bermusuhan. Tawuran pelajar dapat dicegah dengan memberikan sanksi dari pihak sekolah berupa siswa yang terjun tawuran dipulangkan ke orang tua.

  1. Hamil

Hamil dengan tidak resmi (diluar pernikah) menjadi penyimpangan sosial paling berat di dunia pendidikan. Pentingnya memberikan edukasi seputar reproduksi agar remaja terhindar. Perlu upaya pencegahan dari orang tua, guru, bahkan diri sendiri untuk mencegah seks terjadi pada remaja.

  1. Pemerintahan

Penyimpangan sosial tidak mengenal tempat dan jabatan. Penyimpangan sosial dilakukan oleh manusia dan setiap manusia pasti berlaku menyimpang. Prilaku yang tergolong dalam menyimpang dalam sistem pemerintahan paling menonjol misalnya saja;

  1. Korupsi

Kasus korupsi menjadi salah satu contoh prilaku menyimpang secara primer yang ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Kasus seperti ini sangat ditentang semua pihak lantaran dampak korupsi sendiri bisa merabah pada kemiskinan, kesehatan, dan pendidikan. Adapun upaya pencegahan agar korupsi tidak terjadi adalah budayakan berbuat jujur sejak usia dini.

  1. Tidak Masuk Saat Rapat

Bentuk lainnya dari prilaku menyimpang yang ada dalam sistem pemerintahan kita adalah tidak masuk saat terjadinya rapat yang melibatkan keputusan pengambilan kebijakan dalam negara. Biasanya alasan tidak masuknya beragam mulai dari masalah keluarga, sakit, sampai bepergian di luar negari. Padahal pemerintah sejatinya adalah pengayom untuk masyarakatnya.

  1. Internet

Tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya pada saat-saat ini pun sering terjadi penyimpangan sosial. Bahkan penyimpangan yang terjadi di dunia maya lebih sering terjadi. Penyimpangan sosial di dunia maya adalah sebagai berikut.

  1. Menyebarkan berita hoax/tidak benar

Di zaman modern dan millennial ini berita sangat cepat tersebar dalam hitungan menit. Oknum pengguna internet yang tidak bertanggung jawab dengan mudahnya menyebarkan berita hoax yang belum tentu diketahui kebenarannya.

Untuk itu sebagai pengguna internet yang cerdas maka kita harus memilah informasi yang masuk sebelum disebarluaskan.

  1. Penipuan

Banyak orang yang mencari pekerjaan di internet. Hal ini dimanfaatkan orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan iming-iming yang berkedok penipuan. Maka dari itu untuk mencari info pekerjaan yang tepat diusahakan mencari di website yang terpercaya.

  1. Membuat Prank

Contoh prilaku yang tergolong menyimpang ahkir-akhir ini merajelala di masyarakat adalah adanya prank yang dibuat untuk kepentingan konten dalam pembuatan youtube.

Demi mendapatkan sensasi di youtube seseorang creator video parnk di Bandung melakukan prank dengan memberi bekas makanan pada waria, jelas video yang demikian sangat dilarang. Sehingga bisa di katakan prank yang menghinda dan merendahkan bagian daripada penyimpangan sosial.

  1. Pasar

Pasar merupakan tempat orang melakukan kegiatan jual beli. Setiap orang yang berjualan pasti menginginkan modal yang sedikit dengan harapan mendapatkan untung yang besar. Penyimpangan sosial yang terjadi di pasar adalah sebagai berikut.

  1. Mencurangi timbangan

Beberapa pedagang nakal biasanya akan mengakali timbangan yang mereka pakai dalam berjualan. Hasil timbangan yang tertera tidak akan sama dengan berat aslinya. Hal ini menjadikan untung yang besar pada penjual. Dan pembeli akan merasa di rugikan.

  1. Menggunakan bahan-bahan yang berbahaya

Selain menggunakan timbangan yang sudah dimodifikasi agar mampu mengelabuhi pembeli, pedagang curang biasanya menggunakan bahan campuran yang berbahaya untuk menekan biaya produksi. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan pembeli.

  1. Keseharian

Adapun dalam kehidupan sehari-hari kita kerapkali menemukan beragam contoh perilaku menyimpang yang secara sadar atau tidak dilakukan. Antara lain misalnya saja sebagaiberikut;

  1. Terminal

Terminal adalah tempat berkumpulnya bus atau angkutan umum untuk mencari penumpang. Penyimpangan sosial bisa dilakukan dimanapun termasuk di terminal. Penyimpangan sosial di terminal dilakukan secara serentak oleh semua supir yang melakukan demonstrasi kenaikan harga bahan bakar. Hal tersebut merugikan penumpang yang ingin menggunakan jasa angkutan umum namun terhalang demo para supir.

  1. Mall

Mall adalah pusat perbelanjaan seperti pasar, perbedannya adalah mall versi modern dari pasar. Penyimpangan yang terjadi di mall tidak seperti di pasar yang pedagangnya mencurangi timbangan dan mengganti bahan baku. Namun Penyimpangan sosial di mall lebih menjurus pada pencurian, pencopetan, hingga pelecehan seksual.

  1. Jalanan

Penyimpangan sosial di jalanan dibedakan menjadi 3, yaitu jalan raya, pinggir jalan, dan lampu merah. Pentimpangan sosial yang terjadi di jalan raya, pinggir jalan, dan lampu merah dapat dijelaskan pada deskripsi berikut ini.

  1. Jalan Raya

Penyimpangan sosial di jalan raya adalah penyimpangan sosial yang melanggar peraturan lalu lintas. Contoh dari pelanggaran lalu lintas adalah tidak mengenakan helm, menerobos lampu merah, kebut – kebutan di jalan, tidak memiliki SIM, dan lain sebagainya.

  1. Pinggir Jalan

Pinggir jalan raya biasanya terdapat trotoar. Trotoar adalah tempat pejalan kaki untuk berjalan di jalan raya. Namun banyak pihak yang menyalahgunakan fungsi trotoar sebagai tempat untuk berjualan dan lahan parkir.

  1. Lampu merah

Penyimpangan sosial di jalanan yang terakhir adalah penyimpangan sosial di lampu merah. Lampu merah merupakan lampu lalu lintas yang memberi petunjuk kepada pengguna jalan untuk jalan atau berhenti. Ketika lampu sedang merah dan para pengguna jalan berhenti, hal dimanfaatkan sebagian orang untuk berjualan, mengamen, hingga mengemis.

  1. Tempat Ibadah

Tempat ibadah adalah tempat manusia untuk mendapatkan kebutuhan rohani dan spiritual. Tempat ibadah yang suci tidak lepas dari manusia yang melakukan penyimpangan sosial. Kotak amal masjid yang hilang dicuri adalah salah satu bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di tempat ibadah.

  1. Tempat Wisata

Tempat wisata merupakan tempat rekreasi untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tempat wisata juga tidak lepas dari perilaku masyarakat yang menyimpang. Contoh dari penyimpangan sosial di tempat wisata adalah membuang sampah sembarangan, tidak mengindahkan peraturan yang berlaku, dan merusak lingkungan.

  1. Menimbun Masker

Salah satu prilaku yang tergolong masing menjadi bahasan yang menarik dalam pelanggaran penyimpangan adalah menjual masker dengan harga mahal setelah seorang pengusaha menimbunkannya. Prilaku penimbunan ini tentusaja merupakan tidakan tercela lantaran dalam social distancing dan physical distancing memakai maker sangat dperlukan.

Demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap mengenai beragam contoh-contoh penyimpangan sosial di masyarakat. Semoga atas dasar tulisan inilah bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *