5 Perbedaan Lembaga dan Organisasi/Asosiasi Lengkap

Diposting pada

Perbedaan Lembaga dan Organisasi

Perbedaan Lembaga dan Organisasi-asosiasi

DosenSosiologi.Com– Dalam disiplin ilmu sosiologi seringkali kita djumpai dengan istilah Lembaga dan Organsiasi. Karena kedua istilah ini banyak masyarakat yang menyamakan antara keduanya (Lembaga dan Organisasi). Padahal sejatinya kedua istilah ini memailiki banyak sekali perbedaan. Olah karena itulah tulisan ini akan mengulas lebih dalam tentang Apa Perbedaan Lembaga dan Orangisasi?.

Lembaga

Lembaga dapat diberikan pemahaman tentang wadah atau sekumpulan norma yang tersusun secara sistematis yang terbentuk dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia yang bersifat khusus. Hal ini sebagimana yang dituliskan dalam pengertian lembaga menurut para ahli, contoh, dan proses pembentukannya.

Organisasi atau Asosiasi

Organisasi pada hahekatnya dapat lah disamakan dengan asiosiasi, yang dapat diartikan sebagai kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih dan secara ormal dapat dipersatukan dalam sebuah kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Perbedaan Lembaga dan Organisasi/Asosiasi

Letak perbedannya jika lembaga adalah sekumpulan atau wadah norma yang tersusun secara sitematis maka asosiasi atau aorganisasi dibentuk untuk menyelenggarakkan nurma dalam lembaga tersebut.

Meskipun memiliki banyak pebrebedaan antara lembaga dan asosiasi ini, yang perlu setidaknya dipahami bahkan kedia istilah ini, yaitu antara lembaga dan asosiasi memiliki hubungan yang erat.

Perhatiakan Contoh Lembaga dan Organisasi

Contoh lembaga yang dapat diperguankan adalah Lembaga Pendidikam, Lembaga Agama, Lembaga Politik, Lembaga Ekonomi, Lembaga Keluarga, Lembaga Hukum, dan Lembaga Kesehatan.

Contoh Organisasi atau asosiasi misalnya untuk Oraganisasi Keluarga kita mengenai dengan KUA, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Negari. Contoh Lembaga Pendidikan maka organisasinya adalah SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapatlah disimpulkan bahwa melalui organisasi, lembaga sosial dijalankan oleh anggotanya. Misalnya pada lembaga pendidikan norma-norma yang berkaitan dengan pendidikan diterapkan dalam organisasi. Melaluio organisasi atau asosiasi ini, maka lembaga sosial memuluku wujud kongret.

Demikinalah tulisan dan penjelasan tentang Perbedaan Lembaga dan Organisasi/Asosiasi. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan bagi setiap pembaca dalam memahami “Lembaga dan Organisasi”. Trimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *