21 Contoh Globalisasi dalam Berbagai Bidang di Keseharian

Diposting pada

Contoh Globalisasi

Pada hakikatnya, manusia atau masyarakat di dunia selalu berada dalam interdependensi atau akan saling bergantung. Tingkatannya selalu bersifat dinamis, mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman dan tingkat kemajuan. Hal inilah yang diartikan sebagai aspek globalisasi. Selanjutnya, artikel ini akan membahas tentang contoh globalisasi dalam berbagai dimensi.

Globalisasi

Istilah pengertian globalisasi menuntun kita pada proses di mana dunia dipandang menjadi satu ruang. Dengan kata lain, globalisasi dilihat sebagai kompresi ruang. Globalisasi ini terjadi karena aspek teknologi dan ekonomi (komputerisasi informasi serta komunkasi dan deregulasi ekonomi serta fiska pada revolusi neo-liberalisme 1970an).

Pengertian Globalisasi

Secara sederhananya, globalisasi memiliki definisi, yakni suatu proses hilang atau kaburnya batas-batas yang ada dalam antarnegara untuk melakukan syarat interaksi sosial dalam berbagai dimensi kehidupan pada masyarakat di era sekarang.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

  1. Thomas L. Friedman, Friedman mengatakan, bahwa globalisasi mempunyai dimensi ideologi serta teknologi. Dimensi teknologi, yaitu kapitalisme serta pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi seperti kemajuan teknologi informasi yang mampu menyatukan dunia.
  2. Emanuel Ritcher, Berbeda dengan Friedman, Ritcher memandang globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersama untuk menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpisah-pisah, terisolasi ke dalam bentuk ketergantungan dan persatuan dunia.
  3. Princenton N. Lyman, Globalisasi merupakan pertumbuhan yang sangat cepat yang disebabkan atas saling ketergantungan serta hubungan antara negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
  4. Cohen dan Kennedy, Globalisasi merupakan  seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia, seperti perubahan dalam konsep ruang dan waktu, pasar dan produksi ekonomi di negara, peningkatan interaksi kultural, dan meningkatnya masalah bersama. Contohnya, ekonomi, lingkungan, dan kesehatan dunia.
Apa itu globalisasi?

Globalisasi adalah keseluruhan proses di mana penduduk dunia ter-inkorporasi (tergabung) ke dalam masyarakat dunia menjadi secara tunggal masyarakat dalam bentuk menggelobal.

Contoh Globalisasi

Sebagai gambaran tentang globalisasi. Berikut inilah beragam contoh-contoh nyata mengenai kasus globalisasi di dalam berbagai bidang. Antara lain;

Globalisasi di Bidang Ekonomi

Kerjasama di bidang ekonomi yang terjadi antar negara di dunia baik dalam ranah regional maupun internasional. Seperti, AFTA, CAFTA, MEA, MEE, dan lain sebagainya.

  1. Ekspansi Pasar Keuangan Dunia

Globalisasi dalam hal ini adalah globalisasi arus keuangan di mana modal bergerak ke seluruh penjuru dunia untuk membiayai perdagangan internasional, seperti investasi baik investasi dalam aset tak berwujud ataupun aset berwujud, dan pertukaran mata uang asing yang tumbuh dengan pesat. Tentu saja hal ini disokong oleh kemujuan IPTEK.

  1. Globalisasi Produksi

Berarti bahwa fasilitas produksi di negara-negara yang berbeda berintegrasi menjadi sebuah sistem tunggal—produk yang komponennya didapat dari berbagai sudut dunia.

Seperti, perusahaan menempuh langkah global ini untuk menekan biaya produksi, misal, memindahkan bentuk pengoperasian ke negara yang biaya tenaga kerja lebih murah atau lebih produktif. Contoh, KFC, MCD, dan sebagainya.

  1. Aktivitas Ekspor dan Impor

Arti ini adalah hubungan kerjasama antarnegara di bidang perekonomian. Ekspor-impor dapat meningkatkan devisa suatu negara dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Misal, Indonesia yang mengekspor beras ke Thailand, bukan sebaliknya.

  1. Bisnis E-Commerce Tumbuh Pesat

Perkembangan atau kemajuan teknologi informasi merupakan salah satu bentuk globalisasi. Hal ini kemudian membuat bisnis e-commerce di berbagai negara semakin menjamur, termasuk di Indonesia. Banyak contoh yang bisa kita gunakan untuk hal ini.

  1. Mudahnya Masuknya Produk Luar Negeri

Globalisasi menjadikan proses impor produk luar lebih mudah. Oleh sebab itu, hal ini mengakibatkan banyak sekali produk luar negeri masuk ke Indonesia. Contohnya saja dalam hal ini banyak sekali dari segi pakaian, makanan, dan sebagainya yang berasal dari luar negeri.

  1. Terciptanya Mesin Canggih Untuk Menunjang Proses Produksi

Lewat globalisasi kemajuan teknologi informasi serta komunikasi, menjadikan kemudahan dalam berbagai lini kehidupan manusia. Misal, untuk membajak sawah tenaga kerbau atau hewan sudah jarang digunakan, karena sekarang sudah ada mesin khusus untuk membajak sawah.

Globalisasi di Bidang Sosial

Kebanyakan perubahan sosial dalam masyarakat mengalami banyak sekali perkembangan, hal ini dikarenakan munculnya globalisasi. Antara lain sebagai berikut;

  1. Masyarakat Heterogen

Dalam kehidupan bermasyarakat sudah tidak ada lagi di dominasi oleh suku tertentu dalam suatu wilayah. Misalnya, di Bali masyarakat sudah heterogen, yakni masyarakatnya telah bercampur dengan suku lain.

  1. Individualis Yang Tinggi (Egoisme)

Globalisasi juga ada dampak negatifnya dalam kehidupan sosial. Hal ini seperti meningkatnya persaingan dalam masyarakat yang menyebabkan individu semakin individualis.

  1. Secara Perlahan Budaya Tradisional Terkikis

Indonesia terkenal dengan budaya gotong royongnya, tapi lambat laun kehilangan hal tersebut. Oleh dikarenakan efek globalisasi yang ada.

  1. Terjadi Kesetaraan Gender

Dahulu wanita tidak dianggap dalam dunia kerja atau dikesampingkan. Namun, pada saat sekarang hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Saat ini para wanita sudah memiliki hak yang sama dalam bekerja serta memperoleh karir yang baik.

  1. Legatilas LGBT

Salah satu isu yang paling terkini akibat adanya globalisi di masyarakat adanya legalitas LGBT yang memang beberapa negara sudah diakui keberadaannya. Meski demikian tindakan ini khususnya di Indonesia masih sangat di larang lantaran tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial di masyarakat.

Globalisasi Kebudayaan

Dalam bidang ini, kebudayaan dipengaruhi oleh adanya media masa yang turut andil memudahkan masuknya berbagai informasi terkait unsur budaya dari masyarakat lain.

  1. Perkembangan Dalam Fashion

Dalam dunia fashion sangat dinamis dan saling mempengaruhi antarnegara. Model-model pakaian yang sedang trend di luar negeri dapat diterima dengan cepat di Indonesia, misalnya trend busana Korea, Jepang, dan lain sebagainya.

  1. Budaya Lokal Semakin Terkikis

Secara garis besar, generasi muda di Indonesia lebih menyukai budaya asing daripada budaya lokal. Sikap Ini mengakibatkan budaya dalam negeri hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja dan semakin lama tentu akan mulai terlupakan oleh zaman.

  1. Bangkitnya Pengaruh Massal

Globalisasi adalah hasil dari bangkitnya pariwisata massal, pengingkatan migrasi, komersialisasi produk-produk budaya serta penyebaran berbagai paham ideologi konsumerisme secara luas yang menyebabkan budaya lokal tergeser.

Globalisasi Bidang Politik

Keberhasilan pembangunan politik akan semakin memantapkan tatanan kehidupan politik dan kenegaraan yang berdasarkan demokrasi pancasila, organisasi sosial politik kemasyarakatan, dan mendorong peningkatan kesadaran untuk berpolitik dalam masyarakat.

  1. Terbentuknya  Kerjasama Antar Negara

Pertemuan negara-negara di dunia akan menghasilkan kerjasama politik antarnegara, seperti kerjasama bilateral atau multilateral yang akan menguntungkan masing-masing negara. 

  1. Banyak Organisasi Sosial

Contoh lainnya yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat pada saat ini ketika adanya globalisasi adalah adanya organisasi sosial yang muncul sebagai pusat akomodir gerakan sosial di masyarakat. Organisasi ini umumnya mengangkat isu-isu kaum tertindas, seperti buruh, keterbelakangan pendidikan, dan lain sebagainya.

Globalisasi Bidang Agama

Misalnya, masyarakat Indonesia yang bisa dikatakan sebagai masyarakat yang religius karena warga masyarakatnya hidup dengan pedoman kaidah agama, sehingga sebagai masyarakat yang religius, globalisasi terjadi secara non-fisik dan fisik, yang menimbulkan keseimbangan dalam membangun kehidupan dunia serta akhirat. Beberapa contoh lain dari organisasi agama ini misalnya saja;

  1. Penyebaran Agama Islam

Adanya penyebaran agama Islam yang sampai di Indonesia membuktikan keberadaan globalisasi, dimana pada saat itu dibawa oleh masyarakat Gujarat dari timur tengah karena adanya akases perdagangan. Sehingga lambat laun mereka tinggal dan menyerbarkan agama Islam.

  1. Larangan Terorisme

Bentuk lainnya dari globalisasi dalam bidang agama ini adalah pelarangan terorisme yang ada di masyarakat Dunia, apalagi ketentuan ini juga selain melanggar ketentraman juga melanggar setiap kepercAyaan (agama) yang dianut oleh masyarakat.

Globalisasi Bidang Komunikasi

Bidang komunikasi menjadi salah satu bagian penting yang terpengaruh adanya globalisasi di masyarakat. Bidang ini bisa meliputi pola komunikasi, insutri perfilman sampai dengan yang lainnya. Adapun bentuknya misalnya saja sebagai berikut;

  1. Banyaknya Sosial Media

Ragam bentuk arti media sosial yang ada di masyarakat pada saat ini diakui atu tidak menjadi jembatan atas komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia, tak khayal para pengguna digital pada media ini jumlahnya lebih banyak daripada penduduk suatu negara. Misalnya saja pengguna Facebook lebih besar dari penduduk Indonesia itu sendiri.

  1. K-POP

Salah satu pengaruh adanya globalisasi dalam bidang komunikasi lainnya ialah masuknya K-POP yang merupakan salah satu budaya Korea Selatan. Pada era sekarang budaya K-POP sudah menjadi salah satu contoh internalisasi di masyarakat, lantaran dipengaruhi oleh komunikasi dan perkembangan pada dunia teknologi.

Proses Terjadinya Globalisasi

Secara awalnya, proses globalisasi secara umum antara lain sebagai berikut:

  1. Benih globalisasi telah ada ketika manusia mulai mengenal perdagangan antarnegeri. Selanjtunya, ditandai dengan dominasi perdagangan kaum muslim di Asia serta Afrika.
  2. Fase berikutnya, adanya eksplorasi dunia secara besar oleh bangsa Eropa, seperti Spanyol, Portugis, Inggris, dan Belanda merupakan pelopor eksploitasi ini. Ditandai dengan semakin berkembangnya industri serta kebutuhan bahan baku dan pasar.
  3. Setelah fase tadi, semakin berlanjut dan akhirnya ketika perang dingin berakhir serta komunis di dunia runtuh barulah mendapat momentumnya.
  4. Berimplikasi dengan ditandai negara-negara di dunia mulai menyediakan diri sebagai pasar yang bebas.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh globalisasi dalam berbagai bidang. Semoga melalui tulisan artikel ini, bisa menjadikan penambahan wawasan dan sumber inspirasi yang mendalam bagi segenap pembaca, terutama yang membutuhkan materinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *